Trik Menghadapi Judul Berita Umpan Klik (Clickbait) yang Bikin Penasaran

Trik Menghadapi Judul Berita Umpan Klik (Clickbait) yang Bikin Penasaran

clickbait - judul berita umpan klikTrik Menghadapi Judul Berita Umpan Klik (Clickbait) yang Bikin Penasaran. Ringkasnya: Jangan Diklik!

DI media sosial, terutama Facebook dan Twitter, kita sering menemukan judul berita yang bikin penasaran dan berusaha menggoda kita agar mengklik link berita tersebut.

Judul berita yang bikin penasaran itu disebut Judul Berita Umpan Klik (Clickbait Headline). Dikenal juga sebagai “Jebakan Klik” karena menjebak atau menipu pembaca.

Hampir semua judul umpan klik itu menipu pembaca. Ketika tautan judul berita itu diklik, maka akan tersaji berita yang “biasa saja”, isinya tidak sedahsyat yang digambarkan di judul.

Ciri utama judul berita umpan klik antara lain menggunakan kata-kata bombastis, sensasional, dan “alay bin lebay”, seperti:

  • Mengejutkan, ternyata….
  • Ini komentar….
  • Begini akibatnya jika…
  • Tidak Disangka, ternyata….
  • Ini dia…
  • Wow! Astaga! Ngeri Gan!

Anda akan disuguhi judul-judul berita umpan klik di fanspage situs-sirtus berita seperti Tribunnews.com –juaranya pembuat judul berita umpan klik– dan “para pengikut” aliran Jurnalisme Umpan Klik (Clickbait Journalism).

Bagaimana Menyiasatinya?

Belakangan sudah mulai banyak Facebooker yang “mengorbankan diri” klik judul berita umpan klik, lalu COPAS isi berita tersebut di kolom komentar.

Banyak juga yang memberi tahu Facebooker lain agar tidak tertipu dan tidak mengklik judul berita yang tersaji.

Tidak sedikit pula yang “sumpah serapah” merisak admin fanspaga situs berita tersebut sebagai “gak mutu” atau “penipu”.

Dengan begitu, maka cara terbaik menghadapi judul berita umpan klik adalah dengan TIDAK KLIK tautan judul berita tersebut dan BACA SAJA komentar-komentar yang ada.

Dijamin, Anda tidak akan rugi jika tidak mengklik judul berita umpan klik. Abaikan saja!

Pasalnya, judul berita umpan klik atau jurnalisme umpan klik tidak bermaksud memberikan informasi, tapi merupakan MODUS mendapatkan trafik, pageviews, atau kunjungan sebanyak-banyaknya.

Dari berbagai literatur tentang jurnalisme umpan klik dapat disimpulkan, judul-judul berita umpan klik dipraktikkan media-media berhaluan “koran kuning”, “jurnalisme kuning”, atau “yellow journalism”.

Jurnalisme Umpan Klik tak lain adalah bentuk baru jurnalisme kuning yang sering dituduh sebaga “jurnalisme yang tidak profesional dan tak beretika”.

Saya sudah membahas jurnalisme umpan klik ini di postingan Judul Berita Clickbait Akibatkan Degradasi Jurnalistik.

Demikian ulasan ringkas tentang Trik Menghadapi Judul Berita Umpan Klik (Clickbait) yang Bikin Penasaran. Intinya: jangan diklik jika tidak mau tertipu dan kecewa.

Jangan kalah sama ikan yang dengan cerdas bisa menghindari umpan yang menjebaknya –seperti dalam ilustrasi gambar di atas.

Stop dan Perangi Jurnalisme Umpan Klik !!! Wasalam. (www.romeltea.com).*

Related Post

Jurnalistik Terapan – Pedoman Kewartawanan d... Jurnalistik Terapan - Pedoman Kewartawanan dan Kepenulisan. Buku Panduan Jurnalistik untuk Pemula. BUKU Jurnalistik Terapan - Pedoman Kewartawanan ...
Jurnalistik Itu Ilmu Terapan Jurnalistik itu ilmu terapan (aplied science). Bisa dikuasai siapa saja dan siapa saja perlu ilmu jurnalistik. Apa pun profesi Anda --PNS, TNI, Polri,...
Jurnalistik Dakwah – Panduan Jurnalistik Isl... Jurnalistik Dakwah - Panduan Jurnalistik Islam BUKU Jurnalistik Dakwah - Visi Misi Dakwah Bil Qolam ini mempopulerkan dakwah melalui tulisan (dakwa...
Prinsip Jurnalistik: Fairness Doctrine dalam Pembe... Fairness Doctrine (Doktrin Kejujuran) adalah salah satu kaidah jurnalistik atau prinsip pemberitaan. Doktrin Kejujuran mengharuskan wartawan tidak ...

COMMENTS