Pengertian EAT, Tiga Pilar SEO Website Terbaru

Pengertian EAT, Tiga Pilar SEO Website Terbaru

Para pakar SEO terus berusaha memahami kinerja dan algoritma mesin pencari Google. Pemahaman itu diperlukan untuk merumuskan penerapan SEO terbaik di website.

Karenya banyaknya faktor penentu peringkat dan tidak semua cara kerja Google bisa diungkap, maka para praktisi SEO berusaha mencari faktor terpenting. Salah satunya tiga pilar SEO web terbaru bernama EAT –singkatan dari Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness.

Ketifa pilar SEO ini dikemukakan dalam Pedoman Kualitas Pencarian terbaru Google: “… jumlah keahlian, otoritas, dan kepercayaan (E-A-T) sangat penting”.

Jadi, EAT ini tentang kualitas halaman web sekaligus menunjukkan konten masih menjadi raja (content is king). Konten berkualitas (quality content) belum tergeser di peringkat teratas dalam SEO.

Apa itu EAT?

EAT artinya makan. Tapi yang dimaksud EAT dalam SEO adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness atau Keahlian, Otoritas, Kepercayaan.

Baca Juga

EAT adalah prinsip yang digunakan penilai kualitas penelusuran Google untuk menentukan kualitas dan efektivitas hasil penelusuran.

Penilai kualitas adalah orang yang menentukan seberapa baik hasil pencarian Google memenuhi kebutuhan pengguna berdasarkan Pedoman Penilai Kualitas Pencarian.

1. Expertise

Expertise atau keahlian adalah keterampilan atau pengetahuan khusus yang diperoleh melalui pelatihan, studi, atau praktik.

Keahlian berarti memiliki tingkat pengetahuan atau keterampilan yang tinggi dalam bidang tertentu. Ini dievaluasi terutama di tingkat konten, bukan di situs web atau tingkat organisasi. Google mencari konten yang dibuat oleh pakar atau yang ahli di bidangnya.

2. Authoritativeness

Authoritativeness atau otoritas artinya tingkat kekuasaan, kendali dan/atau pengetahuan seseorang (atau sesuatu yang dimiliki).

Faktor otoritas adalah tentang reputasi, khususnya di antara pakar dan pemberi pengaruh lainnya di industri ini.

Sederhananya, ketika orang lain melihat individu atau situs web sebagai sumber informasi masuk tentang suatu topik, itu adalah otoritas.

3. Trustworthiness

Dapat dipercaya adalah kualitas seseorang atau sesuatu yang menginspirasi keandalan. Kepercayaan adalah tentang legitimasi, transparansi, dan keakuratan situs web dan kontennya.

Penilai mencari sejumlah hal untuk menilai kepercayaan, termasuk apakah situs web menyatakan siapa yang bertanggung jawab atas konten yang dipublikasikan.

Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness saling berkaitan. Keahlian memunculkan otoritas dan otoritas melahirkan kepercayaan.

Formulanya kira-kira begini: konten web Anda harus meyakinkan Google bahwa itu dibuat oleh ahlinya yang memiliki otoritas untuk mengulas suatu topik dan akhirnya kontennya terpercaya.

Contohnya web romeltea.com ini. Blog pribadi ini dikelola Romeltea. Ia praktisi media yang berpengalaman sebagai wartawan, penyiar, dan dosen komunikasi. Maka, Romeltea memiliki otoritas ketika membuat tulisan tentang komunikasi dan karenanya postingannya bisa dipercaya. Amin!

Cara Meningkatkan Otoritas

Untuk mengevaluasi otoritas, penilai menelusuri web untuk wawasan tentang reputasi situs web atau individu.

