Media Online: Pengertian dan Karakteristik

7672 views

Media online adalah saran komunikasi yang tersaji secara online di situs web (website) internet. Media online disebut juga media daring, media digital, media internet, dan media siber (cyber media).

media onlinePengertian Media Online

Media online (online media) adalah media atau saluran komunikasi yang tersaji secara online di situs web (website) internet.

Semua jenis kanal (channel) komunikasi yang ada di internet atau hanya bisa diakses dengan koneksi internet disebut media online.

Istilah media online (online media) menggabungkan dua kata: media dan online.

Secara bahasa (KBBI), media adalah alat atau sarana komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. Media juga berarti perantara, penghubung, dll.

Online dalam bahasa Indonesia disebut daring –karenanya media online disebut juga media daring.

“Daring” artinya “dalam jaringan”, yakni terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya.

Dengan demikian, secara bahasa, media online atau media daring adalah media dalam jaringan yang terhubung melalui jejaring komputer dan internet.

Pengertian media online secara umum meliputi semua jenis situs web (website) dan aplikasi, termasuk situs berita, situs perusahaan, web lembaga/instansi, situs jualan (e-commerce/online store), media sosial, blog, email, forum, WhatsApp, Line, dll.

Menurut Business Dictionary, pengertian media online adalah “media digital yang mencakup foto, video, dan musik, yang didistribusikan melalui internet”.

Digital media, which includes photos, video and music, distributed over the Internet, which are either non-copyrighted or copyrighted materials provided either freely or for a fee.

Pengertian Media Online = Media Siber

media online koranDalam konteks komunikasi massa, media online adalah media massa (mass media) atau media jurnalistik/media pers yang tersaji di internet secara online, khususnya situs berita (news site) atau portal berita (news portal).

Media Online dalam konteks komunikasi massa disebut juga media siber (cyber media).

Dalam Pedoman Pemberitaan Media Siber disebutkan, media siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

Media Online atau Media Siber adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku– dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video.

Produk Jurnalistik Online

Media Online merupakan produk jurnalistik online.

Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme, internet journalism, website jounalism, digital journalism– didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet” (Wikipedia).

Secara teknis atau ”fisik”, media online yang juga disebut Digital Media adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet).

Sebutan lain media online adalah “penerbitan elektronik” (electronic publishing) untuk membedakannya dengan media elektronik yang “telanjur” merujuk pada media penyiaran radio dan televisi.

Karakteristik Media Online

Karakteristik media online yang menjadi kelebihannya dibandingkan ”media konvensional” (cetak/elektronik) antara lain:

  • Kapasitas luas –halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
    Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
  • Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
  • Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
  • Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
  • Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
  • Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
  • Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
  • Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
  • Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)yang berkaitan dengan informasi tersaji.

Hyperlink atau Pranala atau link (tautan) adalah ciri khas sekaligus kekuatan media online yang tidak dimiliki jenis media lainnya.

Penjelasan Karakteristik Media Online:

1. Cepat, Immediacy

Kejadian atau peristiwa dapat langsung diposting atau diunggah (upload) dalam hitungan detik. Kehadiran media online mempercepat publikasi dan distribusi informasi ke publik dengan jangkauan global dalam waktu bersamaan.

2. Pembaruan, Update

Pembaruan (updating) informasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, baik berupa koreksi substansial (isi, data) dan redaksional (tata bahasa), maupun berupa perkembangan tebaru sebuah isu atau peristiwa.

Penyajian informasi yang bersifat realtime ini menyebabkan tidak adanya waktu yang diiistemewakan (prime time) dan tidak ada istilah tenggat waktu (deadline) karena penyediaan informasi berlangsung tanpa putus, hanya tergantung kapan pengguna mau mengaksesnya.

3. Interaktivitas

Keunggulan media online ini yang paling membedakannya dengan media konvensional adalah adanya interaksi antara redaksi dengan pembaca dan antar-pembaca.

Dengan karakteristik ini media online bersifat dua arah dan egaliter. Berbagai fitur seperti kolom komentar, chatroom, dan social share memungkinkan pembaca dapat menyampaikan secara langsung koreksi, keluhan, saran, atau tanggapan dan bisa langsung dibalas.

4. Personalisasi, Audience Control

Pembaca atau pengguna semakin otonom dalam menentukan informasi mana yang ia butuhkan. Media online memberikan peluang kepada setiap pembaca hanya mengambil informasi yang relevan bagi dirinya, dan menghapus informasi yang tidak ia butuhkan. Jadi selektivitas informasi dan sensor berada di tangan pengguna (self control).

Pembaca, pengguna, atau penunjung bebas mengonsumsi informasi mana saja yang dianggap penting atau menarik. Pembaca tinggal klik (buka) judul berita yang dikehendaki dan mengabaikan yang tidak menarik.

Di media online, pengguna juga dapat mencari informasi yang diinginkan melalui mesin pencari (search engine), terutama Google, serta kotak pencarian sebuah web.

5. Kapasitas Tidak Terbatas, Storage and Retrieval

Media online tidak dibatasi halaman atau waktu (durasi) sepeti di media cetak dan media penyiaran. Media online bisa mempublikasikan berita sebanyak-banyaknya dan sepanjang-panjangnya.

Beirta yang tersaji juga tersimpan atau terdokumentasikan dengan baik yang dapat diakses kapan saja melalui kotak pencarian (search box), kategori, ataupun label/tag.

Bahkan, berita yang sudah dihapus pihak redaksi pun masih bisa diakses atau tersimpan jika berita itu diposting ulang (repost) atau di-screen shot oleh pengguna.

6. Terhubung dengan sumber lain, hyperlink

Setiap data dan informasi yang disajikan dapat dihubungkan dengan sumber lain yang juga berkaitan dengan informasi tersebut, atau disambungkan ke bank data yang dimiliki media tersebut atau dari sumber-sumber luar.

7. Kapabilitas Multimedia

Media online dapat menyajikan beria berupa teks, suara (audio), gambar/foto, dan video sekaligus. Karakteristik ini menjadi keunggulan media online dibandingkan media konvensional.

Menulis untuk Media Online

Karakteristik media online yang berbeda dengan media konvensional (cetak dan penyiaran) berimplikasi pada cara penulisan di media baru ini.

Menurut BBC, menulis berita untuk media online ibarat mempromosikan produk di keramaian. Pembaca harus segera direbut perhatiannya agar segera masuk dan membaca berita kita.

Pembaca media online dikenal sangat ‘tidak setia’. Mereka akan memindai halaman web untuk mengetahui perkembangan berita dan jika tidak menemukan sesuatu yang menarik, mereka dengan cepat akan pindah ke situs lain.

Saat Anda menyusun berita, bayangkan Anda menulis untuk orang-orang di tempat yang sangat padat dan ramai. Kalimat-kalimat seperti apa yang cocok untuk mereka?

Pembaca akan memindai halaman depan dan judul yang bagus idealnya mencerminkan isi berita. Ini penting agar mereka tidak akan kecewa ketika mengklik dan membaca berita.

Bila isi berita tidak sesuai judul atau tidak sesuai dengan harapan mereka, mereka bisa langsung menutup halaman berita Anda dan tidak akan kembali membuka situs berita Anda.

Berita yang ditulis di media online sebisa mungkin pendek, karena sulit membaca yang panjang di layar telepon genggam. Ini berbeda dengan media cetak.

Dalam banyak kasus, Anda tak perlu menambahkan banyak latar belakang di berita yang Anda tulis karena latar belakang ada di berita-berita terkait (related news) dan Anda akan selalu bisa menautkan berita-berita ini bila Anda merasa pembaca menginginkan informasi lebih lanjut.

Agar lebih menarik, penampilan berita di media online hendaknya menggunakan foto yang kuat, grafis berupa data, dan kutipan.

Wartawan media online juga bisa memanfaatkan multimedia. Apakah menulis ratusan kata adalah cara terbaik untuk menyampaikan berita di internet?

Mungkin galeri foto, video, atau audio jauh lebih baik dibandingkan teks.

Mungkin berita tentang satu kisah nyata lebih menyentuh, misalnya bila digabung dengan audio. Itulah keunggulan media online, kemampuan menggabungkan teks dengan audio atau video.

Demikian ulasan ringkas tentang definisi atau pengertian media online dan karakteristiknya. Selengkapnya ada di buku saya: Jurnalisktik Online: Panduan Mengelola Media Online. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Jurnalistik_Online

 

Karakteristik Media Online Media Media Online Pengertian Media Online

Related Post

  1. author
    beritajowo2 months agoReply

    sangat detail penjelasan mngenai media online
    terimakasih bang

  2. author
    JUHRIADI2 years agoReply

    Tanks

  3. author
    dea5 years agoReply

    terima kasih pak bukunya enak sekali di baca.. saya beli online buku jurnalistik online buat keperluan bikin skripsi 🙂

    • author
      romeltea (Author)5 years agoReply

      sama-sama, semoga bermanfaat…..

  4. author

    jenis-jenis dan kredibilitas media onlinenya belum ada yah pak?

  5. author
    Octo6 years agoReply

    Kang izin copas buat tugas kuliah??

  6. author
    luqman6 years agoReply

    kang izin copas untuk materi malakah ,,makasih kang

  7. author
    Budi Y Harto6 years agoReply

    Kang, ijin copas yah, untuk materi skripsi saya, makasih 🙂

  8. author
    misbahuddin mappiada6 years agoReply

    thanks. saya hx bisa bilang suka. truslah berkarya utk generasi yg mau maju dalam profesi ini.

Leave a reply