36 Cara Menulis Artikel SEO

790 views

Cara menulis artikel SEO sebagian sudah disertatakan di bagian akhir posting cara menulis artikel jurnalistik. Kali ini saya dokumentasikan sekaligus share tentang tips penulisan konten full SEO friendly versi Alexa.

artikel seo friendly

Artikel SEO adalah tulisan, posting, atau konten website/blog yang dioptimalkan agar mudah diindeks mesin pencari dan tampil di peringkat atas halaman hasil pencarian.

Artikel SEO akan meningkatkan jumlah pengunjung.

SEO sendiri artinya pengoptimalan mesin telusur, singkatan dari Search Engine Optimization. Tips SEO diperlukan untuk menyesuaikan artikel dengan cara kerja mesin pencari.

Table of Contents

36 Cara Menulis Artikel SEO

Menurut Alexa, setidaknya ada 36 elemen SEO dalam sebuah artikel atau konten web. Pastikan ke-36 faktor ini terpenuhi agar tulisan terindeks mesin pencari dan mendatangkan banyak pengunjung.

1. Buat judul berita utama.

Tuliskan setidaknya satu ide awal untuk apa judul tulisan itu nantinya. Mengetahui judul sebelum Anda mulai menulis membantu Anda tetap pada topik dan memberikan apa yang Anda janjikan dalam judul.

2. Identifikasi audiens Anda.

Tentukan dengan tepat untuk siapa Anda menulis posting blog. Saat Anda mengetahui audiens yang tepat dari konten Anda, akan lebih mudah untuk mengarahkan langsung tulisan Anda.

Jika Anda tidak mengenal audiens Anda, gunakan template persona pembeli kami untuk mulai menjabarkan pembaca ideal Anda.

3. Ketahui tujuan Anda.

Semua konten digital harus dibuat dengan rencana pemasaran Anda dalam pikiran. Jadi salah satu hal pertama pada daftar periksa tulisan Anda adalah mengidentifikasi tujuan teratas untuk konten pemasaran blog Anda (misalnya membangun kesadaran merek, menangkap pelanggan email, meningkatkan SEO, dll.).

4. Tetapkan satu kata kunci utama.

Kata kunci (keyword) harus secara akurat mewakili topik dan menjadi kata kunci teratas untuk industri Anda. Itu harus relatif populer dan memiliki kesulitan kata kunci yang kemungkinan Anda dapat peringkat untuk.

5. Gunakan kata kunci utama dalam judul.

Kembali ke informasi utama Anda dan pastikan kata kunci utama digunakan dalam judul artikel.

6. Tetapkan beberapa kata kunci sekunder.

Daftar periksa yang kuat untuk menulis artikel seo juga mencakup langkah untuk menemukan kata kunci terkait untuk atau kata kunci sekunder digunakan dalam posting Anda.

Pilih tiga atau empat kata kunci LSI (Latent Semantic Index) yang terkait dengan kata kunci target utama untuk posting. LSI Keywords adalah kata kunci yang secara semantik terkait dengan kata kunci utama Anda.

LSI Keyword

7. Tulis 300+ kata.

Menulis sebanyak yang Anda butuhkan untuk sepenuhnya mencakup topik, dan sebagai praktik terbaik, tulis lebih dari 300 kata untuk menunjukkan mesin pencari bahwa itu adalah sumber daya yang menyeluruh.

8. Tambahkan nilai.

Saat Anda menulis posting, berikan detail, fakta, statistik, dan informasi yang berharga dan bermanfaat bagi pembaca.

9. Tunjukkan, jangan katakan.

Bagian penting dari daftar periksa ini untuk penulisan blog menggunakan contoh yang membantu audiens memahami dan menyerap pesan yang ingin Anda bagikan.

10. Gunakan kalimat aktif.

Buat postingan tetap menarik dengan menggunakan kalimat aktif. Hindari kalmat pasif, yang dapat membuat konten tampak menjemukan atau membosankan.

11. Menulis untuk tingkat membaca kelas delapan (eighth-grade reading level).

Gunkan bahasa sederhana, mudah dimengerti. Meskipun kualitas tulisannya harus tinggi, tetap sederhana. Jangan gunakan struktur kalimat yang terlalu rumit atau terminologi yang mungkin kehilangan pembaca.

