Pengertian News Beat dalam Reportase Jurnalistik

612 views

News Beat atau Newsbeat merupakan salah satu teknik reportase. Newsbeat adalah pelaporan berita yang dikhususkan pada bidang subjek tertentu, misalnya berita internasional. (Collins Dictionary).

Newsbeat

Secara bahasa, beat artinya rute, irama, memukul, mengalahkan, ketukan. Dalam konteks jurnalistikbeat adalah bidang liputan atau topik pemberitaan.

Pengertian News Beat

News Beat juga diartikan sebagai “area spesifik dicakup secara teratur oleh spesifik reporter” (specific areas covered regularly by a specific reporter), misalnya berita kesehatan, berita pendidikan, atau berita lokal dari wilayah tertentu.

Istilah lainnya adalah Beat reporting atau specialized reporting (pelaporan khusus) merujuk pada genre jurnalisme yang dapat digambarkan sebagai keahlian pelaporan mendalam tentang masalah, sektor, organisasi, atau lembaga tertentu dari waktu ke waktu.

Menurut Oxford Research EncyclopediaBeat reporting mengacu pada spesialisasi tematik dan rutinitas (tempat untuk dikunjungi, orang untuk melihat) dalam jurnalisme (Beat reporting refers to thematic specialization and routines [places to go, people to see] in journalism).

Istilah ini mencerminkan adanya perbedaan antara reporter penugasan umum dan reporter khusus (beat) yang meliputi area spesifik (beat) serta pembagian pokok permasalahan atau geografis antara area pelaporan tempat organisasi media berusaha menyusun struktur lingkungan sosial yang mereka liput.

Pelaporan beat menandai awal jurnalisme modern. Itu diciptakan pada akhir abad ke-19 di Amerika Serikat dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi kerja jurnalistik.

Beat reporter akan sangat berpengalaman pada beat mereka dan tahu benar di mana dan bagaimana mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Karena hubungan jangka panjang mereka dengan sumber-sumber yang relevan, para reporter berhasil mendapatkan informasi eksklusif, dapat dipercaya, dan layak diberitakan.

Wartawan yang melakukannya disebut Beat Reporter, yaitu jurnalis yang ditugaskan untuk meliput bidang tertentu, seperti olahraga. “Beat” dianggap sebagai area atau topik tertentu.

News Beat juga merujuk pada nama program berita BBC.

Beat System

Dalam buku Jurnalistik Praktis untuk Pemula, saya menyebutan salah satu sistem reportase bernama “sistem bidang liputan” (beat system), selain “follow up system“.

Beat System yaitu wartawan ”ngepos” atau ”mangkal” pada lembaga atau tempat-tempat tertentu yang dipandang sebagai ”sumber informasi”.

Dalam sistem ini, wartawan mendatangi secara teratur instansi pemerintah atau swasta, atau tempat-tempat lain yang dimungkinkan munculnya hal-hal yang dapat menjadi berita.

Newsbeat atau beat system memiliki dua tujuan:

  1. Memastikan wartawan tidak ketinggalan berita utama apa pun yang berkaitan dengan bidang itu.
  2. Memberi fokus dan arahan pada kegiatan pembuatan berita.

Sistem news beat dalam dunia jurnalistik. Sistem news beat adalah merupakan sebuah sistem peliputan yang dilakukan wartawan berdasarkan pos berita.

Dengan adanya sistem ini, muncul sebutan “wartawan pemkot”, “wartawan ekonomi”, “wartawan politik”, “wartawan olahraga”, dan sebagainya merujuk pada bidang atau tempat liputan yang menjadi “tempat mangkal” wartawan.

Kelemahan News Beat

Menurut Ishwara (2014:45-49), sistem beat dalam dunia jurnalistik memiliki nilai postif dan
negatif.

Wartawan (beat reporter) tidak harus meliput banyak berita, tapi lebih konsentrasi pada bidang atau pos liputannya. Wartawan olahraga tidak usah repot-repot berpikir liputan berita pembunuhan karena persoalan itu sudah ada yang bertanggungjawab yaitu wartawan kriminal yang akrab dengan kepolisian.

Oleh karenanya, sistem beat ini akan lebih memudahkan kerja wartawan, dan wartawan akan lebih fokus dalam bidang liputannya. Semakin terkonsentrasi dalam bidang liputan, semakin mudah wartawan dalam menuai kepintaran dalam bidang liputannya.

Namun, sistem news beat juga bisa memberikan pengaruh negatif kepada wartawan itu sendiri. Nilai negatif tersebut di antaranya adalah kreativitas wartawan kurang berkembang dan berkurangnya pengalaman liputan bidang berita.

Sistem news beat juga bisa membuat daya kritis wartawan hilang secara perlahan. Padahal, daya kritis dan skeptis merupakan modal kuat wartawan dalam bertugas.

Dengan kata lain, gaya kerja wartawan dengan sistem pos liputan akan melahirkan wartawan yang mandul dan mereka akan lebih taat pada lingkungan di mana ia bertugas.

Demikian catatan ringkas tentang Pengertian News Beat dalam Reportase Jurnalistik. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Referensi Newsbeat: Brunel University London, LLSC Edu, Beat reporting.

 

Berita bidang liputan Jurnalistik liputan newsbeat pos liputan Reportase Wartawan

Related Post

Leave a reply