Pengertian Publik

Pengertian Publik

Istilah publik (public) banyak digunakan dalam ilmu komunikasi. Contohnya, komunikasi publik, public relations, opini publik, public speaking, dan jurnalisme publik. Apa sebenarnya pengertian publik?

Pengertian Publik secara Bahasa

Secara bahasa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring), publik artinya orang banyak (umum); semua orang yang datang (menonton, mengunjungi, dan sebagainya).

Kata publik berasal dari bahasa Inggris, public. Dalam bahasa Inggris, menurut Cambridge Dictionary, public artinya berkaitan dengan atau melibatkan orang pada umumnya, daripada terbatas pada sekelompok orang tertentu:

Secara istilah, menurut Making Business Matter, public artinya ordinary people; or the wider community (orang biasa; atau masyarakat luas).

Pengertian Publik Konteks Humas

Saya pilih pengertian kata “publik” dalam konteks humas karena dalam bahasa Inggris humas ini disebut public relations (PR). Uniknya, dalam bahasa Indonesia PR diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat (humas), bukan hubungan publik.

Baca Juga

Dalam konteks humas, menurut PRSA, pengertian publik adalah setiap kelompok orang yang diikat oleh beberapa faktor atau kepentingan yang sama.

Praktisi PR mengidentifikasi dan membina hubungan dengan publik yang penting bagi keberhasilan atau kegagalan organisasi atau klien.

Beberapa publik, seperti penghuni lingkungan tertentu, pendukung isu-isu tertentu, atau penggemar tim olahraga, ditentukan sendiri. Anggota menyadari hubungan mereka dengan orang lain dalam kelompok.

Publik lain diidentifikasi oleh praktisi PR. Mereka sering menggunakan demografis, psikografis, memotivasi kepentingan pribadi, status hubungan saat ini dengan organisasi, lokasi atau karakteristik lain untuk mendefinisikan publik tersebut (misalnya: pensiunan penduduk 60-75 yang tinggal dalam jarak lima mil dari toko kami dan ingin mempertahankan gaya hidup aktif).

Anggota mungkin tidak menyadari bahwa mereka adalah bagian dari publik tersebut. Namun, mereka mungkin mengakui pemimpin opini (opinion leader) tertentu yang memengaruhi pemikiran mereka pada beberapa topik.

Dalam humas, publik berbeda dari “audiens” (audience). Audiens –sering disebut juga ‘penonton”– adalah sekelompok pendengar (atau penonton) yang mungkin menerima pesan tetapi sebaliknya tidak memiliki hubungan yang sama satu sama lain.

Urusan publik (public affairs): Area khusus PR yang membangun dan mempertahankan hubungan pemerintah dan komunitas lokal yang saling menguntungkan. Juga berlaku untuk praktik hubungan masyarakat oleh militer dan lembaga pemerintah karena Amandemen Gillett 1913.

Informasi publik (public information): Informasi yang terbuka untuk atau menjadi milik publik. Di instansi pemerintah, organisasi nirlaba, atau perguruan tinggi dan universitas, tugas menyebarkan informasi dari organisasi ke publik. Prosesnya biasanya dilakukan melalui media massa atau sosial.

Publisitas (publicity): Informasi dari sumber luar yang digunakan oleh organisasi berita karena memiliki nilai berita. Publisitas adalah metode penempatan pesan yang tidak terkontrol karena sumber tidak membayar media untuk penempatan dan tidak dapat menjamin jika atau bagaimana materi akan digunakan.

Demikian pengertian publik.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *