Pengertian Berita

  • Whatsapp

Apa sebenarnya berita? Berikut ini pengertian berita secara bahasa dan istilah dalam konsep jurnalistik. Dengan memahami pengertian berita, kita akan menulis berita dengan benar –sesuai dengan kaidah jurnalistik.

cara menulis teras berita

BERITA adalah salah satu produk atau karya jurnalistik, selain feature dan artikel. Secara umum, berita adalah informasi tentang peristiwa yang terjadi.

Mencari bahan berita kemudian menyusunnya merupakan tugas pokok wartawan dan bagian redaksi sebuah penerbitan pers (media massa).

Berita merupakan sajian utama media massa, baik media cetak (surat kabar/koran, tabloid, majalah), media elektronik atau media penyiaran (radio dan televisi), maupun media siber (media online, situs berita, portal berita).

Berita menampilkan fakta, tetapi tidak setiap fakta merupakan berita. Berita biasanya menyangkut orang-orang, yaitu apa yang dilakukan dan/atau dikatakan, tetapi tidak setiap orang bisa dijadikan berita.

Baca Juga

Berita merupakan rekonstruksi peristiwa yang terjadi di dunia, tetapi hanya sebagian kecil yang dilaporkan atau diberitakan.

Asal-Usul Istilah Berita

Kata atau istilah “berita” berasal dari kata dalam bahasa Sanskerta, vrit, yang artinya “ada” atau “terjadi”, dan vritta yang artinya “kejadian” atau “peristiwa”.

Berita dalam bahasa Inggris, berita disebut news.  Kata news berasal dari kata new yang artinya “baru” –merujuk pada karakteristik berita sebagai informasi peristiwa yang baru terjadi atau hal baru bagi pembaca.

News juga dipahami sebagai singkatan dari empat arah mata angin: north, east, west, south —merujuk pada isi berita berupa informasi peristiwa dari semua penjuru dunia.

Pengertian Berita secara Bahasa

Secara bahasa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita adalah laporan tercepat mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.

Masih menurut KBBI, berita juga berarti kabar, laporan, pengumuman, atau pemberitahuan.

Dalam bahasa Inggris, kamus The Oxford Paperback Dictionary mengartikan berita (news) diartikan sebagai “informasi tentang peristiwa terbaru”.

Demikian pula kamus Merriam-Webster menyebutkan, news artinya antara lain:

  • a report of recent events (laporan kejadian terbaru)
  • material reported in a newspaper or news periodical or on a newscast (materi yang dilaporkan di koran atau berita berkala atau di siaran berita).

Pengertian Berita secara Istilah

Dalam buku Jurnalistik untuk Pemula, saya menulis, tidak ada rumusan tunggal mengenai pengertian berita.

Bahkan, “News is difficult to define, because it involves many variabel factors,” kata Earl English dan Clrarence Hach. Berita sulit didefinisikan, sebab ia mencakup banyak faktor variabel.

“Berita lebih mudah dikenali daripada diberi batasannya,” menurut Irving Resenthall dan Marton Yarmen.

Namun demikian, banyak pengertian berita secara istilah yang dikemukakan praktisi dan akademisi.

Dalam buku Here’s the News yang dihimpun Paul De Maeseneer, berita didefinisikan sebagai informasi baru tentang kejadian yang baru, penting, dan bermakna (signifikan), yang berpengaruh pada para pendengarnya serta relevan dan layak dinikmati  oleh mereka.

Doug Newson dan James A. Wollert dalam Media Writing: News for the Mass Media mengemukakan, dalam definisi sederhana, berita adalah apa saja yang ingin dan perlu diketahui orang atau lebih luas lagi oleh masyarakat.

Dikutip Dja’far H. Assegaff dalam Jurnalistik Masa Kini (1983), berikut ini pengertian jurnalistik menurut para ahli:

  1. Lyle Spencer dalam buku News Writing menyebutkan, berita adalah kenyataan atau ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.
  2. Williard C. Bleyer dalam buku Newspaper Writing and Editing mengemukakan, berita adalah sesuatu yang termasa yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar karena dia dapat menarik minat atau mempunyai makna bagi pembaca surat kabar, atau karena dia dapat menarik para pembaca untuk membaca berita tersebut.
  3. William S. Maulsby dalam buku Getting in News menulis, berita dapat didefinisikan sebagai suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta-fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang menarik perhatian para pembaca surat kabar yang memuat berita
  4. Eric C. Hepwood: berita adalah laporan pertama dari kejadian yang penting dan dapat menarik perhatian.
  5. Mickhel V. Charniey: berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.

Berbagai pengertian berita pada intinya merujuk pada informasi atau laporan tentang peristiwa terbaru, menarik, dan penting diketahui publik.

Di halaman berikutnya saya bahas nilai berita, unsur berita, struktur berita, jenis-jenis berita, dan kode etik penulisan berita.

 

Artikel Terkait

Leave a Reply