Google ingin mempromosikan konten yang ditulis oleh pakar resmi tentang topik tersebut. Berikut adalah tiga cara cepat untuk membantu Anda mengoptimalkan EAT.
  1. Identifikasi Penulis
  2. Permudah Google untuk mengetahui siapa yang menulis konten tertentu.
  3. Jika memungkinkan, rekrut atau bekerjalah dengan pakar yang sangat dihormati di bidang Anda.

Pastikan pengguna dapat dengan mudah menghubungi Anda (menggunakan formulir kontak atau alamat email). Jelaskan profil Anda di halaman About atau Profil.

Penilai kualitas Google diinstruksikan untuk melihat reputasi situs di luar situs. Penilai mutu Google melihat reputasi situs di luar situs.

Mereka memantau apa yang dikatakan orang online tentang situs Anda. Jika situs Anda memiliki reputasi untuk menerbitkan konten yang bermanfaat dan tepercaya, itu akan sangat membantu peringkat web Anda di hasil pencarian Google (SERP).

Google EAT SEO Checklist | Quattr Blog

Cara Meningkatkan EAT

Menurut SemRush, Anda tidak perlu merombak strategi SEO Anda untuk meningkatkan EAT. Berikut ini enam langkah praktis untuk meningkatkan E-A-T situs web Anda.

1. Buat Konten Berkualitas

Situs Anda harus menyediakan konten yang mengutamakan orang. Artinya konten yang menjawab pertanyaan, memberikan saran, dan membuat pembaca merasa puas.

Google menggandakan ini dalam “Pembaruan Konten Bermanfaat” yang dirilis pada Agustus 2022.

Fokus pembaruan adalah untuk memastikan konten adalah:

  • Asli
  • Bermanfaat bagi pengguna
  • Ditulis oleh orang, untuk orang

2. Berikan Info Penulis & Transparansi

Google ingin mengetahui bahwa orang yang menulis konten adalah sumber informasi yang sah.

Pastikan untuk membuat halaman Tentang Kami (About us) untuk memperkenalkan tim Anda (jika ada). Dan halaman penulis individu untuk menyorot penulis tertentu.

Halaman penulis membantu membangun transparansi dan E-A-T dengan menunjukkan kredensial penulis dan pekerjaan sebelumnya:

Anda juga dapat memanfaatkan keahlian penulis dengan menjadi kontributor situs resmi di ruang Anda.

Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tetapi cara yang bagus untuk memulai adalah dengan memposting tamu di situs yang relevan dan otoritatif dalam ceruk pasar Anda.

Terakhir, pekerjakan ahli saat Anda bisa. Jika Anda seorang pemilik usaha kecil atau tidak memiliki dana untuk melakukannya, paling tidak, pekerjakan penulis berbakat yang melakukan riset untuk membuat konten informatif.

Kiat pro: Minta pakar meninjau konten penulis Anda. Ini akan membantu Anda membangun kredibilitas dan menghindari kesalahan atau kesalahan informasi.

Misalnya, tim keuangan Anda belum tentu memiliki keterampilan membuat konten. Tetapi mereka dapat meninjau artikel terkait keuangan untuk akurasi atau memberikan penawaran.

3. Gunakan Sumber yang Kredibel

Saat membuat konten, sebaiknya langsung ke sumbernya untuk membangun kredibilitas. Sebutkan sumber atau referensi postingan Anda.

Selalu tautkan ke sumber resmi, studi, makalah penelitian, dll. Ini bahkan dapat mencakup tweet dan blog oleh pakar di bidangnya.

Sebaiknya gunakan juga sumber tepercaya. Ini mungkin berbeda berdasarkan bidang, tetapi dapat mencakup database akademik, publikasi berita (situs berita), atau situs pakar dan agensi yang sudah mapan.

4. Ciptakan Reputasi Merek yang Positif

Reputasi merek Anda dapat memengaruhi kepercayaan konten dan situs Anda secara keseluruhan.

Ini berarti Anda harus mengawasi ulasan negatif atau pers. Jika sesuatu muncul, tanggapi dengan cepat dan profesional.

