Penulisan Kata Internet: Menggunakan Huruf I Besar atau i Kecil?

penulisan kata internet

Secara bahasa, internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit. (KBBI)

Bagaimana penulisan kata internet yang benar? Menggunakan huruf “I” kapital (Internet) atau “i” kecil (internet)? Gambar dari The New York Times di atas menjawabnya.

Ulasan berikut ini menjukkan ada perbedaan pengertian antara Internet dan internet. Namun, akhirnya kini kata internet ditulis dengan huruf kecil, kecuali jika ditulis di awal kalimat.

Bukan hanya internet, penulisan kata Web pun kini sudah lazim menjadi web dan Net menjadi net. Mengapa? Jawaban sederhananya adalah karena tidak ada alasan untuk mengkapitalkan huruf depan kata-kata tersebut.

Baca Juga

Namun, masih ada alasan untuk menulis kata Internet dengan huruf “I” kapital.

Menurut Bob Wyman, staf teknologi Google dan pakar Net lama, “I” harus ditulis dengan huruf kapital untuk memperjelas perbedaan makna antara Internet (jaringan global yang berevolusi dari ARPANET, jaringan Pentagon awal), dan internet generik, atau jaringan komputer yang menghubungkan sejumlah jaringan yang lebih kecil.

Kutipan paling awal untuk kata dalam Oxford English Dictionary (OED), dari pertengahan 1970-an, merujuk ke “internet” dalam arti umum dan mengejanya dengan huruf kecil “i”, sedangkan semua contoh OED selanjutnya merujuk pada jaringan global, menggunakan huruf besar “I” (Internet).

“Jika Anda tidak pernah memanfaatkan internet,” tulis Wyman pada 2008 di blog-nya, “Anda hanya menunjukkan bahwa Anda tidak memahami perbedaan teknis antara Internet dan internet.”

Namun pada 1999, hampir 10 tahun sebelumnya, jurnalis Stephen Wilbers menerbitkan kolom di Orange County Register yang meramalkan bahwa kata-kata seperti Internet dan Web akan kehilangan kapitalisasi mereka dari waktu ke waktu.

“Jika Anda suka berada di depan permainan, Anda mungkin lebih suka mengeja internet dan web sebagai internet dan web,” tulisnya.

Alasan yang biasanya diberikan untuk perubahan penggunaan ini adalah bahwa internet dan web berubah dari kata benda yang tepat — entitas unik, bernama — ke kata benda umum melalui penggunaan umum.

Memang, kebanyakan orang (selain teknisi) tidak mengetahui adanya internet selain Internet — bahwa perbedaan tidak lagi relevan dalam penggunaan sehari-hari. Bagi banyak orang muda yang telah tumbuh dengan teknologi, internet itu sendiri biasa — hanya media komunikasi lain, seperti telepon, televisi, dan radio.

Internet Manifesto

The New York Times secara resmi menyatakan penulisan “Internet” berakhir dan diganti dengan “internet”. Perubahan mulai berlaku 1 Juni 2016.

Kini pembaca akan lebih sering melihat “internet” huruf kecil. Dalam beberapa hal, huruf besar “Internet” selalu sedikit anomali, karena itu sebenarnya bukan kata benda yang sepadan dengan nama perusahaan atau nama tempat resmi.

Istilah internet (kependekan dari internetwork) menggambarkan setiap jaringan komputer yang terhubung, sehingga modal “I” berfungsi untuk membedakan jaringan global dari internet lain – perbedaan yang tidak berarti sekarang, karena “internet” jarang digunakan lagi dalam pengertian umum.

Pada 2016, editor Associated Press memutuskan untuk membalikkan tradisi lama memanfaatkan kata Internet. Sejak 2016, stylebook AP sekarang merekomendasikan lebih “internet” dan “web.”

Demikian penulisan kata internet antara Internet dan internet. Ada bedanya ya. Lazimnya sih internet –dengan “i” kecil. (Sumber: NYT, Capitalizemytitle, Wired).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *