Pengertian IT dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

179 views

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Anak IT” jadi trending topic di media sosial Twitter, Rabu (28/8/2019). Tanpa tagar, banyak Tweeps (pengguna Twitter) berkicau tentang Anak IT. Seperti biasa, cuitannya ada yang serius dan –kebanyakan– bernada humor.

Kenapa Anak IT trending? Mungkin, terkait dengan puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) di Bali, Rabu 28 Agustus 2019.

Harteknas sendiri diperingati tiap 10 Agustus, merujuk pada penerbangan perdana pesawat buatan anak bangsa N-250 Gatot Kaca (Ristek Dikti).

Pak Lurah di kelurahan tempat tinggal saya, sering menyebut saya sebagai “Pakar IT”. Sebabnya, saya membantunya dalam membuat website resmi kelurahan. Web itu menjadi salah satu pendongkrak penilaian sehingga kelurahan itu menjadi kelurahan terbaik.

Membuat website atau membuat blog termasuk keterampilan IT, khususnya IT Internet. Tapi kalau cuma bisa membuat blog atau website, rasanya berlebihan jika kemudian dijuluki pakar IT.

Apa sebenarnya IT? Apa pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Saya share hasil “riset online” saya berikut ini.

Pengertian TIK

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) sering disebut TI atau IT saja.

Menurut laman Techopedia, TIK/ICT mengacu pada semua teknologi yang digunakan untuk menangani telekomunikasi, media siaran, sistem manajemen bangunan cerdas, sistem pemrosesan dan transmisi audiovisual, dan fungsi kontrol dan pemantauan berbasis jaringan.

Information and communications technology (ICT) refers to all the technology used to handle telecommunications, broadcast media, intelligent building management systems, audiovisual processing and transmission systems, and network-based control and monitoring functions.

TIK adalah teknologi yang memroses atau mengolah dan memproduksi informasi serta menyebarluaskan atau mempublikasikannya, seperti komunikasi media.

Data Wikipedia menyebutkan, TIK adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

TIK terdiri dari dua istilah, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.

  1. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan denan proses manipulasi dan pengelolaan informasi. Contoh: komputer, kamera.
  2. Teknologi Komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima. Contoh: blog/website, SmartPhone/Handphone.

Jadi, kesimpilannya, TI adalah teknologi yang mengolah dan menghasilkan informasi, seperti komputer dan kamera, sedangkan Teknologi Komunikasi adalah teknologi yang mendukung penyampaian, penyebarluasan, atau publikasi informasi yang dihasilkan teknologi informasi tadi.

Sampai di sini, kiranya cukup jelas apa itu TI atau IT dan TIK. Contoh IT paling populer adalah komputer yang memproses teks dan kamera yang menghasilkan gambar/foto.

Pengertian Teknologi Informasi (IT) Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian IT/TI menurut para ahli atau akademisi.

  • Haag dan Keen (1996): teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan data/informasi.
  • Williams dan Sawyer (2005): teknologi informasi adalah setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi.
  • Oxford English Dictonary: teknologi informasi adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.
  • Martin (1999): teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

Fungsi IT

Enam fungsi Teknologi Informasi (TI) atau Information Technology (IT) berikut ini kian memahamkan kita tentang pengertian IT, TI, dan TIK.

  1. Menangkap (Capture)
  2. Mengolah (Processing). Mengolah/memproses data masukkan yang diterima untuk menjadi suatu informasi. Pengolahan atau pemrosesan dapat berupa pengubahan data ke bentuk lain (konversi), analisis kondisi (analisis), perhitungan (kalkulasi), penggabungan (sintetis), segalah bentuk data dan informasi.
  3. Menghasilkan (Generating). Menghasilkan atau mengorganisasi informasi dengan bentuk yang berguna. Contohnya laporan, grafik, tabel.
  4. Menyimpan (Store). Merekam atau menyimpan data dan informasi ke dalam suatu media untuk keperluan lainnya. Contohnya disket, hardisk, tape, compact disk dan sebagainya.
  5. Mencari kembali (Retrival). Menelusuri mendapatkan kembali informasi atau menyalin (copy) data dan informasi yang telah tersimpan, contohnya spplier yang sudah lunas, dan sebagainya.
  6. Transmisi (Transmission). Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain dengan melalui jaringan komputer. Contohnya mengirimkan data penjualan ke user A ke user lainnya, dan sebagainya.

Demikian Pengertian IT dan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bagaimana, Anda tertarik jadi “Anak IT”? Wasalam. (www.romeltea.com).

Referensi: Haryanto, Edy. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya;
Wahyudi, J.B. Teknologi Informasi dan Produksi Citra Bergerak, Jakarta, 1992; Sutarman, 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Penerbit Bumi Aksara : Jakarta; Tanudikusumah, Prof. Dr. R. Djajusman, Citra Komunikasi, Jakarta, 1984.

 



IT Teknologi Informasi Teknologi Komunikasi TIK

Related Post

Leave a reply