5 Kelebihan Energi Matahari, Masa Depan Cerah dari Pemanfaatan Energi Surya

  • Whatsapp

5 Kelebihan Energi Matahari, Masa Depan Cerah dari Pemanfaatan Energi Surya

Dewasa ini, sudah semakin banyak masyarakat baik dalam skala industri maupun skala rumah tangga yang mulai memasang solar panel.

Hal ini tidak mengherankan, pasalnya sumber bahan bakar panel surya yang berasal dari energi matahari sudah tersedia secara alami di alam. Secara lebih luas, yuk intip apa kelebihan energi matahari ini.

Kelebihan Energi Matahari

1. Meminimalisir Ketergantungan Manusia Terhadap Bahan Bakar Fosil

Tidak bisa dipungkiri jika sampai saat ini, bahan bakar fosil merupakan salah satu jenis sumber energi yang masih paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Padahal, bahan bakar fosil ini semakin menipis dengan cepat setiap pemakaiannya untuk berbagai kebutuhan manusia.

Sebab bahan bakar fosil sendiri termasuk sebagai energi yang tak terbarukan, sehingga suatu saat akan habis. Meskipun sekarang manusia sendiri masih memiliki cadangannya, namun tinggal menghitung waktu saja sampai energi tersebut habis. Di lain sisi, pasokan energi surya sangat besar jumlahnya.

Bahkan andaikata manusia dapat memanfaatkan semua sinar matahari yang menyinari bumi selama satu jam saja, maka energi tersebut sudah bisa memberi daya pada seluruh dunia hingga setahun penuh. Jumlah yang begitu banyak tersebut dapat dimanfaatkan secara gratis untuk pembangkit listrik. Ini membuktikan apa kelebihan energi matahari, yang relatif kuat dan stabil.

2. Mengurangi Polusi Udara

Meskipun bahan bakar fosil belum benar benar habis, namun penggunaan sumber energi tersebut juga sejatinya tidak baik untuk lingkungan maupun kesehatan manusia. Sebab pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil, bisa menghasilkan emisi berupa karbon dioksida dan gas metana yang berbahaya.

Emisi gas berbahaya tersebut dapat menurunkan kualitas udara yang dihirup oleh manusia. Dimana menghirup udara dengan kualitas buruk setiap harinya bisa menciptakan konsekuensi yang mengerikan terhadap kesehatan. Polusi udara sendiri acap kali dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti bronkitis, asma dan alergi, sakit kepala, pneumonia, serangan jantung, hingga jenis kanker.

Hal ini berbeda jika anda menggunakan pembangkit listrik dengan bahan bakar energi matahari, seperti panel surya. Menggunakan matahari untuk menghasilkan tenaga listrik mampu meminimalisir emisi berbahaya. Pasalnya proses menghasilkan listrik menggunakan panel surya tidak menimbulkan emisi berbahaya, mengingat bahwa sumber energi yang digunakan bersifat alami.

3. Membantu Mengurangi Jejak Karbon Rumah Tangga

Apa kelebihan energi matahari berikutnya yaitu membantu mengurangi jejak karbon rumah tangga. Karena seperti yang sudah disebutkan bahwa energi matahari bersifat alami atau langsung dari alam, sehingga energi matahari tersebut bisa dibilang sebagai salah satu energi terbersih. Membuatnya sangat efektif untuk digunakan di rumah tangga dengan lebih efisien serta berkelanjutan.

Anda bisa menggunakan panel surya dari SUN Energy, yang merupakan salah satu pengembang proyek sistem pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Indonesia. Sehingga SUN Energy dapat menyediakan panel surya untuk berbagai keperluan mulai dari skala industri sampai dengan skala rumah tangga.

Berkat model pembiayaannya yang inovatif, anda yang ingin menggunakannya untuk skala rumah tangga juga tidak akan kesulitan menghadirkan panel surya atap. Terlebih produk yang ditawarkan selalu diproduksi secara berkelanjutan, yang bisa mengoptimalkan produktivitas energi listrik dengan biaya rendah. Menariknya lagi, anda bisa menggunakan panel surya hingga 25 tahun lamanya.

4. Membantu Memperlambat Perubahan Iklim

Dengan mengurangi polusi udara dan mengurangi jejak karbon rumah tangga, apa kelebihan energi matahari adalah membantu memperlambat perubahan iklim yang terjadi. Pasalnya pelepasan gas berbahaya seperti karbon dioksida, metana, serta dinitrogen oksida ke atmosfer tidak hanya berkontribusi terhadap polusi udara semata.

Namun proses pelepasan gas beracun tersebut juga bisa berdampak pada peningkatan efek rumah kaca. Efek rumah kaca sendiri sejatinya memang proses yang terjadi secara alami, dimana permukaan bumi menjadi lebih hangat hingga mencapai suhu yang layak untuk dihuni manusia.

Namun aktivitas manusia seperti proses pembakaran bahan bakar fosil, dapat meningkatkan jumlah gas rumah kaca yang ada di atmosfer. Sehingga efek rumah kaca yang meningkat membuat bumi menghangat lebih cepat. Hal tersebut dikaitkan dengan berbagai peristiwa cuaca yang dahsyat seperti panas ekstrem, kekeringan, badai, siklon, hingga banjir.

5. Lebih Sedikit Menggunakan Air

Anda mungkin tidak pernah membayangkan bahwa manusia berisiko kehabisan air tawar di masa depan. Namun memang begitu adanya, apalagi produksi listrik konvensional bisa menggunakan hingga ribuan liter air di setiap tahunnya. Padahal air sendiri merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat berharga, dan manusia tidak bisa hidup tanpa adanya sumber daya tersebut.

Oleh karena itu, penggunaan panel surya dengan mengandalkan energi alternatif berupa energi matahari akan sangat membantu di sini. Sebab apa kelebihan energi matahari yaitu pengoperasian sel fotovoltaik pada panel surya tidak membutuhkan air sama sekali. Hanya butuh air hujan untuk membersihkannya agar tidak kotor. Selebihnya, listrik bisa dihasilkan tanpa memanfaatkan air.

Banyak sekali bukan manfaat dan keunggulan dari energi matahari ini ? Energi matahari yang melimpah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif, dengan menggunakan panel surya untuk menghasilkan energi listrik. Bagi anda yang tertarik, segera hubungi tim SUN Energy untuk instalasi panel surya di tempat Anda.*

 

Artikel Terkait

Leave a Reply