Pengertian, Sejarah, dan Dasar-Dasar Internet

2574 views

Internet merupakan bagian dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Internet merupakan jaringan komunikasi komputer terbesar di dunia.

Internet memiliki jutaan jaringan domestik, akademik, bisnis, dan pemerintah yang lebih kecil, yang bersama-sama membawa berbagai jenis informasi.

Istilah internet kadang-kadang disingkat “net”. World Wide Web adalah salah satu layanan terbesarnya. Ini digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia.

internet

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit (KBBI).

Internet –kependekan dari interconnection-networking– adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”) (Wikipedia).

Berikut ini Pengertian Internet Menurut Para Ahli:

Onno Purbo (dalam Prihatna, 2005): internet pada dasarnya adalah suatu media yang dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang disambungkan lewat berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, E-mail.

Oetomo (2002): internet adalah singkatan atau akronom dari international network, yang didefinisikan juga sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, terdiri dari beberapa jaringan kecil saling terhubung satu sama lain.

Supriyanto (2006): pengertian internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang punya sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda, dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang memakai protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Harjono (2009): internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan bisa mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer bisa saling terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.

Ramdhani (2003): internet adalah suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang bisa menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.

Sibero (2011): internet atau juga yang merupakan kependekan dari Inter-connected Network adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global.

Sejarah Internet

Sejarah internet bisa disimak di History of Internet. Sejarah internet dimulai tahun 1957 Uni Soviet meluncurkan Sputnik ke luar angkasa. Sebagai tanggapan, Amerika Serikat menciptakan Advanced Research Projects Agency (ARPA) dengan misi menjadi kekuatan terdepan dalam sains dan teknologi baru.

Menurut Drew Heywood (1996), internet adalah istilah teknologi yang muncul mulanya pada akhir tahun 60-an, yaitu pada saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan suatu standar baru dalam melakukan komunikasi internetworking.

Di tahun 1960-an, Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat lewat Advanced Research Projects Agency yang disingkat juga sebagai ARPA merintis suatu sistem jaringan bernama ARPANET.

ARPANET adalah asal-mulanya sebelum terbentuk teknologi internet. Di tahun 1980-an, barulah internet mulai dipakai oleh kalangan terbatas dan menjalankan fungsinya dengan menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar dari TCP/IP sendiri mulai dipublikasikan ke publik di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai dipakai empat tahun setelahnya, tepatnya di tahun 1984. Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan di tahun 1986.

NSFNET inilah yang mulai menggantikan peranan dari ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional pada banyak negara akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET tersebut.

ARPANET kemudian diturunkan pada tahun 1990. Namun memang internet hasil pengembangannya itu sendiri tetap berkembang terus-menerus hingga sekarang ini. Dulu, informasi yang dapat dimiliki lewat internet cuma informasi yang berbasis teks.

Tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yang dikenal sebagai WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan lagi oleh CERN. Di tahun 1993, InterNIC pun didirikan agar bisa melayani pendaftaran nama domain dari publik.

Sejarah Internet di Indonesia dimulai tahun 1994 saat mulai beroperasinya IndoNet yang dikenal sebagai ISP komersial pertama Indonesia.

sejarah internet

Sejarah Internet. Sumber: SlideShare

Dasar-Dasar TIK Internet

Pengguna internet (user) harus memahami dasar-dasar internet –dalam pengertian praktis– antara lain sebagai berikut:

  • Komputer & HandPhone
  • Koneksi Internet (Internet Connections)
  • Penjelajah Web (Web Browser)
  • Mesin Pencari (Search Engine)
  • Website
  • Blog
  • Email
  • Media Sosial
  • Forum

Komputer & HandPhone

Komputer dan Handphone adalah perangkat untuk bisa mengakses internet. Komputer dan HP adalah produk teknologi informasi dan komunikasi.

Jenis-Jenis Komputer cukup banyak. Untuk kepentingan praktis, kita bagi saja menjadi tiga jenis komputer, yakni Komputer Meja (Dekstop), Komputer Portable (PC, Laptop, Notebook) dan Netbook (Laptop ukuran kecil), sebagaimana dalam gambar dari laman Computer Hope berikut ini:

 

jenis-jenis-komputer

HandPhone (HP), Cell Phone, atau Telepon Seluler saat ini lebih sering disebut SmartPhone atau tepon pintar. SmartPhone adalah HP dengan fitur canggih.

Evolusi HP hingga menjaid Telepon Pintar tergambar dalam gambar berikut ini:

jenis-jenis-handphone

 

Koneksi Internet

Koneksi internet adalah hubungan antara komputer dan internet –sering juga disebut  “jaringan internet”.

Telepon Seluler (HandPhone) atau  Telepon Seluler Pintar (SmartPhone) juga bisa disambungkan dengan internet.

Dengan demikian, untuk terhubung dengan internet –atau “internetan”– kita bisa menggunakan komputer (termasuk laptop, netbook, tablet) dan HP.

Penjelajah Web (Browser)

Penjelajah web, peramban web atau penelusur web (Inggris: Web Browser) adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. (Wikipedia)

Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan pengidentifikasi sumber seragam yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.

Penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari (Apple).

web-browser

Saya sendiri menggunakan tiga browser, yakni Chrome, Firefox, dan Operas. IE yang merupakan bawaan Windows hanya sesekali digunakan.

Mesin Pencari

google-yahoo-bingMesin Pencari atau Mesin Telusur (Search Engine) adalah adalah program yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.

Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.

Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.

Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya.

Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web.

Mesin pencari paling populer adalah GoogleYahoo!, dan Bing.

Mayoritas pengguna internet menggunakan Google sebagai mesin pencari, sebagaimana data dari Dean Info Tech berikut ini:

mayoritas-pengguna-google

Mayoritas pengguna internet membuka halaman web dari hasil pencarian di Google atau Yahoo. Berikut ini alurnya:

user-mesin-pencari-website

Dari sinilah munculnya Teknik SEO (Search Enginze Optimization) atau trik pengotimalan mesin pencari agar website mudah dan cepat diindeks mesin telusur sehingga ditemukan pengguna/pengunjung.

Website

domain-namesWebsite (situs web) adalah halaman web di internet yang berisi data atau informasi beruta teks (tulisan), gambar, suara, audio, dan video.

Sebuah situs web bisa diakses atau dikunjungi dengan mengetikkan alamat (url) di Browser, misalnya romeltea.com, yang disebut Nama Domain.

Nama-mana domain website antara lain .com, .org, .net, .co.id, atau .id yang disebut Top Level Domains (TLD) atau domain tingkat atas.

Elemen Domain terdiri dari tiga bagian: top-level domain (extension/domain suffix), nama domain (IP address), dan subdomain (optional) sebagaimana digambarkan MOZ berikut ini:

domain-description-image

Blog

platfrom-blogBlog termasuk website. Bedanya, blog biasanya dimiliki dan dikelola oleh pribadi. Karenanya, blog disebut juga situs web pribadi (personal web page).

Platform atau tempat membuat blog (gratis) antara lain Blogger, WordPress, Tumblr, Live Journal, Wix, dan Webbly. Terpopuler: Blogger dan WordPress.

Blog mudah dibuat. Selain sebagai “catatan harian online” (online diary), blog juga bisa difungsikan sebagai situs beria, situs organisasi, situs sekolah atau lembaga, juga situs bisnis atau toko online. (Baca: Cara Membuat Blog)

Media Sosial

media sosial - medsosMedia Sosial adalah media pergaulan sosial secara online atau di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking).

Jika kita mencari definisi media sosial di mesin pencari Google, dengan mengetikkan kata kunci “social media meaning”, maka Google menampilkan pengertian media sosial sebagai “websites and applications used for social networking” –website dan aplikasi yang digunakan untuk jejaring sosial.

Media sosial yang populer digunakan di Indonesia adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube.

Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), ada tiga media sosial yang paling banyak dikunjungi di Indonesia, yakni:

  1. Facebook (71,6 juta pengguna/54 persen).
  2. Instagram (19,9 juta pengguna/15 persen).
  3. YouTube (14,5 juta pengguna/11 persen).

Tiga besar media sosial tersebut juga sesuai dengan urutan situs terpopuler di kategori media sosial di Alexa, dengan urutan Youtube, Facebook, dan Instagram.

Email

emailEmail adalah singkatan dari electronic mail atau surat elektronik (surel).

Email merupakan sarana mengirim surat secara online atau melalui internet. Mengirim, menerima, dan membuka pesan email bisa dilakukan melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet.

Situs penyedia akun email gratis terpopuler adalah Yahoo, Gmail (Google Mail), dan Hotmail.

Email juga merupakan “tiket” untuk membuat akun di media sosial dan membuat blog.

Manifesto Internet

Silakan baca: Manifesto Internet

Etika Internet – Netiket

Silakan baca: Etika Komunikasi Internet

Demikian ulasan ringkas tentang pengertian internet, sejarah internet, dan dasar-dasar internet. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 



Dasar Internet etika internet Manifesto Internet Pengertian Internet TIK Internet

Related Post

Leave a reply