Pengertian Public Speaking

  • Whatsapp

Apa itu public speaking? Dalam artikel ini saya akan bahas pengertian public speaking, jenis-jenisnya, kendalanya, juga tips public speaking agar tidak gugup, percaya diri, dan lancar.

dasar public speaking

Tiap kali saya menjadi instruktur dalam pelatihan public speaking, saya selalu sampaikan lebih dulu pengertian public speaking, termasuk cara penulisan dan pengucapannya.

Memahami pengertian public speaking penting, antara lain karena public speaking bukan hanya pidato. Cara penulisan penting diingatkan, karena masih suka ada yang salah tulis “publik speaking”.

Cara pengucapannya juga penting diingatkan, karena masih ada yang mengucapkan “publik spiking”, bukan “pablik spiking”.

Pengertian Public Speaking

Public speaking –disebut juga public speech— merupakan salah satu jenis komunikasi. Istilah public speaking merupakan paduan dua kata, public dan speaking.

Baca Juga
  • Public –atau publik dalam bahasa Indonesia– artinya umum, orang banyak, khalayak ramai; semua orang yang datang (menonton, mengunjungi, dan sebagainya) atau audiens (hadirin).
  • Speaking dalam bahasa Inggris artinya berbicara, pembicaraan, atau berpidato.

Jadi, secara bahasa, public speaking artinya berbicara di depan orang banyak. Dalam bahasa Indonesia, public speaking sering diartikan dengan “berbicara di depan umum”.

Dalam kamus bahasa Inggris, misalnya Merriam-Webster, mengartikan public speaking sebagai sebuah aksi, tindakan, atau keterampilan berbicara pada sekelompok besar orang. (the act or skill of speaking to a usually large group of people).

Pengertian public speaking secara istilah tidak jauh berbeda dengan pengertian secara bahasa. Public speaking adalah berbicara di depan orang banyak untuk menyampaikan pesan atau informasi tentang topik tertentu.

Presentasi public speaking berbeda dengan presentasi online. Presentasi online tersedia kapan saja. Pidato publik biasanya terbatas pada waktu atau tempat tertentu.

Presentasi online sering menggunakan tayangan slide. Atau mereka menggunakan video pembicara yang sudah direkam sebelumnya. Ini termasuk rekaman presentasi berbicara di depan umum secara langsung).

Contoh Public Speaking

Contoh sekaligus ruang lingkup public speaking antara lain pidato, sambutan, ceramah, orasi, presentasi, berbicara di forum diskusi.

Membawakan acara atau MC (Master of Ceremony), siaran radio, podcasting, dan siaran televisi¬† termasuk public speaking. Jadi, MC, penyiar, dan presenter juga termasuk “public speaker” yang memerlukan ilmu dan keterampilan public speaking.

Mengapa penyiar dan presenter termasuk public speaker? Karena, mereka pada dasarnya dan hakikatnya berbicara kepada orang banyak, yakni pendengar dan pemirsa. Hanya saja, audiensnya tidak terlihat langsung.

Karenanya, salah satu dasar siaran radio dan televisi adalah “visualisasi”, yakni membayangkan pendengar/pemirsa ada di depannya. Untuk siaran televisi, pemirsa “diwakili” kamera. Kontak mata dalam siaran TV diarahkan ke kamera.

Sejarah Public Speaking

Literatur tentang sejarah public speaking umumnya mengacu pada asal-usul berbicara di depan umum pada zaman Yunani kuno dan Roma.

Mengutip Tutsplus, orang Yunani kuno menggunakan pidato publik terutama untuk memuji atau membujuk orang lain.

Pada satu titik, semua warga negara Yunani memiliki hak untuk menyarankan atau menentang undang-undang selama majelis mereka. Hal ini mengakibatkan kebutuhan akan pembicara publik yang terampil.

Berbicara di depan umum atau public speaking menjadi keterampilan yang diinginkan dan diajarkan. Berbicara di depan umum pada zaman Yunani disebut retorika.

Kemudian, ketika Roma berkuasa, public speaking digunakan selama sesi senat Romawi. Bangsa Romawi mengadopsi metode retorika public speaking dari orang-orang Yunani. Faktanya, sebagian besar guru berbicara di depan umum pada saat itu adalah orang Yunani.

Gaya public speaking Latin populer di Amerika Serikat dan Eropa hingga pertengahan abad ke-20. Setelah Perang Dunia II, gaya berbicara yang kurang formal dan lebih percakapan menjadi populer.  Alat elektronik juga menjadi tersedia untuk meningkatkan presentasi publik.

Menjelang akhir abad ke-20, alat-alat elektronik tersebut bermigrasi ke komputer. Mereka berkembang menjadi perangkat lunak komputer. PowerPoint adalah salah satu alat yang kita kenal dan gunakan saat ini.

Meski pidato publik saat ini kurang formal, namun tetap perlu diorganisir dengan baik.

Manfaat Public Speaking

Jika Anda bertanya kepada kebanyakan orang, mereka mungkin akan mengatakan bahwa mereka takut atau tidak berani berbicara di depan umum (public speaking).

Mereka bahkan mungkin mengaku takut karena takut berbicara di depan umum adalah ketakutan yang sangat umum. Atau mereka mungkin hanya pemalu atau tertutup.

Karena alasan itu, banyak orang menghindari berbicara di depan umum jika mereka bisa. Mungkin, Anda salah satu dari orang-orang yang menghindari berbicara di depan umum.

Berani dan piawai public speaking sangat penting. Selama bertahun-tahun, berbicara di depan umum dalam komunikasi telah memainkan peran utama dalam pendidikan, pemerintahan, dan bisnis.

Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik, dan bahkan menghibur. Kata yang diucapkan bisa lebih kuat untuk dibandingkan kata-kata tertulis, di tangan pembicara yang tepat.

Baik Anda pemilik usaha kecil, atau pelajar, Anda akan mendapat manfaat dari meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum. Beberapa manfaat berbicara di depan umum antara lain:

  • meningkatkan kepercayaan diri
  • keterampilan penelitian yang lebih baik
  • keterampilan deduktif yang lebih kuat
  • kemampuan untuk mengadvokasi penyebab
  • dan banyak lagi

Public speaking sangat penting bagi bisnis untuk memasarkan penawaran mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyampaikan pesan mereka di depan pelanggan potensial.

Tenaga penjualan dan eksekutif sering diharapkan memiliki keterampilan berbicara di depan umum yang baik.

Demikian pengertian public speaking dan contohnya, plus sejarah dan manfaatnya.

Di halaman berikutnya adalah ulasan tentang elemen public speaking, topik dan tujuan, latihan, dan tips public speaking.

Artikel Terkait

Leave a Reply