Cara dan Manfaat Menjadi Local Guides Google

793 views

Anda yang suka bepergian (traveling) dan berlibur atau wisata, cocok banget jadi Local Guides Google. Berbagi pengalaman itu sedekah. Tulisan berikut ini membahas cara dan manfaat menjadi Local Guides Google.

Local Guide Google

Belum lama ini saya jadi “Pemandu Lokal” (Local Guide) Google. Sekitar seminggu setelah postingan foto terakhir ke Google Maps, Google mengirimkan email notifikasi berjudul “Your photos reached a new record on Google!”

Katanya, “Hi Romel, Wow, your photos are popular. People have seen your photos over 3,000 times, a new record for you on Google Maps. Thanks for sharing.”

Weisss… foto yang saya bagikan (share) di Google Maps sudah dilihat 3000 kali! Sedikit sih, tapi bagi Local Guides yang baru aktif macam saya, termasuk bagus dong!

Saya menjad Local Guide Google secara “tidak sengaja”, berkat padatnya jadwal pelatihan di dua minggu pertama Desember 2019.

Saya harus ke Jakarta, Semarang, Serang, dan Yogyakarta untuk jadi pemateri pelatihan humas online. Saya “tur” bersama panitia, menggunakan travel dan mobil panitia.

Saya atau kami harus singgah di berbagai tempat, mulai rest area, restoran atau warung makan, hingga SPBU dan menginap di hotel.

Saat menuju lokasi, hotel ataupun tempat acara, saya menggunakan Google Maps. Rupanya, Google “merekam” pergerakan saya dan mengirimkan notifikasi tentang kota-kota dan/atau tempat-tempat yang sempat saya singgahi.

Nah, dari situlah saya tergerak untuk menjadi Local Guides, yaitu dengan membagikan (share) foto tempat-tempat yang saya singgahi, termasuk hotel dan rumah makan, plus ulasan (review) dan rating. Kata Google, ulasan dan bintang itu berguna bagi pengguna lain.

Local Guides Google

Apa Itu Local Guides?

Mengutip Wikipedia, Google Local Guides atau umumnya disebut dengan Local Guides merupakan salah satu program dari Google bagi komunitas relawan atau kontributor untuk menulis ulasan, menambah foto, menambah video, menambahkan dan atau mengedit tempat, menjawab pertanyaan tentang suatu tempat dan memeriksa fakta pada Google Maps.

Mulai dari memotret jalan di sekitar tempat tersebut, hidangan yang wajib dicicipi, hingga menambahkan nama tempat yang belum diberi nama.

Local Guides dapat membantu tetangga dekat, turis lokal, dan berbagai kalangan lainnya dalam memperoleh informasi yang detail tentang tempat-tempat di sekitar mereka.

Local Guides menerima lencana dengan berkontribusi yang selalu konsisten dalam mewakili nilai-nilai tersebut, dan tampil pada profil setiap kontributor.

Nah, soal lencana ini, saya mah baru dapat enam bintang. Soalnya belum banyak foto dan ulasan yang saya share di Google.

Cara Jadi Local Guides Google

Cara menjadi Local Guide gampang pisan. Login ke akun Googel Mail (Gmail) Anda di HP, lalu aktifkan Lokasi.

Nah, saat memotret sebuah objek (bangunan, gedung, rumah makan, apa pun), share ke Google Maps.

  1. Buka Foto
  2. Klik Share
  3. Share via > pilih Add to Maps
  4. Pilih Lokasi
  5. Post!

Add to Maps

Panduan selengkapnya jadi Local Guides, ada di daftar link di akhir tulisan ini.

Manfaat Jadi Local Guide

Menurut Google, manfaat menjadi Local Guide adalah “membuat diri dikenal”.

Sebagai Local Guide, Anda memperoleh poin dengan berbagi ulasan, foto, dan pengetahuan di Google Maps. Dengan poin tersebut, Anda bisa naik level dalam program Local Guide, serta mendapatkan manfaat seperti akses awal ke fitur-fitur Google dan keuntungan khusus dari partner.

Pada Level 4, Anda bisa mendapatkan badge Local Guide pertama, yang akan membantu menonjolkan kontribusi Anda pada tempat-tempat.

