Pengertian Blog, Blogger, dan Blogging

Blog atau website log (weblog) merupakan salah satu media baru (new media) yang muncul seiring dengan kehadiran internet. Posting berikut ini membahas pengertian blog, blogger, dan blogging atau ngeblog dan manfaatnya.

Pengertian Blog Blogger Blogging

BAGI yang sudah aktif ngeblog, pengertian blog, blogger, blogspot, dan blogging bukan saja sudah paham, tapi juga sudah dilakukan atau dialami.

Namun, data “maksud pencarian” (search intent) Google menunjukkan, masih banyak yang mencari pengertian blog, blogger, blogspot, dan blogging dengan kata kunci “blog adalah”, “blogger adalah”, dan “blogspot login”.

Postingan berikut ini membahas apa itu blog, fungsinya, macam macam atau jenis blog, sejarah, serta apa perbedaan antara blog, web blog, atau website, sekaligus pengertian blogger, blogspot, dan blogging.

Baca Juga

pengertian dan sejarah blog

Pengertian Blog

Kata atau istilah blog merupakan singkatan dari website log atau web log. Jadi, istilah blog sebenarnya berakar kata log yang artinya:

  1. batang kayu, kayu bundar/gelondongan.
  2. buku harian (pada kapal atau pesawat terbang).
  3. menempuh
  4. (to record) mencatatkan dalam buku harian.

Yang dimaksud log dalam kata web log adalah pengertian nomo 2 dan nomor 4, dengan catatan “buku harian” dimaksud adalah “buku harian online” (online diary) berupa halaman situs web (web page) di internet.

Di sebut log karena blog biasanya berisi catatan layaknya buku harian pada zaman dulu berisi curahan hati (curhat), pemikiran, ide, gagasan, pengalaman, keluh-kesah, keinginan, impian, dll.

Dalam kamus Merriam-Webster, blog diartikan sebagai:

  • a website that contains online personal reflections, comments, and often hyperlinks, videos, and photographs provided by the writer (situs web yang berisi refleksi pribadi online, komentar, dan seringkali hyperlink, video, dan foto yang disediakan oleh penulisnya).
  • a regular feature appearing as part of an online publication that typically relates to a particular topic and consists of articles and personal commentary by one or more authors. (fitur reguler yang muncul sebagai bagian dari publikasi online yang biasanya berkaitan dengan topik tertentu dan terdiri dari artikel dan komentar pribadi oleh satu atau lebih penulis).

Istilah blog sudah diadopsi menjadi kata dalam bahasa Indonesia. Kata ini sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI, blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja.

Dari berbagai pengertian atau definisi blog yang bisa kita temukan via Googling, umumnya ada kata-kata “tulisan yang tampil dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama)”, meskipun tidak selamanya demikian.

Salah satunya mengatakan: “A blog is a type of website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry) at the top of the main page to the older entries towards the bottom”.

(Blog adalah jenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan kronologis dari ‘posting’ (atau entri) terbaru di bagian atas halaman utama hingga entri lama di bagian bawah).

Pengertian blog paling umum dan mudah dipahami adalah definisi dari laman Computer Glossary of Terms yang mencantumkan tiga istilah sekaligus: blog, blogging, dan blogger:

 From “Web log.” A blog is basically a journal that is available on the web. The activity of updating a blog is “blogging” and someone who keeps a blog is a “blogger.”

(Dari“ Log web ”. Blog pada dasarnya adalah jurnal yang tersedia di web. Aktivitas memperbarui blog disebut “ngeblog” dan seseorang yang membuat blog disebut “blogger”).

Dengan demikian, bisa dikatakan blog adalah catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan pribadi seorang blogger (pemilik blog) tentang apa saja yang ia alami, rasakan, dan ketahui atau sekadar mengoleksi gambar, video, dan link halaman website.

Bisa juga catatan itu tentang topik tertentu, dikenal dengan istilah niche blog, yaitu blog yang berisi tema tertentu, misalnya blog kesehatan, blog pendidikan, blog sepakbola, dan sebagainya.

Pengertian Blogging dan Blogger

Seperti disebutkan Computer Glossary of Terms, blogging adalah aktivitas membuat dan mengelola. Dalam bahasa percakapan, blogging sering disebut “ngeblog”.

Orang yang “ngeblog” disebut blogger (Inggris) atau bloger (Indonesia). “Blogêr adalah sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog” (KBBI).

Blogger juga nama platform blog milik Google dengan alamat www.blogger.com atau www.blogspot.com. Jadi, blogspot adalah platform blog gratis milik Google dengan alamat blogger.com.

blogger

Pengertian blogging dengan baik dirumuskan First Site Guide sebagai berikut:

Blogging is the set of many skills that one needs to run and control a blog. Equipping web page with tools to make the process of writing, posting, linking, and sharing content easier on the internet.

(Blogging adalah sekumpulan banyak keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan dan mengendalikan sebuah blog. Melengkapi halaman web dengan alat untuk membuat proses penulisan, posting, menautkan, dan berbagi konten lebih mudah di internet).

blogging

Perkembangan Blogging

Dari pengertian awal blog sebagai catatan harian pribadi, kini blog berkembang menjadi media online untuk kepentingan yang beragam.

Blog bisa dimanfaatkan sebagai toko online, sarana bisnis online, marketing online, hingga menjadi website resmi instansi/lembaga atau organisasi.

Banyak pula portal berita atau situs berita yang dasarnya sebuah blog. Dengan menggunakan template, desain, atau tampilan seperti situs berita, sebuah blog bisa menjadi sebuah situs berita yang banyak pembacanya.

Blog dan blogger juga memunculkan konsep sekaligus strategi pemasaran modern atau internet marketing yang disebut business blogging, corporate blogging, dan content marketing.

Fungsi Blog

Fungsi blog cukup banyak, mulai dari ekspresi diri, latihan menulis, berbagi pengalaman dan pengetahuan, membantu orang lain, belajar SEO, bisnis onlne, termasuk untuk personal branding.

Laman Income Diary menyebutkan 20 manfaat blogging sebagai berikut:

  1. Membantu Anda Mendapatkan Pekerjaan yang Lebih Baik
  2. Memulai Bisnis Baru
  3. Mendapatkan Lebih Banyak Klien untuk Bisnis Anda Saat Ini
  4. Menjadi Penulis yang Lebih Baik
  5. Menjadi Penulis yang Diterbitkan
  6. Dapatkan Umpan Balik Segera
  7. Pelajari Lebih Lanjut Tentang Sekelompok Orang
  8. Dapatkan Pengaruh
  9. Tetapkan Diri Anda sebagai Pakar
  10. Bangun Jaringan
  11. Mempelajari Keterampilan sesuai Permintaan
  12. Tingkatkan SEO Anda
  13. Kumpulkan Email
  14. Tetap Berpengetahuan di Bidang Anda
  15. Menjual Produk
  16. Berbicara dengan Idola
  17. Ekspresi diri
  18. Membantu Orang Lain
  19. Membangun Kepercayaan Online
  20. Mengendalikan Identitas Online

Elemen Blog/Blogging

Blog terdiri dari tiga elemen, yaitu platform, desain, dan konten.

1. Platform

Platform yaitu situs web tempat membuat blog gratis. Terpopuler adalah Blogger dan WordPress. Ada juga platform blog dengan format media sosial, seperti Kompasiana dan Medium.

2. Desain

Desain yaitu tampilan atau layout blog yang dikenal dengan template atau tema. Desain blog di Blogger/Blogspot bisa kita pilih dan atur sendiri. Template blog sangat banyak! Silakan cek: Template Blog Terbaik.

Demikian pula desain blog di WordPress. Pilihan desainnya sangat banyak, mulai dari yang simple hingga magazine style dengan tata letak beragam di halaman depan (homepage).

Umumnya struktur desain atau template blog, juga desain website pada umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Header: bagian blog yang terletak paling atas. Bisanya elemen untuk menampilkan logo dan/atau nama blog.
  2. Navigasi Menu: terletak di bawah header berisi kategori/label atau “rubrik” blog.
  3. Main Area/Body: bagian utama blog yang berisi artikel atau konten blog yang disebut “postingan” (blog post).
  4. Sidebar: elemen yang terletak disamping main area, di kanan atau kiri atau keduanya. Bagian sidebar umumnya menampilkan kotak pencarian, postingan terpopuler, posting terbaru, kategori/label, dll.
  5. Footer: bagian blog paling bawah. Umumnya memuat informasi singkat tentang blog, mulai dari tentang (about), kontak, disclaimer, copyright, dll.

elemen desain template blog

3. Konten

Konten (content) adalah sebutan bagi isi blog atau website. Konten blog disebut juga posting atau postingan (blog post). Konten blog bisa berupa teks (tulisan), foto/gambar, audio, video, infografis, animasi.

Selain postingan, ada juga halaman (page) –sering disebut “halaman statis” (static page), seperti halaman “tentang” (about), kontak (contact), disclaimer/privacy policy, dan daftar isi atau “sitemap” (peta situs).

Jenis Jenis Blog

Laman Wikipedia mencantumkan jenis-jenis blog sebaga berikut:

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
  • Blog gaya hidup (lifestyle): Berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia maya
  • Blog parenting: Berisi cerita/ tema seputar menjadi orang tua dan pengalaman mengasuh anak
  • Blog militer: Berisi tentang tema seputar dunia militer, alutsista, analisa pertahanan suatu negara.

Kesimpulan

Blog adalah website pribadi (personal website) baik yang dibuat secara gratis di Blogger, WordPress (WP), atau platform blog gratis lainnya.

Meski demikian, blog juga bisa dibuat menjadi situs berita, situs lembaga, atau website organisasi.

Blog di blogger memiliki subdomain blogspot.com atau blogspot.co.id, misalnya http://romelteamedia.blogspot.com. Blog di WordPress contohnya romeltea.wordpress.com (gratis domain + hosting) atau romeltea.com (self hosted/nama domain dan hosting sendiri/sewa/berbayar).

Nama blogspot dapat dihilangkan dan diubah menjadi nama domain sendiri dengan cara sewa domain dan lakukan Custom Domain. Anda bisa membeli nama domain di provider domain seperti Niagahoster.

Blogger adalah pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola blog. Blogger juga berarti platform blog gratis milik google, yakni www.blogger.com, dengan subdomain .blogspot.com.

Blogging adalah aktivitas nge-blog, yaitu membuat dan mengisi blog dengan tulisan, gambar, video, atau konten multimedia. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog.

Blogspot adalah subdomain alamat blog di platform blogger. Jika dibuka di Indonesia, maka alamatnya menjadi blogspot.co.id. Di Hongkong, alamatnya menjadi .blogspot.hk, di Jepang menjadi blogspot.jp, di India menjadi blogspot.in, dan sebagainya.

Demikian pengertian blog, blogger, blogging. Siap ngeblog? Belum punya blog? Silakan go blogging! Baca: Cara Membuat Blog. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *