Pengertian Reputasi Online dan ORM

  • Whatsapp

reputasi online

COBA cek reputasi Anda di internet. Buka Google dan ketik nama Anda di kotak pencarian. Apa yang muncul?

Jika Anda seorang pejabat, mungkin nama Anda akan muncul di posting berita –jika ada situs web yang memberitakan aktivitas Anda atau menyebutkan nama Anda dalam berita.

Semoga bukan berita buruk, misalnya kasus korupsi. Na’udzubillah…!

Jika Anda orang biasa seperti saya dan punya website, maka akan muncul website atau blog Anda. Jika hanya punya akun media sosial, maka yang muncul link ke akun media sosial Anda. Itu pun jika nama Anda unik, berbeda dengan nama orang lain.

Apa yang diindeks Google tentang nama Anda, itulah reputasi online Anda di internet. Jika Anda menuliskan nama saya (Asep Syamsul M. Romli) di Google, maka akan muncul link website dan akun media sosial saya, serta link terkait dengan buku atau artikel saya.

Baca Juga

Saya pernah menulis tentang “Catatan Amal di Internet“, masih terkait reputasi online. Orang menyebutnya “jejak digital”.

Pengertian Reputasi Online

Apa itu reputasi online?

Reputasi artinya “perbuatan dan sebagainya sebagai sebab mendapat nama baik” atau “nama baik”. Itu menurut KBBI Daring.

Reputasi online adalah reputasi perusahaan, orang, produk, layanan, atau elemen lain apa pun di Internet dan platform digital. (Atinternet)

Disebut juga e-reputation, reputasi online dipengaruhi oleh konten yang didistribusikan organisasi, reaksi dan interaksi dengan pengguna web, aktivitas di jejaring sosial, dll.

Online Reputation Management (ORM)

Di dunia bisnis, dikenal istilah Online Reputation Management (ORM). Mengutip laman Minc, manajemen reputasi online adalah istilah umum yang mengacu pada sejumlah alat dan strategi yang dapat Anda terapkan dengan tujuan akhir untuk meningkatkan dan mempertahankan citra online yang ingin Anda sampaikan.

Manajemen reputasi online menggabungkan strategi pemasaran, SEO, dan hubungan masyarakat (humas, public relations) untuk memantau dan meningkatkan reputasi online Anda.

Baik Anda memulai bisnis baru dan ingin memberikan yang terbaik atau sedang mencari pekerjaan baru – reputasi online Anda penting.

Hampir setiap keputusan pembelian modern dibuat setelah melakukan riset online, sehingga kehadiran online yang negatif atau tidak bersemangat dapat membuat atau menghancurkan bisnis.

Bahkan jika Anda tidak memiliki bisnis, orang-orang mencari Anda secara online – apakah Anda menyadarinya atau tidak.

Dengan menggunakan taktik manajemen reputasi online (ORM), individu dan bisnis dapat:

  • Memantau nama dan bisnis mereka di hasil pencarian,
  • Meminta, menanggapi, dan mengelola ulasan online,
  • Menghapus atau menekan konten negatif atau tidak diinginkan, dan
  • Memantau sebutan sosial dan pertahankan kehadiran media sosial yang positif.

Setiap bisnis dan individu harus meningkatkan dan memperbaiki reputasi online mereka. Manajemen reputasi online (ORM) menggunakan berbagai alat dan strategi untuk meningkatkan dan melindungi keberadaan online seseorang.

Individu dan bisnis yang ingin menyampaikan reputasi online yang positif dan berpusat pada merek dapat menggunakan ORM untuk mengontrol apa yang muncul di hasil pencarian mereka. Manajemen reputasi online bekerja dengan:

  • Meningkatkan visibilitas konten positif yang mencerminkan reputasi yang ingin Anda sampaikan,
  • Menemukan konten negatif yang dapat merusak reputasi online Anda, dan
  • Menghapus atau menekan konten negatif.

