Pengertian Pekerja Kreatif, Contoh, dan Peluangnya

Pekerja kreatif bukan orang kantoran. Ia bekerja di rumah atau di mana saja. Ia freelancer. Berikut ini ulasan ringkas tentang pengertian pekerja kreatif, contoh, dan peluangnya.

Pengertian Pekerja Kreatif, Contoh, dan Peluangnya

PAGI yang gabut, saya buka TikTok. Ada satu video dengan sound yang menarik perhatian dan mengusik pikiran, yaitu lagu berjudul Pekerja Kreatif  (Willy Winarko). Ini lirik awalnya:

Ku pekerja kreatif, freelance kerjaanku
Banyak orang mengira bahwa aku menganggur
Gajiku tidak tetap, klienku banyak mau
Namun, aku bahagia, kar’na ini jalan ninjaku.

Wah, gue banget! Maka, saya coba cari referensi lebih dalam tentang pekerja kreatif (creative worker). Siapa tahu makin bikin semangat, ada peluang baru, dan menginspirasi Anda, pembaca setia romeltea.com!

Pengertian Pekerja Kreatif

Secata bahasa, pekerja kreatif adalah karyawan atau pegawai yang memiliki kreativitas sehingga membuat karya unik atau membuat hal baru.

Baca Juga

Namun, yang dimaksud pekerja kreatif adalah mereka yang bekerja di industri kretif.

Menurut Departemen Perdagangan RI (2009), industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan bakat yang dimiliki individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan.

Industri ini akan berfokos untuk memberdayakan daya cipta dan daya kreasi suatu individu.

Kita juga mengenal istilah ekonomi kreatif. Menurut laman Setneg, ekonomi kreatif ini masa depan Indonesia. Roberta Comunian dan Abigail Gilmore dalam Higher Educatian and the Creative Economy mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai sebuah konsep ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan sebagai faktor produksi yang utama.

Ekonomi kreatif dapat dikatakan sebagai konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.

Menurut laman Creative Workers, pekerja kreatif adalah siapa saja yang memperoleh penghasilan dari kegiatan berbasis kreatif, budaya, atau artistik, baik penghasilan tersebut diperoleh secara mandiri (sebagai kontraktor independen, pengusaha solo, atau pekerja pertunjukan, misalnya) atau melalui pemberi kerja.

Pekerja kreatif menggunakan kualitas manusia yang unik dari ekspresi individu untuk menghasilkan ide, konten, barang, dan jasa.

Di laman Wikipedia, pekerja kreatif disebut¬†creative professional.¬†Seorang profesional kreatif yang juga dikenal sebagai “spesialis kreatif” adalah orang yang dipekerjakan untuk ekstraksi keterampilan dalam upaya kreatif.

Profesi kreatif termasuk menulis, seni, desain, teater, televisi, radio, film, kerajinan terkait, serta pemasaran, strategi, penelitian dan pengembangan ilmiah, pengembangan produk, teknik, beberapa jenis pengajaran dan desain kurikulum, dan banyak lagi.

Karena banyak profesional kreatif (aktor dan penulis, misalnya) juga dipekerjakan di profesi sekunder, perkiraan profesional kreatif seringkali tidak akurat.

Pekerja kreatif adalah seseorang yang bekerja di industri kreatif, misalnya aktor, penari, musisi, atau kru film.

Peluang menjadi pekerja kreatif sangat terbuka di era digital ini. Content creator salah satunya. Banyak media –utamanya media sosial– yang membutuhkan kreator konten. Banyak perusahaan dan instansi melakukan digital marketing –dan ini butuh content creator.

Contoh Pekerja Kreatif

Pekerja kreatif identik dengan desainer grafis, content creator, dan pekerja seni. Editor foto, editor video, dan penyiar radio juga masuk kategori pekerja kreatif.

Mengutip laman Target Careers, beberapa bidang karier berikut ini umumnya dianggap kreatif:

  1. Akting, aktor.
  2. Periklanan dan pemasaran, khususnya bidang-bidang seperti copywriting dan penulisan konten
  3. Arsitektur
  4. Seni dan desain, termasuk produk, desain grafis dan mode, artis, dan kurator galeri seni
  5. Kerajinan, misalnya pembuat tembikar keramik, pembuat furnitur atau penjahit
  6. Film
  7. TV dan radio, termasuk produksi siaran
  8. Fotografi dan video
  9. Karier editorial di penerbitan
  10. Jurnalisme, tergantung di bidang mana Anda bekerja
  11. Museum dan perpustakaan, misalnya kurator atau asisten perpustakaan
  12. Karier yang melibatkan menulis –content writer, copywriter, script writer.
  13. Karier di teater
  14. Musik, seperti bekerja sebagai musisi, penyanyi klasik atau aktor-musisi.

Bagi saya, blogger termasuk pekerja kreatif karena blogging atau blog (website pribadi) juga bisa menghasilkan uang. Saya menyebutnya blogpreneur.

Benar kata Willy Winarko, pekerja kreatif sering dianggap pengangguran karena gak ngantor, ada di rumah terus! Tapi orang yang ngerti pekerja kreatif lain lagi responsnya.

“Pak, gimana caranya seperti Bapak, terlihat santai terus, tapi ada uang,” kata tukang cukur rambut langganan saya. “Blogging!” kata saya. “Saya blogger, kerja di rumah. Sama lah seperti Akang, kerja di rumah, buka jasa cukur!”

Itu dia pengertian pekerja kreatif dan contohnya. Saya juga terkesan dengan ungkapan “jangan berpikir mau menjadi apa, tapi berpikirkan mau membuat apa“.

Anda pekerja kreatif juga? Silakan promosikan kompetensi Anda di kolom komentar!

Video: Lagu Pekerja Kreatif

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.