Pengertian Laman dan Halaman

  • Whatsapp

Pengertian Website dan Jenis-Jenis Situs Web

Belakangan ini kita sering membaca kata laman yang merujuk pada sebuah halaman website (situs web).

Misalnya, “dirilis laman resmi klub, Persib Bandung resmi merekrut Marc Klok”. Berikut ini contoh penggunaan kata laman dalam berita di situs berita:

laman resmi

Logikanya, kalau ada “laman resmi”, maka ada “laman tidak resmi”. Kata “laman resmi” sering digunakan karena umumnya website lembaga/instansi menggunakan kata “official website” atau “situs web resmi” dalam meta description.

Pengertian Laman 

Jadi, apa itu laman?

Baca Juga

Kata laman merupakan singkatan dari halaman. Dalam  bahasa Inggris, halaman disebut (page). Misalnya, halaman web (web page), halaman statis (static page), halaman depan (front page), atau halaman beranda (home page).

Dalam bahasa Indonesia, kata laman berarti “halaman depan” atau “halaman muka” yang bisa mengacu kepada halaman depan buku, surat, situs web, dan sebagainya.

Menurut Badan Bahasa,  kata laman adalah halaman utama dari suatu situs web (website) yang diakses oleh pengguna pada awal masuk ke situs tersebut (KBBI Ed. IV, 2009:777).

Sebagai contoh, jika kita mengetik sebuah alamat internet http://badanbahasa.kemdikbud.go.id, kita akan diarahkan langsung ke halaman utama dari alamat tersebut.

Menurut KBBI Daring, laman adalah halaman utama dari suatu situs web yang diakses oleh pengguna pada awal masuk ke situs tersebut.

Mengutip Wikipedia, menurut Panduan Pembakuan Istilah Pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2001 tentang Penggunaan Komputer dengan Aplikasi Komputer Berbahasa Indonesia/Kiat Pembakuan Peristilahan Perkomputeran dalam Bahasa Indonesia, kata laman dipakai untuk menggantikan kata home page atau index page dalam bahasa Inggris.

Dalam istilah komputer, laman juga disebut halaman beranda, halaman awal, halaman utama, dan front page, halaman depan dari sebuah situs web yang dirancang sebagai titik fokus pusat.

Pengertian Halaman

Menurut KBBI, halaman adalah pekarangan rumah (sekolah dan sebagainya); tanah di sekitar rumah (sekolah dan sebagainya);  muka dari lembaran buku (majalah, surat kabar, dan sebagainya); pagina.

Dengan ulasan di atas, jelas, penggunaan kata laman untuk merujuk pada sebuah artikel atau berita di sebuah website, kurang tepat. Alasannya, laman adalah halaman utama situs web.

Kesimpulan

Kesimpulannya, laman adalah halaman utama atau halaman depan sebuah website. Di halaman depan itu biasanya ada konten terbaru, link ke isi website per kategori atau topik, dll. Gitu ya? Wasalam.*

 

Related Posts

Leave a Reply