5. Pantau & Manfaatkan Konten Buatan Pengguna

Konten buatan pengguna (User Generated Content/UGC) adalah semua jenis konten yang dibuat oleh konsumen atau pengguna situs web, bukan merek.

Jika digunakan dengan baik, konten UGC dapat berfungsi sebagai sinyal kepercayaan dan membangun loyalitas merek.

Misalnya, 79% pembeli online mengatakan bahwa UGC sangat memengaruhi keputusan pembelian mereka. Jadi, sangat penting untuk mendapatkan basis pelanggan Anda untuk mendukung merek Anda.

UGC mencakup gambar, testimonial video, ulasan produk, video YouTube, posting blog, dll.

Video Instagram oleh Whitney Anderson tentang sepatu Pashion Footwear-nya adalah contoh UGC yang bagus.

Menurut Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran Google, UGC dianggap sebagai MC (Main Content) atau Konten Utama yang merupakan “setiap bagian dari halaman yang secara langsung membantu halaman mencapai tujuannya.”

Pedoman menyatakan bahwa konten apa pun di halaman web dapat dikategorikan ke dalam tiga area:

  1. Konten Utama (Main Content, MC)
  2. Konten Tambahan (Secondary Content, SC)
  3. Iklan/Monetisasi (Advertisement).

Jadi MC—yang dapat mencakup UGC—jelas merupakan bagian penting dari gambaran tersebut.

Untuk toko online atau halaman di marketplace, Salah satu cara Anda dapat mengumpulkan UGC untuk meningkatkan E-A-T situs Anda adalah dengan meminta pelanggan yang senang untuk membagikan foto produk Anda dan menandai Anda.

Anda dapat meminta pelanggan untuk memposting tentang Anda di platform sosial dengan mengirimkan email cepat atau menjalankan kontes media sosial.

Meminta pelanggan (dan calon pelanggan) untuk memposting tentang Anda membuat Anda lebih terekspos. Dan meminta mereka untuk memberi tag Anda memberi Anda seluruh folder konten buatan pengguna yang dapat Anda bagikan di umpan Anda sendiri.

6. Bangun Backlink Resmi

Mendapatkan backlink dari situs tepercaya lainnya adalah bagian penting dari strategi SEO Anda. Plus, itu dapat menunjukkan bahwa bisnis Anda adalah otoritas di industri Anda.

Pikirkan backlink seperti dari mulut ke mulut. Anda mungkin akan lebih mempercayai merek yang direkomendasikan oleh seorang teman.

Demikian pula, Anda mungkin lebih percaya pada situs yang direkomendasikan oleh situs lain yang Anda percayai.

Bagian hebat lainnya tentang backlink? Mereka adalah bagian penting dari setiap strategi SEO. Sebagai aturan umum, semakin banyak backlink berkualitas tinggi yang Anda peroleh, semakin baik Anda berada di peringkat pencarian Google.

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink. Tapi awal yang baik hanyalah membuat konten yang bagus dan bermanfaat.

Berikut adalah beberapa hal spesifik yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan dengan mempertimbangkan pembuatan tautan (link):

  • Buat aset konten yang dapat ditautkan (misalnya, infografis atau panduan video yang bermanfaat)
  • Bagikan visual atau data menarik di media sosial (dan selalu sertakan tautan ke artikel Anda di pos tersebut)
  • Publikasikan penelitian asli yang mungkin ingin dikutip dan ditautkan oleh orang-orang
  • Buat panduan cara yang bermanfaat untuk topik di ceruk pasar Anda
  • Setelah Anda membuat konten yang dapat ditautkan, hubungi publikasi lain untuk mengetahui apakah mereka tertarik untuk menautkan ke karya Anda.

Demikian EAT sebagai pilar SEO web terbaru. Google menilai website berdasarkan kredibilitas, penulis, dan web itu sendiri. (Sumber: SemRush, Ahrefs).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *