Pelatihan Podcast, Apa Materinya?

Pelatihan Podcast

UNTUK pertama kalinya, sejak podcast “booming” dalam dua tahun terakhir, saya dipercaya sebuah training organizer di Bandung untuk menjadi pemateri Pelatihan Podcast pada 26-27 Oktober 2020.

Pesertanya dari internal sebuah instansi tingkat Provinsi Jawa Barat.

Lembaga pemerintah mengadakan pelatihan podcast? Untuk apa?

Jangan salah. Kini podcast sudah menjadi alat humas dan pemasaran. Jadi, saya salut kepada lembaga tersebut yang sudah mau mengikuti perkembangan zaman; mau mengikuti trend podcasting dan memanfaatkan sebagai “tools” atau atau media kehumasan dan pemasaran.

Saya pernah juga “tak sengaja” menemukan video pelatihan podcast di Youtube. Lagi-lagi penyelenggaranya sebuah lembaga.

Baca Juga

Pemerintah melalui Siber Kreasi juga mengadakan kelas khusus podcast. Dilansir medcom, Kemenkominfo mendukung Pelatihan Podcast untuk 5 ribu reserta itu.

Pelatihan Podcast ini diharapkan membuat masyarakat giat menghasilkan konten positif dan mendidik.

Selain itu, podcasting juga bisa menjadi alternatif untuk menambah penghasilan dan mengembangkan wirausaha online –menjalankan bisnis online atau technopreneur, sebagaimana halnya blogging.

Data Podcast Insight menyebutkan lebih dari 30 juta episode podcast di seluruh dunia per April 2020.

Sebanyak lebih dari 40 persen responden mendengar podcast saat di rumah dan di perjalanan. Hal itu peluang mendapatkan alternatif penghasilan.

Indonesia merupakan jumlah pendengar podcast terbanyak di Asia Tenggara. Diprediksi, akan ada 2,2 miliar pendengar podcast per bulan di tahun 2024.

Podcast merupakan sarana berbagi pengalaman dan pendidikan dengan media audio. Budaya dengar dan malas baca yang masih kuat di Indonesa mendukung perkembangan podcast.

Budaya bertutur, berkisah, atau “ngomong” menjadi modal bagi munculnya podcaster-podcaster baru. Podcasting relatif tidak memerlukan keahlian khusus yang berat. Podcaster pemula hanya perlu tahu “pintu masuk” untuk menjadi konten kreator bisang audio ini.

Podcasting Itu Blogging Juga!

Podcasting itu hakikatnya ngeblog juga, namun postingnya berupa audio atau suara.

Bahkan, berbeda dengan blogging yang memerlukan keterampilan menulis dan teknis posting, podcast bisa dibuat dengan lebih mudah dan cepat.

Hanya berbekal HP atau smartphone, setiap orang bisa membuat podcast. Misalnya, unduh aplikasi Anchor, bikin akun, dan… rekam! Semudah itu.

Sebelum menyimak materi pelatihan podcast apa saja, dengerin dulu ini ya. Jangan lupa follow 🙂

Proses Podcasting: Materi Pelatihan Podcast

Berikut ini gambaran peoses membuat podcast. Ini pula gambaran materi pelatihan podcast yang saya sampaikan pada pelatihan.

proses podcasting

Dari gambar di atas, proses podcasting itu sebagai berikut:

  1. Speaking
  2. Recording
  3. Editing
  4. Uploading’
  5. Promoting

Speaking

Ini aktivitas utama atau inti podcast: berbicara. Tentu, tidak asal bicara. Anda harus menentukan topik, format, jadwal, platform, dan durasi.

Naskah (script) juga perlu disiapkan agar pembicaraan fokus dan lancar. Naskah juga yang bisa membantu kelancaran public speaking dan siaran radio.

Inilah yang akan dibahas dalam pelatihan podcast:

  • Bagaimana menentukan topik?
  • Apa saja format podcast?
  • Durasi ideal podcast berapa menit?
  • Bagaimana struktur podcast?
  • Apa itu intro, outro, bumper in/tune in, backsound, sound effect?
  • Bagaimana menulis naskah siaran podcast?
  • Bagaimana ngomongnya?

Dalam tahap speaking, saya bahas juga bahwa podcasting itu hakikatnya siaran radio. Karenanya, saya bagian pula ilmu dan keterampilan siaran radio, khususnya soal Gaya Siaran Radio PT Style.

Recording

Setelah siap berbicara, maka siapkan alat rekam dan lakukan rekaman! Dalam proses rekaman ini, hal-hal yang perlau diperhatikan antara lain:

  • Alat rekam apa saja yang diperlukan?
  • Perlukah mikrofon dan headphone/earphone?
  • Bagaimana tempat rekaman/ruang rekaman yang bagus?
  • Haruskah di Studio Podcast khusus?

Editing

Usai rekaman, sebaiknya lakukan editing audio. Hal ini agar audio jernih, jelas, dan pembicaraan mengalir, tanpa gangguan suara tidak perlu.

  • Bagaimana mengedit hasil rekaman?
  • Software apa yang mudah digunakan?
  • Apa saja yang diedit?
  • Bagaimana menyisipkan musik atau efek suara?

Uploading

Selesai edit audio, unggah file audio hasil edit ke platform podcast, seperti Anchor dan Soundcloud.

Dalam uploading, selain platform, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Nama Podcast
  • Nomor Episode
  • Judul Episode
  • Deskripsi Episode
  • Cover Art atau gambar/foto identitas podcast.

Contoh halaman podcast saya di Anchor

romeltea podcast anchor

Link

Promoting

Selesai upload, langkah berikutnya adalah mempromosikan podcast kita agar didengarkan banyak orang.

Promosi podcast adalah sesuatu yang ada di benak banyak podcaster, bahkan sebelum mereka meluncurkan episode pertama mereka.

Benar bahwa cara terbaik untuk meningkatkan jumlah pendegar atau follower/subscriber adalah dengan membuat konten yang bagus. Tapi jarang sesederhana itu.

Jika Anda tidak pernah melakukan promosi podcast apa pun, kemungkinan besar acara Anda tidak akan memenuhi potensi sebenarnya.

Promosi podcast bisa dilakukan di bog/website, media sosial, dan WhatsApp (WA). Tips lengkap promosi podcast antara lain ada di laman The Podcast Host, Buffer, dan Castos.

Kesimpulan

Materi Pelatihan Podcast meliputi pemahaman atau pengetahuan (knowlegde) dan keterampilan (skills). Pelatihan juga disertai praktik langsung, mulai teknik vokal hingga membuat episode podcast.

  • Pemahaman podcast a.l. meliputi pengertian, sejarah, kelebihan dan kekurangan, format, durasi, komposisi, dan platform.
  • Keterampilan podcasting tidak jauh berbeda speaking skills pada umumnya, termasuk teknik siaran radio, public speaking, dan komunikasi lisan secara umum.

Penguasaan alat podcast juga diperlukan bagi kelancaran membuat podcast.

Anda mau mengadakan Pelatihan Podcast? Kontak saya! Jika butuh studio podcast atau peralatan lengkap, kontak saja Katalisnet. Saya juga ada di sana. Wasalam.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *