PR Tools: Surat Pembaca dan Advertorial

199 views

Surat pembaca dan advertorial merupakan bagian dari naskah humas (public relations) untuk kepentingan lembaga atau organisasinya. Kedua PR Tools ini sama pentingnya dengan naskah humas yang paling populer, yakni siaran pers (press release).

Surat pembaca merupakan “output” salah satu tugas kehumasan, yakni media monitoring (memantau pemberitaan media). Jika ada berita yang tidak berimbang, merugikan, maka tanggapi atau koreksi dengan surat pembaca.

Surat Pembaca
Surat Pembaca (letter to the editor) mirip siaran pers, terutama dalam hal teknis penulisan dan pengiriman. Yang membedakan adalah dalam hal isi dan tujuannya. Isi dan tujuan surat pembaca biasanya merupakan tanggapan, sanggahan, klarifikasi, atau penggunaan Hak Jawab dan Hak Koreksi atas informasi yang dinilai salah dan merugikan.

Surat pembaca berupa tanggapan, biasanya diawali dengan mengutip berita atau surat pembaca yang sebelumnya sudah dimuat, sehingga pembaca dapat mengetahui latar belakang masalah yang diklarifikasi.

Advertorial (adv)
Advertorial = advertising dan editorial. Gabungan antara promosi dan opini atau pemberitaan tentang hal yang dipromosikan –produk, jasa, perusahaan, organisasi, aktivitas, atau program pemerintah. Bentuk tulisannya bisa berupa berita, feature, atau artikel. Advertorial sering disebut iklan dalam bentuk pemberitaan atau tulisan panjang.

Jenis advertorial a.l. adv produk, adv jasa, adv perusahaan, dan adv pemerintahan. Sifatnya bisa informatif, eksplanatif, interpretatif, persuasif, argumentatif, dan eksploratif. (www.romeltea.com).*

advertorial Humas pr tool surat pembaca

Related Post

Leave a reply