Jenis-Jenis Humas

pengertian humas online

Lama gak update, kali ini saya berbagi tentang jenis-jenis humas atau macam-macam kegiatan kehumasan. Ini panduan juga bagi saya yang tengah “sibuk” menangani bidang humas sebagai lembaga, tepatnya humas online atau digital PR.

Setiap lembaga, bahkan setiap orang, memerlukan hubungan masyarakat (humas) atau public relations (PR). Humas bermanfaat bagi setiap pihak yang ingin memiliki citra positif di masyarakat atau komunikasi dengan publik.

Sebuah lembaga seperti perusahaan mungkin memiliki tim humas atau strategi PR yang berbeda untuk merek (brand) atau produk tertentu.

Individu seperti selebritas atau individu dengan kekayaan bersih tinggi mungkin memiliki tim humas pribadi. Tim-tim ini digunakan untuk menjaga citra publik yang positif serta menangani permintaan media.

Sebagaimana komunikasi jurnalistik, humas merupakan bidang kajian (ilmu) sekaligus teknik. Praktisi humas memerlukan pengetahuan dan keterampilan –utamanya keahlian komunikasi.

Baca Juga

Humas juga adalah seperangkat teknik dan strategi yang berkaitan dengan pengelolaan bagaimana informasi tentang individu atau perusahaan disebarluaskan kepada publik dan khususnya media.

Tujuan utama kegiatan humas adalah untuk menyebarkan informasi, berita, kebijakan, atau acara penting lembaga, mempertahankan citra merek, dan memberikan putaran positif pada peristiwa negatif untuk meminimalkan dampaknya.

Humas dapat terjadi dalam bentuk siaran pers perusahaan, konferensi pers, wawancara dengan jurnalis, posting media sosial, atau tempat lainnya.

Setiap individu atau entitas yang beroperasi di mata publik menghadapi penyebaran informasi tentang mereka atau praktik mereka kepada publik. PR adalah industri tersendiri, setiap upaya untuk menggambarkan diri sendiri dengan cara tertentu kepada orang lain dapat dianggap sebagai bentuk PR.

Saat ini setiap orang bisa menjalankan kegiatan kehumasan untuk dirinya melalui website dan media sosial. Semua orang bisa melakukan personal branding atau membangun citra.

Jenis-Jenis Humas

Kegiatan utama humas adalah mengelola bagaimana informasi tentang individu atau lembaga disebarkan kepada publik dan membentuk citra positif.

Humas sering dibagi menjadi berbagai lembaga atau departemen. Setiap departemen secara khusus cocok untuk menangani aspek tertentu di bawah ini:

1. Hubungan Media

Hubungan media (media relations) merupakan jenis kegiatan kehumasan paling populer, terutama penulisan rilis pers (press release). Hubungan media disebut juga hubungan pers (press relations).

Hubungan media adalah kegiatan menjalin hubungan baik dengan organisasi media publik atau media massa, khususnya wartawan. Tim hubungan media sering bekerja secara langsung dengan media eksternal dengan menyampaikan berita perusahaan secara langsung kepada mereka, menyediakan sumber konten yang tervalidasi, dan dapat diakses untuk komentar publik tentang berita lainnya.

Selain penulisan rilis, hubungan media juga mencakup kunjungan media (media visit), konferensi pers, jumpa pers, dan press gathering —berkumpul dengan media/pers dalam format nonformal, biasanya di luar ruang dan alam bebas (outdoor).

2. Hubungan Produksi

Hubungan produksi  (production relations) erat kaitannya dengan operasi langsung suatu perusahaan. Departemen ini mendukung rencana pemasaran yang luas dan sering dikaitkan dengan upaya khusus satu kali, seperti peluncuran produk baru, kampanye khusus, atau pengelolaan perubahan produk utama.

3. Hubungan Investor

Hubungan investor (investor relations) adalah pengawasan hubungan antara perusahaan dan investornya. Aspek kehumasan ini menangani acara investor, mengawasi komunikasi rilis laporan keuangan, dan menangani keluhan investor.

4. Hubungan Internal

Hubungan internal (internal relations) adalah cabang hubungan masyarakat antara perusahaan dan karyawannya. Hubungan internal berkaitan dengan konseling karyawan, memastikan semua pekerja puas dengan kondisi kerja mereka, dan memediasi masalah secara internal untuk menghindari pengungkapan ketidakpuasan publik.

5. Hubungan Pemerintah

Hubungan pemerintah (government relations) adalah hubungan antara lembaga dan badan pengatur terkait. Beberapa departemen hubungan masyarakat ingin menjalin hubungan yang kuat untuk memberikan umpan balik kepada politisi, memengaruhi pembuat keputusan untuk bertindak dengan cara tertentu, dan memastikan perlakuan yang adil terhadap klien perusahaan atau lembaga.

6. Hubungan Komunitas

Hubungan komunitas (community relations) adalah hubungan masyarakat yang berfokus pada merek (brand) dan reputasi dalam komunitas tertentu.

Komunitas tersebut dapat berupa fisik (yaitu kota tertentu) atau non-fisik (misalnya komunitas pecinta kucing). Cabang humas ini berperan dalam ceruk sosial komunitas untuk menyesuaikan diri dengan anggotanya.

7. Hubungan Pelanggan

Hubungan pelanggan (customer relations) adalah jembatan yang menghubungkan perusahaan dan pelanggannya. Jenis humas ini utamanya di humas perusahaan atau lembaga bisnis.

Humas seringkali melibatkan penanganan hubungan kunci, melakukan riset pasar, memahami prioritas pelanggan atau kliennya, dan menangani masalah utama.

Humas vs Departemen Lain

Humas mungkin tumpang tindih dengan departemen serupa. Berikut ini ikhtisar bagaimana humas mungkin berhubungan atau tidak dengan pemasaran, periklanan, atau komunikasi.

Humas vs Pemasaran

Pemasaran (marketing) terkadang lebih terfokus pada mendorong penjualan, mempromosikan produk atau layanan, dan memastikan kesuksesan finansial. Humas lebih fokus pada pengelolaan reputasi sebuah perusahaan atau brand.

Kedua departemen dapat memulai jenis kegiatan yang sangat mirip. Misalnya, keduanya dapat berinteraksi dengan pelanggan untuk mendapatkan umpan balik.

Dari lensa pemasaran yang lebih langsung, informasi ini digunakan untuk lebih memahami tren penjualan, permintaan produk, dan cara menghasilkan lebih banyak penjualan. Dari kacamata humas yang lebih langsung, informasi ini digunakan untuk memahami kepuasan pelanggan, memastikan pelanggan senang, dan memastikan ketidakpuasan ditangani dengan cepat.

Humas vs Periklanan

Periklanan (advertising) adalah tindakan mengumpulkan perhatian publik, seringkali melalui penggunaan berbagai jenis media.

Perusahaan mungkin ingin beriklan untuk mempromosikan produk, mengumumkan ekspansi ke pasar baru untuk perusahaan yang sedang berkembang, atau mengungkapkan perubahan harga.

Sementara periklanan adalah tindakan yang disengaja untuk mencoba menjadi sorotan, humas adalah pendekatan yang lebih strategis dan bijaksana tentang bagaimana perusahaan harus berinteraksi dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal.

Humas vs Komunikasi

Humas dan komunikasi sangat terkait. Humas bagian dari komunikasi dan berintikan kegiatan komunikasi. Humas dan komunikasi melibatkan penggambaran informasi secara lahiriah dengan harapan menciptakan merek, citra, atau hubungan yang menumbuhkan nilai.

Komunikasi mungkin merupakan departemen terpisah dalam perusahaan yang bertanggung jawab penuh atas komentar tertulis atau lisan yang dikeluarkan secara internal atau eksternal.

Salah satu perbedaan potensial antara hubungan masyarakat dan komunikasi adalah pertukaran informasi. Terkadang, humas adalah saluran satu arah yang memaksakan informasi dalam upaya untuk mendapatkan citra publik yang lebih baik.

Komunikasi mungkin lebih berakar pada fungsi dua arah untuk menerima umpan balik dan membuat perubahan berdasarkan informasi yang dikumpulkan. Secara umum, sebagian besar perusahaan akan melihat tumpang tindih antara hubungan masyarakat dan komunikasi.

Demikian jenis-jenis humas dan kaitannya dengan komunikasi, pemasaran, dan periklanan. Saat imi, di era digital, kegiatah humas lebih banyak dilakukan melalui internet berupa digital pr yang fokus pengelolaan website dan media sosial. (Investopedia)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *