Cara Selamatkan Foto dan Video Terhapus di Kartu Memori

  • Whatsapp

Cara Selamatkan Foto dan Video Terhapus di Kartu Memori

Menyimpan file dan dokumen dalam smartphone adalah hal biasa yang banyak dilakukan masyarakat umum. Apalagi saat ini smartphone memiliki kapasitas media penyimpanan yang besar sehingga memudahkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak file penting dalam satu genggaman.

Salah satunya adalah menyimpan berbagai foto dan juga video yang beragam mulai dari foto koleksi pribadi, foto kenangan, dan foto dengan orang terkasih yang tentunya memerlukan tempat yang luas dan juga aman.

Tidak sedikit juga kita sering menyimpan beragam video favorit seperti koleksi video drama korea pilihan, video kenangan waktu berwisata atau juga video untuk pekerjaan kantor dan tugas sekolah yang juga wajib kudu Anda simpan dengan baik.

Anda tidak perlu khawatir jika kekurangan media penyimpanan dalam smartphone anda karena selain memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Smartphone saat ini juga menyediakan opsi ruang penyimpanan tambahan via memory card yang siap menampung jauh lebih besar.

Ada kelebihan dan juga kelemahan yang dimilikinya. Salah satu keunggulan yang dimilikinya adalah Anda tidak perlu khawatir kekurangan ruang untuk menyimpan file & dokumen penting Anda. Namun kelemahannya adalah kapan saja file Anda bisa saja hilang karena berbagai faktor.

Salah satu faktor penyebab hilangnya file & data penting kita adalah karena serangan virus berbahaya. Selain karena virus, masih banyak faktor yang menyebabkan file hilang seperti penginstalan ulang/peningkatan OS, kerusakan hard drive hingga kelalaian manusia seperti tanpa sengaja terhapus.

Maka dari itu, pentingnya Anda melakukan back-up data secara rutin agar kejadian tersebut bisa anda minimalisir kerugian yang akan anda alami jika data penting anda sewaktu-waktu hilang tanpa tersisa. Melakukan back-up data bisa anda lakukan secara sederhana dengan menyimpan file di laptop atau juga perangkat komputer Anda.

Namun, jika Anda belum sempat melakukan back-up data dan saat ini terjadi kehilangan, maka Anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mendapatkan kembali data penting anda yang hilang tersebut dengan cepat dan juga efisien.

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menemukan kembali file tersebut dan kali ini kita akan mencoba dengan menggunakan bantuan pihak ketiga yakni bantuan dari software pemulihan data dari EaseUS yang memiliki fitur lengkap dan cepat.

EaseUS Data Recovery Wizard adalah salah satu free data recovery software yang memiliki kemampuan sangat baik untuk membantu Anda mendapatkan beragam file dan dokumen penting anda yang hilang atau terhapus secara cepat dan efisien.

Tidak perlu keahlian khusus dan semua orang bisa melakukannya. Anda hanya perlu mengunduh software tersebut di perangkat anda dan kemudian melakukan scanning dan hasilnya bisa anda lihat secara detail dan lengkap. Lantas bagaimana cara memulainya? Simak ulasannya dibawah ini.

Cara Selamatkan Foto dan Video Terhapus

Untuk memulainya Anda harus mendownload terlebih dahulu di website resminya di EaseUS.com.

Ini hanya memakan ruang penyimpanan yang sedikit hanya 40MB saja. Kemudian instal software tersebut di perangkat Anda. Hubungkan perangkat Anda dengan media penyimpanan anda tersebut (kartu memori).

Cara Selamatkan Foto dan Video Terhapus di Kartu Memori

Langkah 1: Pilih lokasi untuk memulai

Pilih lokasi data anda yang hilang dan pastinya anda menemukan lokasi yang tepat.

Cara Selamatkan Foto dan Video Terhapus di Kartu Memori

Langkah 2: Pindai Komputer atau Perangkat Anda

Klik SCAN jika anda sudah siap memulai untuk melakukan pemulihan foto & video anda yang hilang. Gunakan filter yang tersedia untuk mencari file anda dengan mudah.

Cara Selamatkan Foto dan Video Terhapus di Kartu Memori

Langkah 3: Pratinjau dan Pulihkan File yang Hilang

Hasil dari pemindaian bisa anda lihat. Lakukan pratinjau file sebelum mendapatkan kembali file yang anda inginkan. Anda bisa melakukan filter terhadap file yang ingin anda pulihkan. Kemudian klik Recover. Selesai.

Ini adalah salah satu free recovery software yang populer digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Meskipun gratis, fitur yang ditawarkan sangat baik dan lengkap ditambah tampilan interface yang bersahabat memudahkan penguna dalam pengoperasiannya.

EaseUS Data Recovery Wizard versi terbaru memiliki kemampuan memulihkan dan perbaiki video kamera yang hilang / rusak serta gagal diputar dari beberapa merek kamera populer seperti , GoPro, dan DJI dengan format file MP4 dan MOV.

EaseUS Data Recovery Wizard versi gratis dapat melakukan pemulihan data hingga 2GB. Namun anda bisa melakukan pemulihan data dengan ukuran jauh lebih besar dengan melakukan upgrade versi premium dengan fitur yang lebih lengkap dari versi gratis.

Temukan kemudahan dalam melakukan pemulihan data & file penting yang terhapus, diformat, atau hilang dengan mudah dan efisien dengan dukungan fitur lengkap dari EaseUS yang populer di seluruh dunia.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *