Tips Sukses Bisnis Online: Memberi Lalu Menerima

Tips Sukses Bisnis Online: Memberi Lalu Menerima

110
0
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

the more you give the more you get

Tips Sukses Bisnis Online: Give and Get!

MODEL bisnis online tampaknya mengadopsi konsep sedekah dalam Islam: memberi maka engkau akan menerima. Inggrisnya: give and get, bukan take and give.

Memberi dulu, baru menerima. Bukan mengambil baru menerima. Ungkapannya: The Power of Giving. Dalam strategi pemasaran disebut Prinsip Resiprokal (Reciprocity Principles).

Lihat saja Google. Raksasa internet ini begitu banyak memberi, gratis, mulai email, mesin pencari, blogger, Google Drive, Youtube, Google Alert, hingga berbagi bisnis Google Adsense.

Lihat pula Yahoo! yang juga memberi banyak gratisan, seperti email dan news feed.

Facebook, Twitter, Path, dan banyak lagi juga menggunakan konsep GIVE, menggratiskan banyak sekali fasilitas untuk social networking bahkan bisnis, lalu mereka akan “get in return” –mendapatkan balasan setimpal atas kebaikannya memberi (sedekah).

Model Bisnis Online –Memberi Lalu Menerima– ini persis seperti dikemukakan Dave Thomas: “The more you give the more you get in return“.

Saya sudah ulas dikit soal “Power of Giving” ini di posting sebelumnya: The More You Give The More You Get.

Tips Sukses Bisnis Online

Jika kita Googling soal manajemen media sosial, social media marketing, atau online marketing, maka umumnya tips sukses tentang humas online dan online marketing ini menyebutkan GIVE atau GIVING sebagai kunci sukses.

Anda harus banyak memberi kepada audiens, follower, liker, netizen, atau user internet, maka mereka akan menyukai Anda dan akhirnya tertarik menjadi konsumen, klien, atau mitra Anda.

Mamberi apa? Apa saja yang sekiranya menyenangkan atau membahagiakan pengguna internet, baik material (hadiah, voucer, diskon) ataupun immaterial (inspirasi, humor, ilmu, wawasan, tips).

Kita ambil contoh lain model bisnis online dengan konsep “memberi lalu menerima” ini. Banyak sekali aplikasi, software, atau program gratis di internet. Katakanlah Avast Antivirus. Mereka menyediakan versi gratis dan premium.

Masih banyak contoh lain sebagai bukti model bisnis online yang sukses. Mereka banyak memberi dengan menyediakan fitur atau produk gratis (free download) dan menawarkan versi premium sebagai “lapak bisnis” mereka.

Kesimpulannya, jika ingin sukses dalam bisnis online, juga bisnis off-line, banyaklah memberi atau sedekah, maka kita akan “get in return”.

Di dunia marketing, memberi untuk menerima ini disebut Strategi Pemasaran Reciprocity, yaitu “memberi terlebih dahulu untuk mendapatkan apa yang diinginkan”.

Diskon, bonus, free stuff, merupakan bagian dari strategi sukses bisnis online.

Prinsip Resiprokal (Reciprocity Principles) ini populer di dunua psikologi. Ide timbal balik dalam psikologi sosial adalah bahwa jika A melakukan sesuatu yang positif untuk B, maka B akan pada gilirannya merasa lebih kooperatif dan diperkirakan bahwa B mungkin akan melakukan sesuatu yang positif bagi A.

Berikan sesuatu yang berharga kepada audiens atau pengunjung untuk mendapatkan sesuatu sebagai balasannya.

Tips Sukses Bisnis Online: Konten Menarik

Tips sukses bisnis online berikut ini, sebagai tambahan, saya sadur dari Liputan6.

1. Pemasaran

Jika Anda baru memulai berjualan online mungkin akan bingung cara pertama mempromosikan barang jualan itu.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan harus mengambil langkah seperti meng-endorse artis, membayar iklan di beberapa media sosial. Hal ini penting untuk pemasaran penjualan online.

2.Buat Konten Menarik

Ini faktor utama penenu sukses bisnis online. Jika Anda memasarkan produk menggunakan website, buat konten situs yang menarik.

Memiliki konten yang menarik, sangat penting untuk bisnis online. Karena akan mempermudah pelanggan menemukan barang yang akan dibeli.

3. Tentukan Target

Dengan melakukan beberapa riset pasar, Anda akan mudah mengoptimalkan anggaran pemasaran dan meningkatkan penjualan.

Selanjutnya tentukan target penjualan, Anda harus memiliki pencapaian omzet berapa rupiah yang ingin dihasilkan setiap bulannya. Hal tersebut akan memotivasi Anda untuk mencapai kesuksesan.

4. Bayar per Klik

Jika ingin membuka usaha eCommerce, Anda dapat berinvestasi dalam sebuah website dan dapat mengambil keuntungan dari bayar per klik.

Jika pelanggan Anda sering membuka website, sering mengklik produk yang Anda jual, semakin besar pendapatan yang diraup.

5. Foto produk yang dijual

Foto barang yang akan Anda jual menjadi hal yang sangat penting untuk memperkenalkan produk jualan.

Foto yang ditampilkan juga harus menarik, jika Anda menjual pakaian sebaiknya menggunakan model untuk foto produk tersebut.

Demikian tips sukses bisnis online. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

LEAVE A REPLY