Pengertian Komunikasi – Ragam Definisi Komunikasi

1462 views

manajemen komunikasiKomunikasi memiliki banyak arti. Pengertian komunikasi dikemukakan oleh banyak ahli. Definisi Komunikasi pun beragam.

Kata atau istilah komunikasi berasal dari bahasa Inggris, communication. Akar kata dari bahasa latin, communicatus, yang mempunyai arti “berbagi” atau “menjadi milik bersama”.

Berdasarkan asal-usul kata, komunikasi diartikan sebagai proses berbagi di antara pihak-pihak yang melakukan aktivitas komunikasi.

Webster’s New Collegiate Dictionary (1977) menyebutkan, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi di antara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku.

Secara praktis, komunikasi adalah proses penyampaian pesan (informasi).

Pesan adalah produk utama komunikasi. Pesan berupa lambang-lambang yang menjalankan ide/gagasan, sikap, perasaan, praktik, atau tindakan.

Penyampaian pesan bisa dalam bentuk kata-kata tertulis (tulisan), lisan, gambar-gambar, angka-angka, benda, gerak-gerik, atau tingkah laku dan berbagai bentuk tanda-tanda lainnya.

Pengertian Komunikasi: Etimologis

  • The Latin root word comunicare means “to make common” – kesamaan pengertian, kesamaan persepsi.
  • Latin: “communis” atau “communicatus” atau “common” dalam bahasa Inggris yang berarti “sama”, kesamaan makna (commonness).
  • Inggris: communication = kb. 1 hubungan, komunikasi. 2 kabar. 3 pengumuman, pemberitahuan. to be in c. with berhubungan dengan. -communications j. Sistim perhubungan .

Dari pengertian komunikasi secara etimologis atau asal-usul kata di atas, dapat disimpulkan komunikasi adalah penyampaian pesan berupa kabar atau informasi agar terjadi kesamaan pengetahuan, pengertian, dan persepsi antara penyampai pesan (komunikator) dan penerima pesan (komunikan).

Sebuah komunikasi dinilai gagal jika tidak terjadi kesamaan pemahaman atau salah pemahaman. Karena itulah, dalam komunikasi, dikenal pula istilah komunikasi efektik (effective communications).

Pengertian Komunikasi: Terminologis

Berikut ini beberapa pengertian atau definisi komunikasi yang dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu atau mengubah sikap, pendapat, perilaku baik langsung maupun tidak langsung.
  2. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya (Wikipedia Indonesia).
  3. The imparting, conveying, or exchange of ideas, knowledge, information, etc. – Komunikasi adalah Pemberian, penyampaian, atau pertukaran ide, pengetahuan, informasi, dsb. (The Oxford English Dictionary).
  4. Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi di antara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku (Webster’s New Collegiate Dictionary).
  5. Who says what in which channel to whom and with what effects – Komunikasi adalah siapa mengatakan apa melalui saluran mana kepada siapa dan dengan pengaruh apa (Harold Lasswell).
  6. Komunikasi adalah pengalihan informasi untuk memperoleh tanggapan (JL. Aranguren).
  7. Komunikasi adalah koordinasi makna antara seseorang dengan khalayak (Melvin L DeFleur).
  8. Komunikasi adalah saling berbagi informasi, gagasan, atau sikap (Wilbur Schramm).
  9. Komunikasi adalah proses pengalihan ide dari sumber kepada suatu penerima atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka (Everett M. Rogers).
  10. Komunikasi adalah proses dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam (Rogers & D. Lawrence Kincaid).
  11. Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja; tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi (Shannon & Weaver)
  12. Komunikasi adalah instrumen interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan dengan masyarakat (David K. Berlo).
  13. Komunikasi adalah reaksi suatu organisme terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya (Steven)
  14. Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator (Raymond S. Ross).
  15. Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami (Prof. Dr. Alo Liliweri).
  16. Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol – kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi (Bernard Berelson & Gary A. Steiner).
  17. Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain (Menurut Carl I.Hovland).
  18. Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna (Judy C pearson & Paul E melson).
  19. Komunikasi adalah proses makna di antara dua orang atau lebih (Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss)
  20. Komunikasi adalah transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan (William I. Gordon).
  21. Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain (M. Djenamar).
  22. Komunikasi adalah proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu-individu (William Albig).
  23. Komunikasi adalah alat warga masyarakat dapat berpartisipasi dalam demokrasi (Aristoteles).
  24. Simbol/verbal/ujaran, komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal (Hoben).
  25. Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku (Anderson).
  26. Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya (Lexicographer).
  27. Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak) (Hovland, Janis & Kelley).
  28. Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih (Gode).
  29. Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan (Ruesch).
  30. Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya (Weaver).

Fungsi Komunikasi

Secara umum, komunikasi memiliki empat fungsi sebagai berikut:

1. To Inform – menginformasikan
2. To Educate – mendidik
3. To Entertain – menghibur
4. To Influence – mempengaruhi

Jenis Komunikasi

Jenis-jenis komunikasi sangat banyak berdasarkan cara, metode, ataupun isi pesan, antara lain sebagai berikut:

  1. Verbal Communication (Lisan, Language)
  2. Non Verbal Communication (Isyarat, Gesture, Body Language).
  3. Direct Communication (Tatap Muka)
  4. Indirect Communication (Bermedia).
  5. Intrapersonal Communication
  6. Interpersonal Communication
  7. Group Communication
  8. Mass Communication – Komunikasi Massa.
  9. Komunikasi Lisan
  10. Komunikasi Tulisan.
  11. Komunikasi Politik
  12. Komunikasi Budaya
  13. Komunikasi Organisasi

Alur& Komponen Komunikasi

proses komunikasi

1. Komunikator/Sender – Pengirim pesan
2. Encoding – Proses penyusunan ide menjadi simbol/pesan
3. Message – Pesan
4. Media – Saluran
5. Decoding – Proses pemecahan/ penerjemahan simbol-simbol
6. Komunikan/Receiver – Penerima pesan
7. Feed Back – Umpan balik, respon.

Demikian ringkasan pengertian komunikasi.  (www.romeltea.com).

Referensi: Berbagai sumber, utamanya: Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, 2005, Prof. Dr. Dedy Mulyana Pengantar Ilmu Komunikasi, 1998, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.

Definisi Komunikasi jenis komunikasi Komunikasi Pengertian Komunikasi

Related Post

Leave a reply