Faktor Peringkat Web di Google: Domain Age dan Page Authority

Domain Age dan Page Authority

Domain Age (DA) atau usia domain dan Page Authority (PA) atau otoritas merupakan dua faktor penting yang menentukan peringkat website atau blog di Google. Setelah konten berkualitas sebagai faktor utama, DA dan PA mungkin di peringkat berikutnya dalam 200 faktor ranking web di Google.

Salah satu bukti usia domain berpengaruh besar terhadap peringkat web di Google adalah web baru tidak langsung terindeks Google, bahkan “tidak ada dokumen yang cocok” ketika website yang baru dibuat itu dicari di Google.

Google dan mesin telusur lain membutuhkan waktu untuk merambah, mengindeks, dan memeringkat sebuah website. Kita bisa berikhtiar mempercepatnya dengan menggunakan fasilitas Google Search Console dan share di media sosial.

Domain website romeltea.com yangs sedang Anda kunjungi ini tergolong “tua”. Online sejak 2009. Wajar jika sering nongol di halaman satu, bahkan peringkat teratas, halaman hasil pencarian Google (SERP).

Namun, usia domain bukan satu-satunya faktor. Faktor penting lainnya adalah Otoritas Halaman atau Page Authority (PA).

Baca Juga

Apa itu DA dan PA? Berikut ini ulasan dari ahlinya. Link sumber di bagian akhir.

Domain Authority

Domain Autority (DA) atau usia domain adalah metrik yang sering digunakan untuk mengukur keberhasilan sebuah situs web. DA merupakan faktor penting yang membantu menentukan peringkat situs web di mesin telusur.

DA pada dasarnya adalah lamanya waktu situs web telah terdaftar dan dipelihara. Namun, itu tidak secara otomatis menunjukkan peringkat yang lebih baik, tetapi dapat memberikan informasi berharga yang dapat memengaruhi kinerja situs web Anda di mesin pencari seperti Google.

Misalnya, jika Anda memiliki domain baru yang belum memiliki konten atau tautan ke situs lain, mungkin perlu waktu lebih lama bagi Google untuk menemukannya saat orang menelusuri topik khusus Anda.

Ini bisa menjadi sangat penting jika Anda mencari sesuatu mulai dari peningkatan rasio konversi hingga peringkat SERP yang lebih baik atau hanya lebih banyak pengunjung atau “lalu lintas” (traffic) kunjungan.

DA pada dasarnya adalah jumlah tahun sebuah domain telah didaftarkan dengan satu registrar tertentu. Usia domain tidak selalu menunjukkan berapa lama situs web atau bisnis telah ada, melainkan berapa bulan/tahun yang dimiliki dengan nama dan ekstensi saat ini (misalnya .com, .net, .org, dll).

Usia domain penting karena sering digunakan sebagai ukuran kepercayaan dan otoritas saat menentukan peringkat situs web di mesin telusur. Pemikirannya di sini adalah jika seseorang telah online selama bertahun-tahun, mereka pasti melakukan sesuatu dengan benar.

Sementara beberapa orang mungkin berpikir domain yang lebih tua memiliki nilai lebih daripada rekan mereka, ini tidak selalu benar, karena ada banyak situs web di luar sana yang dapat berhasil tanpa membangun kehadiran sebelumnya di Internet.

Namun, usia domain tidak benar-benar memengaruhi kehadiran online bisnis dengan sendirinya, tetapi dikombinasikan dengan metrik lain seperti peringkat halaman, jumlah tautan balik, dll., Ini menghasilkan skor SEO yang lebih baik.

Cara Google Menentukan DA

Idealnya, Google tidak mengungkapkan proses pastinya untuk menentukan usia situs. Namun, ada beberapa asumsi yang dapat kami buat berdasarkan apa yang kami ketahui tentang cara kerja Google dan fakta bahwa mereka menggunakan usia domain sebagai faktor peringkat.

Salah satu asumsi yang paling jelas tentang bagaimana Google menentukan umur sebuah domain adalah dengan melihat catatan “WhoIs”. Catatan ini berisi tanggal saat situs web tertentu pertama kali didaftarkan/dibuat di Internet, yang dapat memberi kita gambaran tentang usia domain mereka.

Namun, perlu diingat bahwa registrar yang berbeda mungkin memiliki catatan yang berbeda untuk pelaporan WhoI dan seberapa lengkapnya (tidak semua menawarkan informasi tentang tanggal pembuatan).

Selain itu, sebagian besar pendaftar sebenarnya tidak menunjukkan data yang akurat kecuali Anda membayar ekstra untuk mendapatkan akses penuh – untuk mengambil nomor apa pun dengan sebutir garam.

Faktor utama lainnya jelas melihat akun alat webmaster Google sendiri, yang menunjukkan riwayat pendaftaran domain Anda bersama dengan kemungkinan versi sebelumnya jika ada lebih dari satu perubahan dari waktu ke waktu.

Sederhananya, seseorang yang baru lulus kuliah dengan gelar baru mungkin tidak memiliki dampak yang sama dengan seseorang yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidangnya.

Demikian pula, usia domain hanyalah cara lain untuk menggambarkan seberapa berpengalaman situs web atau domain di bidangnya – Anda biasanya dianggap serius oleh audiens atau klien Anda ketika mereka melihat domain Anda sudah ada sejak lama.

Berikut adalah faktor-faktor yang biasanya membuat usia domain memengaruhi peringkat web di Google.

1. Domain Authority (DA)

Domain yang lebih tua cenderung memiliki Otoritas Domain tinggi yang akan membantu peringkatnya lebih tinggi. Ini juga berarti jumlah backlink yang sudah diperoleh yang mengarah ke situs web, konten, dan nama merek Anda.

2. Backlink

Tautan balik. Domain yang lebih lama juga cenderung memiliki waktu dan kesempatan untuk menerima tautan balik dari situs web lain yang akan membantu memberinya otoritas di mata Google.

Di atas semua ini, jika ada riwayat dengan domain yang ditautkan di situs populer sebelumnya, ini menambah nilai lebih jauh ke domain tersebut. Di sinilah domain baru gagal.

3. Riwayat Trafik

Tidak hanya domain yang lebih tua cenderung memiliki Otoritas Domain yang lebih tinggi, tetapi mereka juga cenderung memiliki riwayat lalu lintas yang kuat yang masuk ke situs web dan halaman arahan.

Ini sangat penting karena memberi Google gagasan yang jelas bahwa situs web atau halaman arahan dikunjungi secara teratur oleh orang-orang, dan ini menunjukkan keterlibatan pengguna yang positif.

4. Brand Awareness

Kesadaran Merek. Domain yang lebih lama juga cenderung memiliki kesadaran merek yang kuat yang telah dibangun dari waktu ke waktu dengan keterkaitan dan reputasi yang melekat.

Ini tidak hanya membantu memperkuat otoritas dan lalu lintas, tetapi juga membangun kepercayaan di sekitar situs web atau halaman arahan yang dikunjungi oleh orang yang ingin menggunakannya.

5. Konten

Konten adalah salah satu faktor terbesar yang menentukan tidak hanya bagaimana mesin pencari akan memberi peringkat situs web Anda, tetapi juga bagaimana orang akan bereaksi terhadapnya.

Jika Anda sudah memiliki konten di domain yang lebih lama, ini dapat membantu memengaruhi Google untuk memberi peringkat situs web Anda lebih tinggi daripada jika tidak ada konten sama sekali.

5. User Experience (UX)

Pengalaman Pengguna. Domain lama juga cenderung memiliki pengalaman pengguna yang kuat karena mereka sudah memiliki data bertahun-tahun yang telah dikumpulkan dari pengunjung, yang berarti situs web atau halaman arahan mungkin lebih mudah digunakan orang.

Ini semua bermuara pada faktor-faktor seperti kegunaan dan keterlibatan karena memiliki konten yang lebih baik di situs/laman landas Anda.

Ini hanyalah beberapa faktor yang akan memengaruhi cara mesin telusur memberi peringkat domain Anda, tetapi ada lebih banyak faktor yang berperan.

Sebagai kesimpulan, dapat dikatakan bahwa domain yang lebih lama umumnya akan lebih berdampak dan sukses daripada domain yang lebih baru dalam banyak kasus, tetapi tidak selalu demikian.

Penting untuk diingat bahwa masih mungkin bagi situs web atau laman landas di domain yang lebih baru untuk berperforma lebih baik jika faktor peringkat mesin telusur juga diperhitungkan- tetapi biasanya, hal itu tidak akan terjadi dalam semalam!

Jika Anda ingin situs atau halaman arahan Anda sukses secara online, maka fokuslah untuk membuat konten yang hebat dan pengalaman pengguna yang menarik daripada hanya mengkhawatirkan tentang usia domain Anda.

Page Authority

Paga Authority (PA) atau Otoritas Halaman memiliki pengaruh kuat seperti DA dalam peringkat web di Google.

Otoritas halaman, dalam pengoptimalan mesin telusur (SEO), adalah nilai yang diberikan mesin telusur ke halaman Web. Semakin tinggi nilainya, semakin besar kemungkinan mesin pencari akan mengembalikan halaman Web di awal hasil pencarian organik.

Pesan yang konsisten dari Google adalah “Buat halaman terutama untuk pengguna, bukan untuk mesin pencari” dan sedikit yang diketahui tentang bagaimana mesin pencari menilai otoritas mendukung filosofi itu.

Otoritas Halaman (PA) adalah skor yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik peringkat halaman tertentu di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Skor Otoritas Halaman berkisar dari satu hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan peringkat yang lebih besar.

Otoritas Halaman didasarkan pada data dari indeks web MOZ dan memperhitungkan lusinan faktor. Seperti Otoritas Domain, ini menggunakan model pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi algoritma yang berkorelasi paling baik dengan peringkat di ribuan SERP yang kami prediksi, lalu menghasilkan skor Otoritas Halaman menggunakan perhitungan spesifik tersebut.

Bagaimana PA dinilai?

MOZ menilai PA atau Otoritas Halaman pada skala logaritmik 100 poin. Oleh karena itu, meningkatkan skor Anda dari 20 menjadi 30 jauh lebih mudah daripada meningkatkan dari 70 menjadi 80.

Moz terus memperbarui algoritme yang digunakan untuk menghitung Otoritas Halaman, sehingga Anda mungkin melihat skor Anda berfluktuasi dari waktu ke waktu.

Karena Google memperhitungkan banyak faktor saat memberi peringkat halaman, metrik yang mencoba menghitungnya juga harus memasukkan banyak faktor.

Cara terbaik untuk memengaruhi Otoritas halaman adalah dengan meningkatkan profil tautannya. Ini dapat dicapai dengan mendapatkan tautan eksternal dari halaman otoritas tinggi lainnya, yang pada gilirannya bertindak sebagai “suara kepercayaan” untuk otoritas halaman Anda. (BR/MOZ)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *