Karakteristik Radio: Kelebihan dan Kekurangannya

karakteristik radio

Radio adalah media hiburan dan informasi. Radio dikenal sebagai media penyiaran (broadcasting media) berupa suara (audio).

Media radio siaran memiliki ciri khas atau karakteristik tersendiri yang berbeda dengan media massa lainnya. Karakteristik radio ini  bisa juga menjadi keunggulan (kelebihan) dan kelemahan media radio.

10 Karakteristik Radio

Berikut ini 10 karakteristik radio yang membedakannya dengan media lain.

1. Auditory

Radio is Sound! Radio adalah suara. Karenanya, radio adalah media denar (untuk didengarkan) karena hanya suara yang bisa disampaikan di radio.

Baca Juga

Apa pun yang ingin disampaikan di radio, harus dalam bentuk suara atau disuarakan. Secara umum suara yang muncul di radio atau disiarkan radio ada dua macam: musik (lagu) dan kata-kata.

2. Theatre of Mind

Dengan kata-kata (words) dan efek suara (sound effect), radio atau penyiar bisa “membuat gambar di benak pendengar” (make picture in people mind), membuat pendengar berimaginasi, membayangkan sosok sesuatu –orang, pasar, mal, kerusuhan, demonstrasi, buku, batu, dll.

3. Cepat dan Langsung

Radio adalah media tercepat, lebih cepat dari koran ataupun TV, dalam menyampaikan informasi kepada publik, tanpa melalui proses yang rumit dan butuh waktu banyak seperti siaran TV atau sajian media cetak.

Hanya dengan melalui telepon, reporter radio dapat secara langsung menyampaikan berita atau melaporkan peristiwa yang ada di lapangan.

4. Akrab

Radio adalah media yang akrab dengan pemiliknya. Anda jarang sekali duduk dalam satu grup dalam mendengarkan radio; tetapi biasanya mendengarkannya sendirian, seperti di mobil, di dapur, di kamar tidur, dan sebagainya.

5. Personal

Radio menadi teman karena mampu menyentuh pribadi pendengar. Suara penyiar hadir di rumah atau di dekat pendengar. Pembicaraannya langsung menyentuh aspek pribadi (interpersonal communications), dengan pendekatan pribadi (personal approach), sehingga radio menjadi teman pribadi yang setia.

6. Hangat

Paduan kata-kata, musik, dan efek suara dalam siaran radio mampu mempengaruhi emosi pendengar. Pendengar akan bereaksi atas kehangatan suara penyiar dan seringkali berpikir bahwa penyiar adalah seorang teman bagi mereka.

7. Sederhana

Radio tidak rumit, tidak banyak pernik, baik bagi pengelola maupun pendengar.

8. Tanpa Batas

Wide Coverage. Jjangkauan wilayah siarannya luas. Siaran radio menembus batas-batas geografis, demografis, SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan), dan kelas sosial.

Radio juga illiteracy, dapat dinikmati oleh yang buta huruf. Hanya “tunarungu” yang tak mampu mengkonsumsi atau menikmati siaran radio.

9. Murah

Dibandingkan dengan berlangganan media cetak atau harga pesawat televisi, pesawat radio relatif jauh lebih murah. Pendengar pun tidak dipungut bayaran seperser pun untuk mendengarkan radio.

Orang bisa mendengarkan aneka musik, hiburan, dan informasi, tanpa harus membayar alias gratis!

10. Fleksibel

Siaran radio bisa dinikmati sambil mengerjakan hal lain atau tanpa mengganggu aktivitas yang lain, seperti memasak, mengemudi, belajar, dan membaca koran atau buku.

Tampil sebagai teman pribadi –di rumah, di meja belajar, di perjalanan, atau teman minum kopi saat pagi, sore, atau malam hari. Selain itu, pesawat radio pun mobile atau portable, mudah dibawa ke mana saja.

The Power of Radio

Karakteristik radio juga tergambar dalam kekuatan radio berikut ini.

Radio sangat kuat karena menjangkau banyak sekali audiens dengan cepat dan karena memungkinkan orang-orang dalam audiens yang besar itu berinteraksi satu sama lain lebih mudah daripada televisi pemirsa atau pembaca koran.

Ada berbagai jenis stasiun radio: komunitas, komersial, dan publik. Mereka punya jenis pemilik dan audiens yang berbeda serta program yang berbeda, tetapi mereka berbagi tujuan umum: untuk terhubung dengan pendengar dengan cara yang langsung dan relevan.

Radio memiliku kekuatan karena kemampuannya untuk menjangkau dan memengaruhi begitu banyak orang.

Radio sangat bermanfaat karena:

1. Langsung.

Berita bisa dilaporkan lebih cepat di radio daripada di koran atau di televisi, karena teknologi lebih sederhana.

2. Dapat diakses.

Anda dapat mendengarkan radio di mana pun Anda berada. Anda dapat membawa radio ke ladang, atau dengarkan di dalam mobil. Anda juga bisa melakukan hal-hal lain sambil mendengarkan.

3. Inklusif.

Radio bisa menjangkau kebanyakan orang, termasuk orang miskin, yang terpinggirkan dan mereka yang tidak bisa membaca atau menulis.

Menghadirkan tantangan

Di sisi lain, media radio menghadirkan tantangan karena siarannya bersifat sementara.

Cerita sering kali hanya tayang sekali, jadi jika informasinya membingungkan atau jika Anda melewatkan satu poin, sulit untuk mendapatkan klarifikasi.

Laporan radio harus jelas dan sederhana tertulis. Presenter radio dan reporter harus lebih berhati-hati untuk berbicara dengan jelas.

Radio dapat diakses oleh semua orang, tetapi mendapatkan perhatian orang bisa menjadi sebuah tantangan.

  • Siaran radio membutuhkan tenggat waktu yang ketat.
  • Radio memungkinkan pendengar untuk menanggapi dan menyampaikan pandangan mereka.
  • Radio memungkinkan pendengarnya menjadi komunitas.

Menjangkau Publik

Radio adalah media yang paling mudah diakses karena bisa menemani Anda dalam apa pun yang Anda lakukan, dan ke mana pun Anda pergi:

1. Mengemudi di dalam mobil
2. Bekerja di ladang
3. Memasak makan malam

Anda tidak perlu menjadi melek huruf atau kaya untuk mendengarkan radio atau memanfaatkan sumber dayanya.

Faktanya, para pendidik dan organisasi telah menemukan bahwa radio adalah cara terbaik untuk menjadi penting pesan-pesan – terutama untuk wanita di daerah pedesaan yang mungkin tidak memiliki akses koran atau televisi.

Radio menjangkau publik secara real time. Melalui kata-kata, suara, dan suara manusia, radio berbicara kepada audiens langsung.

Bagaimana? Dengan mengajak pendengar menjelajahi pengalaman baru, tempat baru, ide baru. Itu memberi pendengar cerita yang perlu mereka ketahui untuk lebih memahami dunia.

Tantangan

Memahami bagaimana dan di mana orang mendengarkan radio – Radio dapat diakses, jadi pendengar dapat mendengarkan di mana saja dan kapan saja. Ini merupakan keuntungan, tetapi juga menciptakan tantangan.

Ketika orang mendengarkan radio, mereka biasanya melakukan hal lain pada waktu yang bersamaan.

Pendengar mungkin hanya memiliki satu telinga di radio, sehingga mudah melewatkan yang penting informasi, atau untuk mendapatkan gambaran yang tidak akurat atau tidak lengkap tentang apa yang dikatakan.

Di radio, Anda harus sangat berhati-hati dengan cara Anda berkomunikasi. Ini mengarah ke tantangan lain.

Saat Anda berada di bawah tekanan untuk menjadi pertama dengan sebuah berita, seringkali tidak ada banyak waktu untuk memeriksa fakta.

Ini bisa menyebabkan kesalahan. Anda harus berhati-hati untuk tidak melaporkan dengan cara yang sensasional, membingungkan rumor dengan fakta atau menunjukkan bias dalam pelaporan Anda.

Demikian kekuatan dan karakteistik radio. Wasalam.

Sumber: The Power of Radio, Dasar-Dasar Siaran Radio

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *