Pengertian Kapasitas dan Kapabilitas, Persamaan dan Perbedaannya

  • Whatsapp

kapabilitas vs kapasitas

POSTINGAN tentang pengertian kapasitas dan kapabilitas serta persamaan dan perbedaannya ini terinspirasi sebuah tema atau judul pelatihan online “Pengembangan Kapasitas Usaha”. Saya dipercaya menjadi salah satu pemateri atau pembicara.

Perhatian saya tertuju pada istilah “kapasitas”. Saya bertanya, kenapa tidak menggunakan istilah “kapabilitas”? Apa bedanya kapasitas dan kapabilitas?

Saya coba Googling. Rupanya istilah “kapasitas” sudah lazim digunakan dalam pelatihan bagi pelaku bisnis, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM). Cukup banyak pelatihan, juga berita, mengandung istilah “kapasitas usaha”.

Rupanya, ada sebuah program bernama “Pengembangan Kapasitas Usaha” –disingkat PKU– untuk kalangan pelaku usaha, khususnya UMKM.

Namun, saya masih penasaran, kenapa memilih istilah “kapasitas” (capacity) dan bukan “kapabilitas” (capability). Soalnya, pelatihan atau program PKU berintikan “peningkatan kemampuan mengembangkan usaha”, bukan “meningkatkan jumlah produk”.

Pengertian Kapasitas dan Kapabilitas

Mari kita buka kamus bahasa Indonesia. Berikut ini pengertian kapasitas dan kapabilitas Menurut KBBI,

  • kapasitas: ruang yang tersedia; daya tampung; daya serap (panas, listrik, dan sebagainya); keluaran maksimum; kemampuan berproduksi; kemampuan kapasitor untuk menghimpun muatan listrik (diukur dalam satuan farad)
  • kapabilitas: kemampuan atau kecakapan dalam melakukan sesuatu.

Anda menemukan persamaan dan perbedannya?

Mari buka kamus bahasa Ingris:

  • capacity: kb. (j. -ties) 1 kapasitas. 2 cakap. 3 daya muat/tampung, kapasitas. 4 daya tahan. 5 kekuatan. -ks. yang besar jumlahnya.
  • capability: kb. (j. -ties) 1 kesanggupan, kemampuan. 2 kemampuan, kecakapan.

Mulai jelas menemukan persamaan atau perbedannya?

Bagi saya, dalam konteks pelatihan bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuan berusaha lebih tepat menggunakan istilah kapabilitas ketimbang kapasitas.

Mari kita buka kamus bahasa Inggris yang sudah lazim menjadi rujukan, yaitu Oxford Advanced Leaner’s Dictionary:

  • capacity: the ability to produce, experience, understand or learn something
  • capability: the ability or power to do something

Lha, sama-sama “ability” (kecakapan, bakat, kemampuan, ketangkasan, kesanggupan).

Mari kita lihat contoh dalam kalimat.

Kapasitas:

  • Kapasitas bus; kapasitas stadion, kapasitas gedung (daya tampung)
  • Kapasitas sebagai dosen; kapasitas sebagai dokter, kapasitas sebagai lurah.

Kapabilitas:

  • Kapabilitas sebagai dosen; kapabilitas sebagai dokter; kapabilitas sebagai lurah

Mari kita liat perbedaan pengertian kapasita dan kapabilitas menurut Grammarist:

  • Kapasitas merupakan suatu bawaan (terlahir)
  • Kapabilitas merupakan bentuk dari extremes of ability‘ –kemampuan lebih spesifik dengan tingkat kemahiran yang lebih dari sekadar “mampu”.

Nah lho, makin jelas atau kian membingungkan?

Mari kita simak penjelasannya.

Kemampuan (ability), kapabilitas (capability), dan kapasitas (capacity) adalah sinonim dalam banyak penggunaannya. Semua sering digunakan untuk merujuk pada kekuatan seseorang untuk melakukan suatu tindakan.

Misalnya, seseorang mungkin memiliki kemampuan, kapabilitas, atau kapasitas untuk membaca dua buku dalam seminggu. Tetapi kapasitas — yang diperluas secara kiasan dalam arti yang sama dengan kata kerja lain — memiliki kegunaan khusus yang tidak dibagikan dengan yang lain.

Ini cenderung berhubungan dengan volume dan kuantitas; misalnya, dalam kalimat, “Kapasitas bahan bakar kendaraan adalah 120 galon”, kapasitas mengacu pada ukuran kemampuan kendaraan untuk menahan dan tidak dapat dipertukarkan dengan dua kata kerja lainnya. “Kemampuan bahan bakar kendaraan” tidak terdengar benar.

Perbedaan lain yang umumnya ditarik antara kemampuan dan kapasitas menyatakan bahwa, pada manusia dan hewan, kapasitas adalah bawaan sejak lahir, sedangkan kemampuan dipelajari.

Misalnya, seorang anak mungkin lahir dengan kapasitas menjadi seorang chef, tetapi kemampuan memasak harus dipelajari.

Kapabilitas  sering mengacu pada “kemampuan yang ekstrim”. Misalnya, jika Anda mengatakan Anda memiliki kemampuan menulis dengan baik, saya mungkin bertanya apakah Anda memiliki kemampuan untuk menulis esai 10 halaman besok.

Kapabilitas vs Kapasitas
Kapabilitas vs Kapasitas (Sumber)

Itu dia Pengertian Kapasitas dan Kapabilitas serta persamaan dan perbedaannya. Wasalam.*

 

Artikel Terkait

Leave a Reply