Baik Anda memiliki bisnis atau hanya ingin mempertahankan reputasi pribadi Anda, manajemen reputasi online menyediakan strategi untuk mengembangkan reputasi online yang positif. Ini adalah cara untuk membentuk apa yang muncul di hasil pencarian Anda jika seseorang mencari nama Anda atau bisnis Anda.

Taktik ORM termasuk memantau dan menanggapi ulasan jika Anda memiliki bisnis dan mengkurasi konten media sosial yang konsisten dengan merek Anda.

Untuk individu, ORM melibatkan membuat akun media sosial pribadi menjadi pribadi sehingga calon pemberi kerja hanya melihat Anda secara profesional.

Di luar itu, ORM dapat membantu Anda mengidentifikasi konten negatif atau palsu dan menghapusnya agar tidak merusak reputasi Anda.

Singkatnya, manajemen reputasi online adalah cara untuk memastikan orang lain hanya melihat apa yang Anda ingin mereka lihat ketika mereka mencari nama Anda.

Jenis-Jenis ORM

Jenis-jenis ORM di dunia bisnia atau online marketing meliputi:

  1. Paid Media –memasang iklan situs berita, media sosial, Google.
  2. Media Sosial — profil dan postingan menarik di akun media sosial.
  3. Owned Properties or Owned Media — media online Anda, yaitu website atau blog.
  4. Earned Media — testimoni atau ulasan (review) pelanggan yang menggunakan produk atau jasa Anda.

Earned media adalah “media gratis” bagi peningkatan reputasi online Anda. Ia mencakup publisitas yang diperoleh dari mulut ke mulut, buzz, ulasan, liputan berita, komentar, umpan balik, likesmentionedshare, dan berbagai upaya promosi selain iklan. Earned media adalah publisitas apa pun yang dibuat oleh pihak ketiga untuk merek Anda. (WE)

ORM

Pengaruh Reputasi Online

Reputasi online identik dengan merek (brand) Anda dan bisnis Anda di internet. Kebanyakan orang kini memanfaatkan internet untuk mencari referensi akan produk maupun jasa yang mereka butuhkan terlebih dahulu, sebelum memutuskan melakukan transaksi pembelian.

Bagi individu, reputasi online membantu pengembangan karier dan networking. Jika Anda seorang trainer atau public speaking, maka reputasi online merupakan salah satu sumber datangnya undangan bagi Anda untuk jadi pemateri atau pembicara.

Sebuah studi menyebutkan, 85% konsumen menggunakan Internet untuk riset sebelum melakukan pembelian.

Sebanyak 78% responden menganggap pencarian di internet mengenai sebuah bisnis maupun individu di internet sebelum memulai interaksi adalah hal penting.

Studi tersebut juga menyimpulkan bahwa 74% orang akan mengurungkan niat untuk melakukan interaksi dengan bisnis, perusahaan, atau individu jika menemukan komentar negatif di internet.

Lihat juga: ORM Statistics 2021

  • 85% konsumen mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi.
  • Hampir 3 dari 4 konsumen lebih mempercayai perusahaan jika memiliki ulasan positif.
  • 60% konsumen mengatakan bahwa ulasan negatif membuat mereka tidak ingin menggunakan bisnis.
  • 49% konsumen membutuhkan setidaknya peringkat bintang empat sebelum mereka memilih untuk menggunakan bisnis.
  • Konsumen membaca rata-rata 7 ulasan sebelum mempercayai bisnis.
  • 97% konsumen mencari bisnis lokal secara online. 12% konsumen melakukannya setiap hari.
  • Setiap tambahan satu bintang Yelp rating menyebabkan peningkatan pendapatan bisnis setinggi 9%.
  • Ulasan yang hanya memberi 1 atau 2 bintang gagal mengonversi 86% calon pelanggan.

Demikian pengertian reputasi online, manajemen reputasi online (ORM), dan pengaruhnya bagi individu dan bisnis.

Bagaimana memulai? Bikin website atau blog. Didukung media sosial, bangun dan tingkatkan reputasi online Anda. Good Luck!

 

Artikel Terkait

Leave a Reply