Top 10 Situs Berita Terpopuler di Indonesia

Top 10 Situs Berita Terpopuler di Indonesia

situs-berita-media-onlineTop 10 Situs Berita Terpopuler di Indonesia – Terbanyak Pengunjung.

Detik.com dan Tribunnews.com bersaing ketat di “klasemen” situs berita (news portal) atau media online/media siber terpopuler di Indonesia versi situs pemeringkat website dunia Alexa  dalam Top Sites in Indonesia per 23 November 2017 kategori situs berita.

Tribunnews yang merupakan situs berita online dengan jaringan di seluruh Indonesia menempati peringkat pertama situs terpopuler dari segi lamanya pengunjung membuka halaman Tribunnews.

Maklum, Tribunnews sering membuat berita dalam beberapa halaman (multiple pages) sehingga memperlama pengunjung untuk membuka halaman berita.

Baca: Media Online Kian Menyiksa Pembacanya

Tribunnews juga “jagonya judul umpan klik” atau pelopor media online penganut jurnalisme umpan klik (clickbait journalism).

Dari segi jumlah pengunjung unik per hari (unique visitor per day), Tribunnews masih kalah jauh dari detik.

Tribunnews memilihi UV 3,57 juta pengunjung per hari sedangkan Detik hampir dua kali lipat dengan 6,02 pengunjung unik per hari. Tribunnews hanya unggul di Daily Time on Site.

Liputan6.com menempati posisi tiga, diikuti Kompas.com di posisi empat dan Merdeka.com di posisi lima besar situs berita terpopuler di Indonesia dalam data per 23 November 2017.

Di posisi berikutnya, posisi 6, ada situs berita yang tergolong “new comer”, yakni IDN Times. Tempo.co ada di urutan ketujuh, lalu Okezone.com (8), Suara.com (9), dan CNN Indonesia di posisi 10 besar situs berita terpopuler di Indonesia.

Di luar Top 10 Situs Berita Terpopuler ada Viva.co.id (11), Sindonews.com (12), dan Republika.co.id (13).

Top 10 Situs Berita Terpopuler di Indonesia

Berikut ini Top 10 Situs Berita Terpopuler di Indonesia versi Alexa per 23 November 2017. Data Alexa diupdate per tiga bulan.

  1. Tribunnews.com
  2. Detik.com
  3. Liputan6.com
  4. Kompas.com
  5. Merdeka.com
  6. IDNTimes.com
  7. Tempo.co
  8. Okezone.com
  9. Suara.com
  10. CNNIndonesia.com

Secara global, situs atau website paling populer atau terbanyak dibuka oleh pengguna internet di Indonesia adalah Google Indonesia (Google.co.id) dan Google.com.

Youtube berada di posisi ketiga, diikuti Tribunnews, dan Detik di posisi lima besar.

Posisi berikutnya ada Tokopedia, Blogspot (Blogger), Yahoo, dan Bukalapak menempati posisi 10 besar Top 10 Situs Terpopuler di Indonesia.

Top 10 Popular Sites in Indonesia

  1. Google.co.id
  2. Google.com
  3. Youtube.com
  4. Tribunnews.com
  5. Detik.com
  6. Tokopedia.com
  7. Blogspot.co.id
  8. Facebook.com
  9. Yahoo.com
  10. Bukalapak.com

Bagaimana dengan blog saya ini, romeltea.com, ada di peringkat berapa? Saya cek, ini dia datanya per 23/11/2017.

How popular is romeltea.com?

peringkat-alexa-romelteaHeuheuy deudeuh! Peringat 499,702 dunia! Jauh bingiiitsss…!!!! Di Indonesia? Itu… peringkat 8,182 !!! Lumayan lah…. syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah…. 🙂

Jumlah Situs Berita di Indonesia

Menurut data Dewan Pers, di Indonesia saat ini ada sekitar 43.000 Media Online yang Terdata. Sebanyak 500 di antaranya terdaftar di Dewan Oers dan baru  7 media siber yang terverifikasi.

Dikutip Okezone 19 Februari 2017, tercatat sudah ada 78 media yang terverifikasi faktual dan administrasi. Namun, hanya ada tujuh media siber yang lolos verifikasi tersebut.

Media siber yang lolos tersebut adalah Okezone.com, Detik.com, Kompas.com, Metrotvnews.com, Viva.co.id, RMOL.com, dan Arah.com.

Sebelumnya, diberitakan Kompas, Serikat Perusahaan Pers (SPS) memastikan ada 74 media (cetak, online/siber, radio, dan TV) yang sudah diverifikasi oleh Dewan Pers tahap pertama.

Dari 74 media yang sudah diverifikasi pada tahap awal ini , dari kategori media online alias situs berita atau media siber, baru 7 media tersebut yang sudah dinyatakan lolos verifikasi.

Demikian ulasan ringkas tentang situs berita terpopuler di Indonesia plus peringkat Alexa blog saya ini. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related Post

Cara Nulis di Blog yang Sering Diabaikan Pemula Tips menulis di media online & posting blog yang "ramah pengguna" (user friendly). BLOG atau situs web itu media online, termasuk media bar...
Materi “3 in 1” Jurnalistik, Public Sp... SAYA diminta jadi pemateri sebuah workshop jurnalistik. Uniknya, materinya tiga sekaligus: Jurnalistik, Public Speaking, dan Media Online! Benar, "3 i...
Tren Media Online: Content Aggregator Turunkan Tra... Tren Media Online: Content Aggregator, Aplikasi Berita, dan Media Sosial Turunkan Pengunjung Situs Berita. PENGUNJUNG Media Online (Media Daring, M...
Kiat Menulis di Media Online Media online adalah generasi baru media massa. Ia memiliki karakter tersendiri dibandingkan media lainnya. Teknik atau gaya penulisannya pun sedikit b...

COMMENTS