Tips Menulis Posting Blog SEO Friendly

posting blog seo friendlyMenulis posting blog SEO Friendly adalah kunci sukses blog, termasuk “blog for business” atau “toko online”. Yang dimaksud posting blog SEO Friendly adalah tulisan di blog yang mudah terindeks oleh mesin pencari sehingga mudah ditemukan oleh user atau pembaca.

Cara menulis posting blog SEO Friendly sedikit berbeda dengan cara menulis “biasa”. Ketika menulis “biasa”, kita tidak peduli ada-tidak dan berapa banyak kata kunci yang ada dalam  judul dan aliena atau tubuh tulisan. Tapi dalam menulis posting blog SEO Friendly kita “wajib” memperhatikan hal itu.

Kata kunci adalah bagian utama topik tulisan. Misalnya, judul posting blog kita adalah “Posting Blog yang Unik”. Maka, kata “posting blog” bisa menjadi kata kunci dan harus ada dalam naskah atau isi tulisan. Kata kunci yang kita pilih mesti yang kemungkinan dicari orang di mesin pencari.

Para pakar SEO Writing mengatakan, idealnya “kepadatan kata kunci” (keywords density) yang ada dalam posting blog SEO Friendly sebanyak 2% dari seluruh kata dalam naskah. Jika naskah posting blog berisi 300 kata, maka paling sedikit harus ada enam kata kunci. Artinya, kita mesti mengulang kata kunci dalam naskah sebanyak enam kali. Tapi jangan terlalu banyak, nanti dianggap “spam” oleh mesin pencari.

Menulis posting blog SEO Friendly memang butuh pemikiran ekstra. Kita harus piawai memadukan kepentingan pembaca (yang umumnya tidak suka jika banyak kata yang berulang), kaidah bahasa (yang umumnya juga menghindari pengulangan/pemborosan), dan kepentingan mesin pencari (SEO).

Dalam perspektif jurnalistik, teknik menulis posting blog SEO Friendly tidak sejalan dengan teknik menulis feature yang biasanya menempatkan kata kunci (inti cerita) di akhir naskah atau menjelang akhir kisah, juga tidak selaras dengan teknik menulis berita yang mesti menggunakan bahasa jurnalistik yang “hemat kata”, mengutamakan efisiensi dan efektivitas kata, serta lugas (to the point).

Mengulang kata kunci agar memenuhi syarat “kepadatan kata kunci” hanyalah satu dari sekian tips menulis posting blog SEO Friendly. Masih ada tips menulis posting blog SEO Friendly lainnya, di antaranya:

Relevan dengan Meta Tags
Topik yang ditulis selaras dengan meta tags blog (title tags, description tags, keyword tags). Jika blog kita menggunakan title “Tips Menulis”, deskripsi “Blog tentang Tips Menulis”, dan kata kunci “Menulis, Tips Menulis, Cara Menulis”, maka posting yang dibuat harus berkaitan dengan tips menulis, bukan tentang tips memancing.

Selalu Memasukkan Kata Kunci dalam Judul Posting
Judul menggambarkan isi. Semestinya memang kata kunci ada dalam judul. Bahasan tentang “menulis berita”, misalnya, tentu dalam judul ada kata “menulis berita”, misalnya “Kiat Menulis Berita yang Baik”.

Tulis Konten Asli
Ini karakter terkuat posting blog yang SEO Friendly, yakni karya sendiri, karangan sendiri, tulisan asli, bukan bajakan, bukan copy-paste, bukan contekan! Asli karya tulis sendiri! Posting blog kita harus “fresh and original”.  Kabarnya, mesin pencari, terutama Google, benci banget sama “blogger copas”.

Pilih Gambar yang Relevan
Jika posting blog kita menggunakan ilustrasi gambar/foto, maka pilih gambar yang relevan dengan isi tulisan. Tidak hanya itu, sertakan “alternative text” dalam gambar tersebut yang selaras dengan judul dan/atau kata kunci. Jangan sampai judul tulisan “menulis”, tapi “alt txt” malah berisi “memancing”.

Ringkas, Tapi Jangan Terlalu Pendek
Posting blog yang ringkas lebih disukai pembaca ketimbang posting yang panjang, apalagi bertele-tele. Namun, posting blog SEO Friendly hendaknya minimal 300 kata dan maksimal 800 kata. Panjang-pendek tulisan juga berpengaruh pada pengulangan kata kunci: sebuah kata kunci dalam tiap 50-100 kata dalam naskah (konten) sangat bagus bagi popularitas dan indeks posting di mesin pencari. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Tips Menulis: Tema, Fokus, dan Ringkas! Jangan menulis jika tidak tahu harus menulis apa. Demikian tips menulis pertama yang wajib diperhatikan semua (calon) penulis. Setelah itu, pilih tema...
Koleksi Tema WordPress (WP Theme) Responsive untuk... Koleksi Tema WordPress (WP Theme) Responsive untuk Situs Berita. Free Download. Gratis. BANYAK situs berita (news site, news portal), blog berita, ...
Menjadikan Template Blog SEO Friendly Sekedar menyimpan hasil "riset" di "Google Blogging Technique Academy" dengan pembimbing para blogger profesional nan baik hati telah "sedekah ilmu". ...
Apa Sih Hebatnya Jadi Penulis? Apa sih hebatnya jadi penulis sehingga begitu banyak orang (penulis) yang mengajari orang lain agar bisa menulis? Apa hebatnya menulis sehingga beg...

COMMENTS