Pastikan Anda telah terdaftar untuk mendapatkan update dengan meninjau preferensi email di halaman setelan Local Guide.

Mengutip laman Kumparan, Google Local Guide merupakan sebuah fitur yang diperuntukkan bagi siapa pun untuk mengulas berbagai lokasi baik itu tempat wisata, restoran, hotel berdasarkan hasil pengalamannya ketika berada di tempat tersebut.

Para Local Guide bisa memberi nilai untuk suatu tempat dengan rating, menjelaskan pengalamannya lewat ulasan (review), membagikan foto dan video, menyampaikan insight dengan jawaban.

Local Guides juga menanggapi pertanyaan tentang suatu tempat, meng-update informasi terbaru, menambahkan tempat yang belum ada, atau memverifikasi informasi dengan memeriksa fakta.

Para Google Local Guide akan mendapat banyak keuntungan. Misalnya, berkesempatan menghadiri summit tahunan Google Local Guides, membangun koneksi kepada sesama Local Guides maupun pengguna Google Maps.

Anda juga berpeluang mendapat akses khusus ke forum internasional Local Guides Connect, berdiskusi dengan para Local Guides di seluruh dunia, bahkan beberapa pekerja Google.

Nantinya, para Local Guide yang melakukan aktivitas juga akan mendapatkan poin, dengan perhitungan sebagai berikut:

– Memberikan 1 Review akan mendapat 10 poin per review
– Memberikan 1 Review dengan lebih dari 200 karakter akan mendapat 10 poin bonus per review
– Memberikan 1 Rating akan mendapat 1 poin per peringkat
– Memberikan 1 Foto akan mendapat 5 poin per foto
– Memberikan 1 Video akan mendapat 7 poin per video
– Memberikan 1 Jawaban akan mendapat 1 poin per jawaban
– Merespons 1 Tanya Jawab akan mendapat 3 poin per respons
– Melakukan 1 Pengeditan tempat akan mendapat 5 poin per edit
– Melakukan 1 Penambahan tempat akan mendapat 15 poin per tempat yang ditambahkan
– Melakukan 1 Penambahan jalan akan mendapat 15 poin per jalan yang ditambahkan
– Melakukan 1 Pemeriksaan fakta akan mendapat 1 poin per fakta yang diperiksa

Setiap kontribusi yang dilakukan oleh Local Guide akan terakumulasi dalam sistem level. Ada pun sistem level tersebut sebagai berikut :

Level 1 dengan 0 poin berarti tidak ada badge
Level 2 dengan 15 poin berarti tidak ada badge
Level 3 dengan 75 poin berarti tidak ada badge
Level 4 dengan 250 poin berarti badge Bintang 4
Level 5 dengan 500 poin berarti badge Bintang 5
Level 6 dengan 1.500 poin berarti badge Bintang 6
Level 7 dengan 5.000 poin berarti badge Bintang 7
Level 8 dengan 15.000 poin berarti badge Bintang 8
Level 9 dengan 50.000 poin berarti badge Bintang 9
Level 10 dengan 100.000 poin berarti badge Bintang 10

Level yang didapat para Local Guide memungkinkan mereka berkesempatan mendapat aneka voucher, seperti voucher Go-Pay (Gojek), voucher hotel Airy Rooms, voucher Red Bus, dan sebagainya.

Update (12/1/2020)

Saya menerima email dari Google. Isinya pemberitahuan dapat “hadiah kecil” dari Google berupa kaus kaki Local Guides. Ini karena saya sudah mencapai level 5 dan 616 poin.

“Local Guide • Level 5 • 616 points. You’ve earned a special perk! Thanks to your December contributions, you’ve unlocked a free pair of Local Guides socks!” kata Google.

Local Guides Google

Bagaimana, tergerak jadi Local Guides Google? Saya sendiri motivasinya berbagi (share) saja. Jadi ingat ungkapan: The more you give the more you get in return! Wasalam. (www.romeltea.com).

Panduan Jadi Local Guides Google:

– Cara Daftar: https://support.google.com/maps/answer/7280933
– Poin: https://support.google.com/local-guides/answer/6225851?hl=id
– Kontribusi: https://support.google.com/maps/answer/6304221?co=GENIE.Platform%3DAndroid&hl=id

 

Google Maps Local Guides

Related Post

Leave a reply