Pengertian Podcast dan Contohnya, Radio Baru Era Internet

171 views

pengertian podcast

KINI ramai orang membicarakan dan mendengarkan Podcast. Apa itu podcast? Bisa dibilang, podcast ini “radio baru” era internet atau “bentuk baru radio” (new form of radio). Podcaster adalah penyiar radio “zaman now”.

Karakteristik radio kini ada di podcast, seperti auditory, fleksibilitas, theatre of mind, sederhana, hangat, akrab, dan personal. Itulah sebabnya saya katakan podcast ini “radio baru”.

Apakah jadinya “Goodbye, Radio! Welcome, Podcast!”? Gak juga sih. Radio akan tetap jaya di udara, meski pendengarnya kian sedikit.

Podcast bahkan lambat-laut menyamai popularitas video, bahkan bisa melebihinya. Alasannya, berbeda dengan nonton video yang butuh konsentrasi penuh –karena video sama dengan televisi sebagai “media dengar dan pandang”, podcast jauh lebih fleksibel.

Sebagaimana radio, podcast bisa dinikmati sambil mengerjakan hal lain atau tanpa mengganggu aktivitas yang lain, seperti memasak, mengemudi, belajar, dan membaca buku. Multitasking lah!

Lihat ilustrasi berikut ini. Podcast bisa dinikmati sambil ngepel.

mendengarkan podcast

Podcast –sebagaimana radio– juga tampil sebagai teman pribadi –di rumah, di meja belajar, di perjalanan, atau teman minum kopi saat pagi, sore, atau malam hari. Selain itu, sebagaimana pesawat radio, podcast pun mobile atau portable, mudah dibawa ke mana saja –wong ada di HP!

Pengertian Podcast

Banyak podcaster memvideokan audionya dan ditayangkan di Youtube. Akibatnya, ada salah paham atau “salah pengertian” tentang podcast. Dikiranya, podcast itu sama dengan video atau podcast berupa video

Beda dong! Podcast itu audio, suara. Video itu suara dan gambar atau gambar saja. Gambar hidup. Podcast itu singkatan dari “Pod” dan “Broadcast”.

Apa itu Pod? Pod itu juga singkatan dari “Playable on Demand” –dapat dimainkan, diputar, dan didengarkan sesuai permintaan.

Jadi, podcast itu secara bahasa artinya siaran yang dapat didengarkan semaunya pendengar. Kita bisa pilih topik dan filenya sesuka hati.

Berbagai referensi berikut ini menunjukkan pengertian Podcast adalah rekaman audio (suara). Bedanya dengan siaran radio, podcast berupa file audio yang bisa diunduh dan didengarkan kapan saja. Diulang-ulang juga bisa.

Berikut ini pengertian podcast:

1. podcasthero.com

Kata podcast adalah neologisme dan portmanteau yang berasal dari “broadcast” (siaran) dan “pod” dari keberhasilan iPod, karena podcast audio sering didengarkan secara onportable.

The word podcast is a neologism and portmanteau derived from “broadcast” and “pod” from the success of the iPod, as audio podcasts are often listened to onportable .

2. Merriam-Webster

Definisi podcast adalah – program (seperti musik atau pembicaraan) yang tersedia dalam format digital untuk pengunduhan otomatis melalui Internet.

Podcast definition is – a program (as of music or talk) made available in digital format for automatic download over the Internet.

3. Cambridge Dictionary

Podcast adalah program radio yang disimpan dalam bentuk digital yang dapat Anda unduh dari internet dan bermain di komputer atau di pemutar MP3. Podcasting adalah proses pembuatan rekaman digital dari program radio yang dapat diunduh orang dari internet.

Podcast is a radio programme that is stored in a digital form that you can download from the internet and play on a computer or on an MP3 player. Podcasting is the process of making digital recordings of radio programmes that people can download from the internet.

4. thepodcasthost.com

Apa itu podcast? Sederhananya: podcast adalah program audio, sama seperti Talk Radio, tetapi Anda berlangganannya di telepon pintar dan mendengarkannya kapan pun Anda mau.

What is a podcast? Simply put: a podcast is an audio programme, just like Talk Radio, but you subscribe to it on your smartphone and listen to it whenever you like.

5. podcastinsights.com

Definisi kamus podcast adalah: File audio digital tersedia di Internet untuk diunduh ke komputer atau perangkat seluler.

The dictionary definition of a podcast is: A digital audio file made available on the Internet for downloading to a computer or mobile device.

Itu dia pengertian podcast yang sebenarnya. Clear ya?

Contoh Podcast

Untuk mengakses podcast, saat ini sudah banyak platform yang menyediakan konten podcast, seperti Spotify, Apple Podcast, Google podcast, Anchor, dan Soundcloud.

Saya sudah lama tidak update podcast saya di Soundcloud. Ketika masih aktif mengajarkan mata kuliah jurnalistik radio, saya biasa mewajibkan mahasiswa membuat akun di Soundcloud dan jadi podcaster di sana untuk latihan siaran berita radio.

Contoh podcast juga bisa didengarkan di BBC Indonesia.

Untuk menjadi podcaster, Anda tidak perlu sampai harus tunggu beli microphone dan mixer (audio console) canggih. Cukup berbekal dengan software perekam suara dan juga pengedit suara saja. Atau cukup buka akun di Soundcloud!

Anda bisa menambahkan musik latar atau efek suara (sound effect) biar podcast Anda tidak monoton. Bisa menggunakan musik pembuka dan penutup, bahkan “jingle”, layaknya siaran radio.

Berikut ini Podcast saya di Soundcloud.

Demikian pengertian Podcast dan contohnya.

Kesimpulan

Saya ulang ya. Podcast itu berupa audio yang didengarkan, seperti Anda mendengar radio. Bedanya dengan radio, podcast merupakan rekaman –meski siaran radio juga bisa saja berupa rekaman, tapi jarang banget, kecuali lagu (musik) yang diputar di radio memang rekaman!

Podcast kian populer di kalangan pengguna internet karena bisa dinikmati sambil mengerjakan hal lain, seperti hanya radio.

Kalau nonton video seperti YouTube, pasti butuh konsentrasi, dengar dan lihat, seperti halnya nonton televisi. Jadilah podcast ini semacam “bentuk baru radio” (new form of radio). Wasalam.

 

Broadcast Broadcasting podcast Radio Siaran

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

Leave a reply