Perbedaan Media Online dan Media Digital

Pengertian Digital

Istilah online identik dengan digital. Begitu sebaliknya. Padahal, online dan digital adalah dua istilah berbeda. Keduanya memiliki pengertian masing-masing.

Karenanya, pengertian media online dan media digital pun berbeda. Berikut ini perbedaan media online dan media digital.

Dalam bahasa Indonesia, online disebut daring –singkatan dari “dalam jaringan”. Menurut KBBI Daring, online atau daring artinya “dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya”.

Digital dalam bahasa Indonesia disebut digital juga. Digital artinya “berhubungan dengan angka-angka untuk menunjukkan informasi atau sistem perhitungan tertentu; berkaitan dengan atau menggunakan komputer atau internet”.

Dengan demikian, media online dan media digital pun berbeda, meski perbedaannya “tipis”. Mari kita kupas pengertian serta perbedaan media online dan media digital.

Baca Juga

Pengertian Media Online

Media online atau media daring adalah sarana komunikasi yang dipublikasikan dan diakses melalui koneksi internet, seperti situs web (website) dan aplikasi (app).

Laman Law Insider mendefinisikan media online sebagai cara, proses, atau media yang menghasilkan, menerbitkan, mentransmisikan, atau menyebarluaskan opini yang berorientasi pesan atau tematik, foto, audio visual dengan menggunakan tanda, simbol, teks, suara, grafik, lagu, musik, video, animasi, dan berbagai multi media melalui internet.

Ringkasnya, media online adalah semua jenis media yang ada dalam jaringan internet dan memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Media online juga dipahami sebagai website atau situs web, mulai dari situs berita, situs resmi lembaga –termasuk website instansi/pemerintah, situs perusahaan, situs e-commerce atau marketplace, situs media sosial, hingga website pribadi atau blog dan aplikasi chatting seperti WhatsApp (WA).

Dalam konteks jurnalistik dan media massa, media online adalah situs web berita atau portal berita seperti detik.com, republika.co.id, cnnindonesia.com. Media online berupa situs berita ini disebut juga media siber.

Menurut Dewan Pers, media siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pokok Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan oleh Dewan Pers.

Pengertian Media Digital

Media digital adalah media komunikasi apa pun yang beroperasi dengan menggunakan berbagai format data yang dapat dibaca mesin yang dikodekan. (Wikipedia)

Menurut Copy Press, media digital adalah informasi yang dibagikan melalui perangkat atau layar digital. Pada dasarnya, media digital adalah segala bentuk media yang bergantung pada perangkat elektronik untuk pembuatan, distribusi, tampilan, dan penyimpanannya.

Perusahaan sering menggunakan bentuk media ini untuk mengiklankan bisnis dan merek mereka. Sebagian besar pemasaran modern melibatkan beberapa bentuk media digital untuk membuat dan menampilkan konten iklan, termasuk posting media sosial, iklan video, dan blog atau artikel penelitian.

Pengertian media digital lebih jelas dikemukakan Digital Logic. Media digital adalah segala bentuk media yang menggunakan perangkat elektronik untuk distribusinya.

Bentuk media digital dapat dibuat, dilihat, dimodifikasi dan didistribusikan melalui perangkat elektronik. Media digital yang umum digunakan adalah perangkat lunak (software), video game, video, website, media sosial, dan iklan online.

Media digital sangat berbeda dengan media analog yang mengandalkan sistem manual, seperti media cetak (surat kabar, majalah, buku cetak) yang kini dikenal sebagai media tradisional atau media konvensional.

Perbedaan Media Online dan Media Digital

Online berarti seseorang atau sesuatu saat ini terhubung ke Internet. Digital adalah format atau proses yang menggambarkan teknologi elektronik yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data.

Dengan demikian, digital bisa online dan offline —misalnya; file audio digital keduanya dapat dialirkan secara online dan disimpan pada disk atau hard drive dan diakses secara offline.

Contoh media digital antara lain perangkat lunak, gambar digital, video digital, video game, halaman web dan situs web, media sosial, data dan database digital, audio digital seperti MP3, dokumen elektronik, dan buku elektronik (Zooma).

Media digital mencakup semua platform online, termasuk email, media sosial, situs web, dan streaming video (Indeed).

Demikian perbedaan media online dan media digital. Pemasaran online pun berbeda dengan pemasaran digital, meski bedanya tipis saja.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.