Daftar Istilah Media Online

599 views

Melengkapi Kamus Jurnalistik Online, berikut ini beberapa istilah terkait. Kita sebut saja daftar istilah media online –disebut juga media daring, media internet, media digital, media internet, dan media baru (new media).

media online

 

Pengertian Media Online

Media Online (online media) secara umum adalah teknologi komunikasi yang menggunakan internet atau World Wide Web untuk menyajikan atau bertukar informasi.

Media online juga diartikan sebagai media digital, yang meliputi foto, video, dan musik, didistribusikan melalui internet (Business Dictionary).

Media online dalam pengertian umum antara lain website, blog, media sosial, email, dan forum online.

Secara khusus, media online adalah media massa yang tersaji secara online di internet berupa situs berita dan majalah online yang berisi tulisan jurnalistik berupa berita, artikel, atau feature.

Contoh media online dalam pengertian khusus ini antara lain situs berita detik.com, republika.co.id, liputan6.com.

Daftar Istilah Media Online

Nama domain (Domain Name) – Nama unik yang mengidentifikasi situs internet. Contoh: republika.co.id, detik.com, liputan6.com, viva.co.id

Kata kunci (Keyword) – Kata tertentu yang dimasukkan ke mesin pencari oleh pengguna yang menghasilkan daftar
situs Web yang berisi tulisan terkait dengan kata kunci.

Tampilan halaman (Page Views) – Saat sebuah halaman web benar-benar dilihat oleh pengguna.

Mesin pencari (Search Engine) – Aplikasi yang membantu pengguna Web menemukan informasi di internet. Contoh: Google Search, Bing, Yahoo!

Trafik (Traffic) – Aliran data melalui jaringan atau pengunjung ke situs Web.

Pengguna (User) – Seorang individu dengan akses ke World Wide Web. Sebutan bagi pengunjung (visitor) atau pembaca (reader) website atau media internet.

Monetisasi (Monetization) – Monetisasi adalah proses mengubah trafik yang ada menjadi pendapatan. Beberapa cara untuk memonetisasi situs web adalah dengan menerapkan iklan Pay Per Click (PPC) dan Cost Per Impression (CPI/CPM). Monetisasi paling umum adalah memasang iklan Google AdSense.

Paket Cerita Online (Online Story Package) – Sajian berita media online yang menggunakan banyak media (teks, foto, video, audio, grafik) secara bersama-sama untuk bercerita atau menyampaikan informasi.

Suatu paket harus mengandung setidaknya satu cerita teks (mungkin juga satu atau lebih sidebar pendek cerita), dan beberapa elemen tambahan. Ini dapat termasuk foto individu atau galeri foto, satu atau lebih potongan video atau audio, satu atau lebih grafik informasi, atau apa pun yang membantu membuat cerita lebih lengkap.

Informasi Grafik (Infografis) – Pepresentasi visual (grafik, bagan, garis waktu/timeline, dll.) digunakan untuk membuat fakta atau konsep yang lebih mudah dipahami.

Infografis dapat mencakup grafik, bagan, garis waktu, dan banyak format lainnya, dan umumnya digunakan untuk secara visual mewakili data, lokasi, perbandingan, dan perubahan seiring waktu. Grafik semacam itu dapat dibuat interaktif dan disertakan animasi, video dan fungsi menarik lainnya.

Sidebar Story – Artikel sekunder yang menyertai cerita utama, biasanya berfokus secara lebih mendalam tentang seseorang atau topik dari cerita utama.

Teks Pendukung (Supporting Text) – Elemen teks dalam paket cerita online yang membantu menjelaskan atau mengikat bersama-sama elemen multimedia. Keterangan, kredit foto / video, nama-nama orang yang digambarkan.

Story Pitch – Merencanakan untuk mengejar, melaporkan, dan menyajikan cerita menggunakan pendekatan multimedia.

Operator Pencarian (Search Operators) – Kata kunci atau karakter yang memungkinkan pencarian kata kunci online menjadi lebih spesifik dan produktif.

Basis data (Database) – Kumpulan data (biasanya digital) yang disusun sehingga dapat dengan mudah
diakses dan disortir.

Hyperlink – Foto, grafik, potongan teks atau objek HTML lain yang diformat untuk memungkinkan pengguna untuk mengklik ke dokumen lain.

Sudah menjadi praktik umum untuk menyertakan tautan terkait di sebagian besar berita online, tetapi ini dilakukan
dalam sejumlah cara berbeda. Beberapa outlet berita lebih suka menempatkan tautan ke berita terkait dalam sebuah kotak di akhir cerita utama, sementara yang lain menyertakan tautan di antara paragraf sebagai sarana untuk membagi cerita menjadi beberapa bagian.

Praktek yang kurang umum sebenarnya adalah mengubah kata kunci dalam cerita menjadi tautan. Dengan satu atau lain cara, wartawan dan editor harus terbiasa menyediakan tautan ini sebagai bagian dari paket cerita apa pun.

Dalam banyak kasus, ketika wartawan meneliti fakta di balik sebuah cerita, mereka membaca artikel tentang topik itu dan cukup tempel URL di bagian bawah cerita. Di lain contohnya, lebih banyak tanggung jawab untuk mengidentifikasi tautan terkait pergi ke editor.

Salah satu cara agar pembaca tidak meninggalkan situs Anda sebagai tanggapan terhadap tautan adalah dengan melakukannya format tautan Anda untuk membuka jendela atau tab browser baru. Ini berarti bahwa ketika pembaca mengikuti tautan ke situs lain, ketika mereka menutup tab atau jendela itu, mereka masih memiliki cerita Anda di sana untuk menyelesaikan atau melanjutkan.

Rule of Thirds – Praktik dalam merekam video yang membagi bingkai menjadi imajiner pertiga vertikal dan horizontal, kemudian mengantar subjek di sepanjang titik di mana mereka garis berpotongan.

Rendering – Proses mengubah proyek video menjadi film jadi.

Keaslian (Authenticity) – Dalam jurnalisme, tidak hanya menyampaikan fakta dari suatu situasi, tetapi juga latar belakang dan konteks di balik fakta-fakta tersebut, untuk menyajikan gambaran yang lebih lengkap tentang cerita.

Cerita Mendalam (In-Depth Story) – Karya jurnalisme yang menjelaskan topik-topik kompleks atau menyediakan rincian subjek yang sebelumnya tidak diketahui oleh pembaca.

Jurnalisme mendalam sering disebut “explanatory” untuk menjelaskan hal-hal kepada pembaca yang tidak tahu tentang mereka.

Posting – Menyajikan paket cerita

Jenis Konten Multimedia

– Cerita teks
– Foto
– Video
– Infografis
– Teks pendukung.

Demikian sebagian daftar istilah media online. Wasalam. (www.romeltea.com).

Sumber: Online Journalism, Digital Media Glossary, Online Journalism Blog.

 



Jurnalistik Online Meda Online

Related Post

  1. author
    kowatono2 months agoReply

    artikel yang bagus. semoga jadi amal jariah. mohon ijin untuk mengkopi paste

Leave a reply