12. Jangan mencuri konten.

Jangan “copas”. Konten yang Anda buat harus selalu asli dan tidak pernah disalin dari situs web lain. Menjiplak konten dari situs lain dapat menyebabkan hukuman pencarian.

13. Berikan sumber yang tepat.

Sebutkan sumber. Jika Anda menggunakan kutipan atau informasi dari situs lain dalam posting blog Anda, berikan kutipan yang tepat dengan mendaftar dan menautkan ke sumbernya.

14. Gunakan subjudul.

Pisahkan konten Anda menggunakan subpos di seluruh posting Anda untuk memecah bagian teks.

15. Gunakan kata kunci utama dalam setidaknya satu subjudul.

Bagian dari daftar periksa penulisan blog Anda harus mencakup memasukkan kata kunci dalam setidaknya satu subjudul.

16. Pecah paragraf besar.

Konten digital harus dapat skimmable, jadi pisahkan blok besar teks dan paragraf dengan menambahkan paragraf dan spasi.

17. Sorot informasi penting.

Gunakan highlights. Salah satu kiat penulisan konten yang paling penting adalah menggunakan fitur pemformatan yang membuat tulisan lebih mudah dilihat. Tebalkan, cetak miring, atau sorot informasi penting.

18. Tambahkan grafik yang mendukung.

Daftar periksa konten blog Anda juga harus mencakup menambahkan gambar, video, pos sosial tersemat, dll., yang membuat posting lebih menarik atau menarik.

19. Pastikan gambar berukuran tepat.

Gambar yang terlalu besar akan memperlambat kecepatan pemuatan situs, jadi jangan gunakan foto dengan ukuran file besar.

20. Tambahkan kata kunci utama ke tag alt gambar.

Gunakan kata kunci target halaman di tag alt gambar untuk meningkatkan SEO blog. Di Blogger, pastikan isi “properties”. Di WordPress, isi alternative text di Image Details.

alt tag gambar

21. Gunakan kata kunci utama dalam nama dan judul file gambar.

Saat menambahkan gambar, gunakan juga kata kunci utama dalam nama file asli dan judul dalam CMS. Edit nama file gambar Anda, misalnya tadinya image.jpg menjadi tips-seo.jpg

22. Hindari pelanggaran hak cipta gambar.

Periksa ulang untuk memastikan bahwa Anda memiliki hak untuk menerbitkan media untuk menghindari pelanggaran hak cipta dengan foto dan video digital.

23. Gunakan kata kunci utama dalam judul halaman.

Dalam daftar periksa Anda untuk menulis, mulailah optimasi SEO dengan menulis judul halaman yang menyertakan kata kunci utama.

Pastikan judul halaman Anda unik untuk menghindari masalah tag judul duplikat yang mungkin merugikan SEO situs Anda. Biasanya, Anda dapat menggunakan judul halaman yang sama dengan informasi utama Anda.

24.Gunakan kata kunci utama dalam deskripsi meta.

Sertakan juga kata kunci utama dalam deskripsi meta asli yang tidak lebih dari 320 karakter.

25. Gunakan kata kunci utama dalam paragraf pertama.

Tips menulis artikel SEO lainnya adalah dengan memasukkan kata kunci utama dalam paragraf pertama dari naskah untuk mengirim sinyal ke crawler pencarian.

26. Gunakan kata kunci utama di dekat akhir artikel.

Gunakan kata kunci utama pada akhir posting untuk memesan salinan dengan referensi ke frase target.

27. Gunakan kata kunci utama secara alami dalam tulisan.

Jangan terlibat dalam isian kata kunci. Gunakan istilah yang cukup untuk membuat kerapatan kata kunci 2% dalam salinan Anda. Artikel SEO tidak berlebihan dalam menggunakan kata kunci.

28. Gunakan setiap kata kunci sekunder setidaknya sekali dalam artikel.

Mendukung kata kunci utama dengan menambahkan setiap kata kunci terkait setidaknya sekali dalam posting.

29. Tambahkan tautan ke halaman internal yang relevan.

Pada titik ini dalam daftar periksa untuk menulis, tambahkan tautan ke posting dan halaman lain yang diterbitkan di situs Anda (internal link) dengan menambahkan hyperlink yang relevan ke halaman internal lainnya.

30. Tambahkan tautan ke halaman web berkualitas tinggi.

Tambahkan tautan keluar (external link) yang relevan ke situs web berkualitas tinggi untuk memberikan kredit dan tautan ke sumber. Memasang link ke situs ternama merupakan bagian dari cara menulis artikel SEO friendly.

31. Tetapkan tautan keluar untuk membuka halaman baru.

Tinjau tautan keluar pada halaman Anda, dan atur agar terbuka di jendela baru (new window, new tab) untuk menjaga pembaca di situs Anda, bahkan jika mereka mengklik tautan ke situs web lain.

32. Akhiri dengan ajakan bertindak.

Karena semua posting blog yang baik ditulis dengan tujuan, akhiri dengan ajakan bertindak (call for action) yang memberi tahu pembaca apa yang Anda ingin mereka lakukan selanjutnya.

33. Tulis berita utama tambahan.

Kembali ke judul Anda dan tulis beberapa variasi lagi untuk menghasilkan judul yang lebih kuat. Pilih judul terbaik dari opsi baru Anda.

Pastikan itu termasuk kata kunci utama dan ringkas dan menarik. Judul akhir Anda harus tetap di bawah 60 karakter agar dapat ditampilkan sepenuhnya dalam pencarian.

34. Optimalkan untuk berbagi sosial.

Share postingan Anda di akun media sosial. Social merupakan salah satu pilar SEO.

Dorong pembaca untuk menyebarkan posting Anda dengan membuat konten yang dapat dibagikan yang mencakup tautan ClickToTweet, info, dan ikon berbagi sosial.

35. Lakukan edit naskah akhir.

Gunakan daftar periksa penyuntingan mandiri yang membantu Anda menemukan kesalahan pengejaan dan tata bahasa serta kesalahan ketik. Jangan publikasikan sampai artikel atau tulisan sebelum sepenuhnya diedit.

36. Periksa On-Page SEO.

Setelah posting diterbitkan, pastikan Anda tidak melewatkan langkah-langkah optimasi SEO dengan menjalankannya melalui SEO On-Page, yaitu pengoptimalan mesin pencari dalam situs.

SEO On-page adalah praktik mengoptimalkan setiap halaman web untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan mendapatkan lebih banyak trafik (pengunjung) yang relevan di mesin pencari.

On-page mengacu pada konten dan kode sumber HTML suatu halaman yang dapat dioptimalkan, sebagai lawan dari SEO off-halaman yang mengacu pada tautan dan sinyal eksternal lainnya. (MOZ).

Itu dia 36 Cara Menulis Artikel SEO. Banyak ya? Secara, gitu, persaingan makin ketat. Usaha pun makin keras untuk memenangi persaingan di mesin pencari.

Tips SEO Versi Singkat

Versi singkat cara menulis artikel seo dari saya mah begini:

  1. Cantumkan kata kunci (keywords) di judul, subjudul, alinea pertama, di tengah, dan sebelum akhir tulisan.
  2. Cantumkan juga kata kunci dalam nama file gambar dan alt text gambar (deskripsi gambar).
  3. Gunakan link internal dan eksternal yang relevan dengan isi tulisan.
  4. Buat tulisan lengkap, detail, dan panjang –minimal 300 kata, idealnya 800 kata atau lebih.
  5. Lengkapi artikel dengan gambar dan lebih SEO lagi jika dilengkapi tabel, grafis, dan video

Btw, semoga paham ya tips seo di atas. Soalnya, dibantuin Google Translate 🙂 Wasalam. (www.romeltea.com).*

 



Artikel SEO tips SEO Tips SEO Website

Related Post

  1. author
    Tri Aryak6 months agoReply

    Mantab langsung page 1

    • author
      romeltea (Author)6 months agoReply

      Wah… mantul bin manjur dong tips seo-nya 🙂

  2. author
    jasa website6 months agoReply

    Terima kasih tips-tipsnya. Tips menulis artikel SEO yang lengkap dengan bahasa aktif mengalir sehingga mudah saya pahami. Jadi bikin betah bacanya, hehe

    • author
      romeltea (Author)6 months agoReply

      Haha… bahasa mengalir google translate

Leave a reply