MiniTool Partition Wizard: Cara Mudah Partisi Hard Disk Komputer/Laptop

MiniTool Partition Wizard 12.6 Review. Cara mudah membuat partisi hard disk komputer/laptop. Software gratis dan aman untuk partisi.

MiniTool Partition Wizard

Umumnya orang yang punya komputer atau laptop membagi hard disk-nya menjadi dua atau lebih. Misalnya Drive C untuk Program atau System dan Drive E untuk data. Pembagian ruang penyimpanan data  atau file komputer ini dikenal dengan partisi (partition).

Bagaimana cara partisi hard disk komputer/laptop dengan mudah? Gunakan aplikasi atau software!

Berikut ini rekomendasi aplikasi/software partisi yang memudahkan kita dalam membagi ruang penyimpanan data komputer menjadi beberapa pagian. Namanya MiniTool Partition Manager Software.

Pengertian Partisi

Sebelum ke bagian software partisi terbaik dan termudah dari MiniTool ini, kita bahas dulu secara ringkas pengertian partisi.

Kata partisi berasal dari bahasa Inggris partition yang berarti bagian. Dalam KBBI disebutkan, partisi artinya dinding pemisah; sekat; pembagian diska ke dalam beberapa bagian untuk tujuan tertentu.

Jadi, pengertian partisi adalah membagi menjadi beberapa bagian. Hard disk –disebut juga hard disk drive atau hard drive— adalah media penyimpanan magnetik untuk komputer.

Fisiknya, hard disk adalah piringan bundar datar yang terbuat dari aluminium atau kaca dan dilapisi dengan bahan magnetik. Hard disk untuk komputer pribadi dapat menyimpan terabyte (triliun byte) informasi.

Dengan demikian, partisi harddisk artinya adalah membagi hard disk komputer kita kedalam beberapa bagian agar lebih terlihat rapi atau untuk menyimpan data yang berbeda.

Tujuan utama partisi harddisk adalah untuk memisahkan antara sistem operasi pada komputer dengan media penyimpanan data. Biasanya, sistem operasi dan aplikasi ada di Drive C: Pogram dan data-data tulisan, gambar, video, dan data lainnya di Drive E: Data.

Partisi harus dilakukan jika hard disk Anda, entah itu internal atau eksternal, berukuran besar, misalnya dari 1TB. Kita harus melakukan partisi memori penyimpanan untuk berbagai keperluan agar berkas tidak tercampur di dalamnya.

Cara Melakukan Partisi Hard Disk

Cara umum untuk melakukan partisi hard disk komputer yaitu dengan menggunakan fitur bawaan di Windows. Cara partisi hard disk di Windows 10 adalah klik kanan di This PC (My Computer) dan pilih Manage.

Setelah itu, buka Disk Management. Pilih disk yang akan dipartisi, klik kanan di unpartition space, dan pilih New Volume. Akhiri dengan menentukan besaran partisi.

Namun, cara tersebut terasa sulit bagi pemula. Berikut ini cara termudah melakukan partisi, yaitu dengan menggunakan aplikasi partisi bernama MiniTool Partition Wizard (link download Ada di bawah artikel).

Apa Itu MiniTool Partition Wizard?

MiniTool Partition Wizard adalah perangkat lunak (software) partisi gratis untuk Windows. Aplikasi partisi ini dapat menyalin, memformat, menghapus, memperluas, dan mengubah ukuran partisi.

Tersedia gratis, tapi program ini punya fitur yang lumayan lengkao, mulai membuat partisi baru, mengubah ukuran, menghapus, menghapus, memformat, menyembunyikan, membagi, menggabungkan, mengkloning, dan bahkan bisa mengembalikan partisi yang sudah terhapus!

Anda juga bisa mengubah format drive dari FAT ke NTFS maupun sebaliknya, tanpa kehilangan apa pun.

partisi minitool

Selengkapnya, berikut ini fitur MiniTool Partition Wizard:

1. Partisi Disk All-in-One

Sebagai manajer partisi terbaik untuk Windows, MiniTool Partition Wizard bertujuan untuk memaksimalkan kinerja diska (hard disk).

Aplikasi ini membantu kita dalam membuat/mengubah ukuran/memformat partisi secara fleksibel, mengonversi disk antara disk MBR dan GPT, mengonversi partisi antara NTFS dan FAT32, dan mengonversi disk dinamis ke dasar tanpa kehilangan data dalam beberapa klik.

Kita juga dapat mengubah huruf drive dari partisi apa pun.

2. Program Pemulihan Data yang Efektif

Software manajer partisi MiniTool ini menawarkan dua solusi sempurna untuk pemulihan data.

  • Partition Recovery Wizard dapat menemukan dan memulihkan partisi yang hilang.
  • Data Recovery dapat mengenali dan memulihkan file yang hilang/dihapus dari drive FAT/NTFS/exFAT yang rusak, terformat, tidak dapat diakses dan Desktop/Recycle Bin/folder tertentu.

3. Alat Klon Disk yang Kuat

Kloning disk atau migrasi sistem paling sering digunakan untuk mencadangkan dan memutakhirkan hard drive.

Kloning disk bekerja dengan sempurna ketika Anda dipaksa untuk membuat cadangan instan. Migrasi sistem mengembalikan Anda untuk bertindak pada disk baru dalam beberapa saat. Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menginstal ulang sistem operasi dan aplikasi.

4. Disk Diagnostik Master

Sebagai master pemeriksaan disk yang komprehensif, MiniTool Partition Wizard dapat mengukur kecepatan baca/tulis disk, menganalisis penggunaan disk di komputer, memverifikasi integritas sistem file volume dan memperbaiki kesalahan sistem file logis, dan dengan cepat mendeteksi jika ada bad sector pada drive.

Saat ini banyak orang bahkan kantor memilih MiniTool Partition Wizard untuk mendistribusikan ulang hard drive dan mengonversi partisi disk.

Pengguna server juga selalu menilai MiniTool Partition Wizard sebagai pilihan pertama karena mendukung perlindungan keamanan data dan meningkatkan kinerja server.

MiniTool Partition Wizard sudah mendukung atau kompatibel dengan Windows 11.

partisi minitool

Kelebihan Software MiniTool

Mengutip Lifewire, MiniTool Partition Wizard punya banyak kelebihan dibandingkan apikasi partisi lainnya.

Seperti halnya sebagian besar software partisi gratis, setiap perubahan yang Anda buat pada partisi dan disk dengan MiniTool Partition Wizard pertama-tama akan direfleksikan secara virtual, dan kemudian dikirim ke bagian “Operasi Tertunda” dari program.

Ini adalah fitur hebat karena Anda dapat melihat bagaimana perubahan partisi yang Anda buat akan dimainkan setelah memilih Terapkan, semua tanpa harus benar-benar menunggu setiap langkah selesai.

Anda juga dapat membuat partisi sistem lebih besar tanpa harus me-reboot komputer. Sebagian besar alat partisi disk gratis mendukung ini, tetapi tidak semuanya.

Ini berarti, jika Anda memiliki ruang yang tidak terisi yang tidak digunakan, Anda dapat dengan cepat menerapkannya ke partisi sistem untuk memperbesarnya dalam hitungan detik.

partisi minitool

Link Download

Siap menggunakan MiniTool Partition Wizard yang dipercaya oleh jutaan editor dan klien ini? Berikut ini link download MiniTool Partition Wizard. Setelah terunduh, instal di komputer Anda dan jalankan!

LINK DOWNLOAD: MiniTool Partition Wizard

Demikian cara mudah partisi hard disk komputer/laptop dengan software MiniTool Partition Wizard. Wasalam.

Video: The Best Partition Management Software

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.