Panduan Menjadi Penulis – Kiat Menulis Artikel Opini

640 views
Panduan Menjadi Penulis - Kiat Menulis Artikel

BUKU Panduan Menjadi Penulis – Kiat Menulis Artikel untuk Media Massa ini buku saku yang berukuran sangat kecil, bisa disimpan di saku baju.

Diterbitkan BATIC Press Bandung, buku ini dimaksudkan sebagai panduan praktis menulis artikel di media massa, yaitu tulisan berisi opini pribadi penulis tentang suatu masalah atau peristiwa.

Dibahas pula tentang struktur tulisan artikel, motivasi menulis, manfaat menulis, syarat jadi penulis, dan tekni menulis disertai contohnya.

Buku ini sudah tidak terbit lagi, tapi kayaknya sih masih ada di BATIC Press. Dulu buku ini dibagikan secara gratis kepada peserta pelatihan jurnalistik BATIC.

Buku ini sudah tidak terbit lagi, tapi materi buku yang jadi modul mata kuliah Penulisan Artikel ini sudah diintegrasikan dalam buku Lincah Menulis Lancar Bicara yang diterbikna Nuansa.

Dalam buku ini saya menjelaskan perbedaan penulis dan pengarang.

Penulis adalah orang yang menuliskan ide, pemikiran, pendapat, analisis, atau pandangannya tentang sebuah masalah atau peristiwa. Jadi, subjek atau tema tulisannya faktual, benar-benar terjadi.

Pengarang adalah orang yang menuliskan sebuah cerita hasil khayalan, lamunan, imajinasi, atau tidak nyata. Ia mengarang cerita. Tidak masuk kategori berbohong karena sejak awal pembaca sudah tahu bahwa yang ditulis itu –biasanya dalam bentuk cerpen atau novel– adalah karangan, fiktif.

Meski banyak juga cerpen dan novel based on true story, tapi akan lebih banyak “drama” (dramatisasi) supaya lebih menarik dan “senasional”.

Tips Jadi Penulis

Menulis itu berkomunikasi. Komunikasi tulisan. Untuk berkomunikasi, kuncinya adalah ada pesan (message) yang ingin disampaikan.

Dalam tulis-menulis, pesan itu adalah ide, gagasan, pemikiran, atau pandangan dengan fokus pada sebuah topik, tema, isu atau masalah yang dibahas.

Langkah yang harus ditempuh untuk menjadi penulis yang baik a.l.

1. Banyak membaca

Suka baca. Baca buku atau artikel akan menambah pengetahuan, wawasan, sekaligus mengetahui bagaimana sebuah ide atau pemikiran dituliskan.

Untuk jadi penulis, kita harus mengetahui bagaimana penulsi bekerja atau menuangkan ide-pemikirannya, seperti halnya untuk jadi wartawan harus tahu bagaimana wartawan bekerja dan menulis berita.

2. Ikuti pelatihan menulis

Jika tidak ada pelatihan menulis, adakan sendiri aja! Ajak teman atau komunitas untuk menggelar pelatihan menulis.

Jika masih belum bisa mengikuti pelatihan, baca saja buku-buku tips menulis yang sangat banyak tersedia, termasuk buku saya ini (Panduan Menjadi Penulis).

3. Jangan takut jelek atau salah

Ini penyakit penulis pemula atau orang yang baru menulis. Jangan takut jelek atau salah. Tugas Anda sebagai penulis adalah menulis; menuliskan ide, pemikiran, pandangan, analisis tentang suatu masalah atau peristiwa.

Soal “membaguskan” naskah tulisan, itu urusan editor. (Lihat: Teknik Editing).

4. Go Blogging!

Sarana berlatih menulis terbaik saat ini adalah blog. Buat Blog Sekarang! Blogging akan mengasah keterampilan menulis. Baca: Cara Membuat Blog.*

 



Buku Jadi Penulis Menulis

Related Post

Leave a reply