Pengertian Berita Daring, Online News, eNews

  • Whatsapp

Berita daring (online news) adalah berita yang tersaji secara online di internet dengan berbagai format. Berita online adalah produk jurnalistik online.

berita online

Berita daring juga disebut enews atau e-news. Menurut Cambridge Dictionary, e-news adalah berita yang dipublikasikan melalui internet (news that is published over the internet).

Kini eranya berita daring. Media cetak (surat kabar, tabloid, majalah) berguguran –hanya beberapa yang bertahan, seiring bermunculannya situs berita (news site), media siber (cyber media), atau surat kabar daring (online news paper).

Di Amerika Serikat, menurut survei Pew, sembilan dari 10 orang dewasa (93%) mengakses berita daring melalui smartphone ataupun laptop.

Pengertian Berita Daring

Berita daring atau berita online adalah jenis baru berita setelah berita yang tersaji di media cetak (koran, majalah) berupa teks dan gambar dan di media penyiaran (radio, televisi) berupa audio dan video.

Baca Juga

Berita online adalah segaja jenis berita yang disebarkkan secara online dalam bentuk teks, audio, video, dan live streaming. Berita online bisa memadukan teks, audio, dan video (multimedia).

Berita online adalah fenomena baru dunia jurnalistik. Berita online mulai eksis sekitar pertengahan tahun 1990-an dengan berkembangnya internet dan website (world wide web).

Berita online sudah pertama kali muncul pada awal 1980-an. Tahun 1983, grup koran Knight – Ridder dan AT&T meluncurkan revolusi eksperimennya untuk membawa orang-orang menjelajahi informasi lewat komputer mereka sendiri.

Sebuah layanan teks video, yaitu Viewtron, menjadi pelopor media online news.

MB Salwen dkk dalam Online news and the public (London: Routledge, 2005) menyebutkan, jurnalistik masa depan ditemukan di internet dan suatu hari online news akan menjadi mainstream journalism (jurnalistik utama) karena World Wide Web dibuktikan dapat mentransformasikan kebudayaan, bahasa, dan informasi.

Perkembangan pesat dari online news ini disinyalir karena online news menawarkan isi (content), teknologi (technologies), dan distribusi (distribution).

Berikut ini pengertian berita online menurut Salwen:

  • Edisi online sedikit lebih dari versi elektronik dari surat kabar induk
  • Sebagai hibrida dari koran cetak dan konten asli.
  • Beberapa situs berita online mengandung sejumlah besar konten asli yang dibuat oleh staf terpisah.
  • Digunakan sebagai sumber berita dan informasi yang sedang melebar untuk memenuhi kebutuhan
  • Surat kabar online harus menganggap diri mereka sebagai situs web independen layanan lengkap
  • Berita online sebagai situs harus bekerja dengan tenggat waktu 24 jam dan memperbarui konten secara berkala dan teratur
  • Karena reseller, konten asli dapat berupa laporan investigasi eksklusif atau laporan lainnya yang tidak dipublikasikan dalam edisi cetak koran atau di mana pun.
  • Sebagai reseller, konten asli juga dapat menjadi laporan pertama berita terkini yang dicetak di koran tradisional
  • Sebagai bahan pelengkap yang menambah cerita di koran cetak mungkin juga dianggap konten asli

Berita Online (online news) adalah tahap penting bagi konvergensi media (media convergence).

Berita online memiliki potensi untuk memanfaatkan berbagai fitur baru dari dunia pencampuran komunikasi media digital, di antaranya audio, video, animasi, dan peningkatan kontrol pengguna (user control).

Kelebihan dari online news ini adalah beritanya yang selalu diperbaharui secara berkelanjutan (continuous updates), memiliki interaktivitas, hypertext, dan multimedia.

Keunggulan Berita Daring

Keunggulan berita daring dibandingkan berita di media cetak dan penyiaran antara lain kecepatan, tautan (link), dan interaktif, sebagaimana karakteristik media online.

Keunggulan utama media atau berita daring adalah kecepatan dan kebaruan yang terjaga sepanjang waktu. Beritanya tidak pernah basi. Reporter juga dapat mengirimkan berita dalam jumlah yang tak terbatas ke bank data medianya.

Meskipun pada akhirnya editor yang akan menentukan berita mana yang akan diunggah, tetap saja hal ini menjamin ketersediaan dan keragaman konten dalam bank data.

Model berita daring juga sangat berperan dalam penghematan biaya produksi. Versi cetak selalu ada kemungkinan eksemplar yang dicetak tidak habis terjual, perlu anggaran khusus untuk tinta, cetak, dan kertas.

Berita daring hanya memerlukan koneksi internet. Pengelolaan berita daring juga relatif mudah dan hemat tenaga.

Berita yang diunggah diklasifikasikan dalam beragam kategori, label, atau tag yang bebas diakses secara gratis oleh pembaca, kapan dan di mana saja, dengan menggunakan gawai (gadget) smartphone, tablet, ataupun komputer.

Proses berita daring juga lebih cepat dan mudah dalam konsep yang disebut jurnalisme seluler (mobile journalism).

Kecepatan di satu sisi merupakan keunggulan utama berita daring. Namun, di sisi lain kecepatan tak jarang mengabaikan akurasi pemberitaan. Karenanya, dari sisi akurasi, media cetak lebih kredibel.

Dikutip dari Wikipedia, pemberitaan daring sering mengorbankan aspek konfirmasi yang termasuk poin penting dalam karya jurnalistik.

Kelemahan lainnya, berita daring hanya bisa diakses melalui gawai plus koneksi internet. Karenanya, akses berita daring masih terbatas bagi sebagian kalangan, terutama kalangan menengah atas dan di perkotaan.

Kondisi sosial, ekonomi, dan demografi Indonesia belum memungkinkan seluruh lapisan masyarakat memiliki akses yang setara terhadap berita daring. Ini menjadi salah satu faktor media cetak dan radio masih menjadi sumber berita bagi sebagian kalangan.

Baca Juga: Pengertian Berita

Format Berita Daring

Di media cetak, berita disajikan dalam format teks dan gambar. Di media penyiaran, berita disajikan dalam bentuk audio-visual atau video.

Format berita daring bisa multimedia, perpaduan teks, gambar, suara, dan video. Karenanya, jurnalis online bisa memilih format berita paling efektif untuk menyampaikan laporan hasil liputannya. Bisa jadi, format gambar atau video lebih efektif dan menarik ketimbang teks (tulisan).

Salah satu kelebihan berita daring yang tidak ada di media konvensional adalah tautan (link) atau hipertaut (hyperlink) yang memperkaya data. Link menjadi keunggulan utama berita daring dan media online.

Link juga merupakan salah satu faktor SEO yang membuat berita daring tampil di halaman hasil pencarian. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Artikel Terkait

Leave a Reply