Podcasting adalah Siaran Radio Gaya PT Style

  • Whatsapp
Podcast Podcaster Podcasting
Podcasting Siaran Radio PT Style (Foto: We Edit Podcast)

PODCAST, podcaster, dan podcasting kian populer belakangan ini. Podcasting hakikatnya sama dengan radio broadcasting (siaran radio).

Bedanya:

  • Siaran radio dilakukan secara langsung (live on air).
  • Siaran podcast berupa rekaman (recording) –per definisi podcast adalah file audio yang bisa diputar dan didownload.

Audio podcast bisa didengarkan langsung (secara online), bisa juga offline –diunduh lebih dulu dan diputar tanpa koneksi internet.

Mengacu pada postingan Teknik dan Gaya Siaran Radio,  podcasting adalah siaran radio gaya PT Style. Podcaster mengandalkan suara dan wawasannya.

Gaya Siaran: DJ Style vs PT Style

Dalam dunia siaran radio, dikenal dua gaya siaran, yaitu DJ Style dan PT Style, sebagaimana saya bahas di buku Basic Announcing: Dasar-Dasar Siaran Radio.

1. DJ Style

DJ (Disk Jockey) Style yaitu gaya siaran nge-DJ. Penyiar lebih banyak memutar lagu. Ia berbicara sedikit sekali, bahkan memang harus sedikit.

Baca Juga

Dalam gaya DJ, penyiar hanya menerima telepon pendengar, baca SMS, dan mengantarkan lagu yang akan diputar dengan menyebutkan judul lagu dan penyanyinya.

Ini gaya siaran request lagu dan umumnya dilakukan oleh penyiar di radio anak muda.

2. PT Style

PT (Personal Touch) Style yaitu gaya siara dengan mengandalkan wawasan penyiar, memberikan informasi bagi pendengar, selain memutar lagu. Penyiar mengandalkan suara emas dan wawasannya.

Gaya siaran ini disebut “sentuhan pribadi” (personal touch) karena dalam siarannya sang penyiar banyak “tebar pesona” dengan kemerduan suara dan wawasannya yang luas sehingga ia berbagi informasi, pengetahuan, atau wawasannya dengan pendengar.

Gaya PT Style inilah yang berkembang menjadi podcasting. Para podcaster, khususnya format monolog (solo), berbicara tentang suatu topik selama 30-60 menit dalam satu episode.

Untuk menjadi podcaster format wawancara (interview) ataupun obrolan (conversation), Anda juga memerlukan wawasan luas agar pertanyaan yang diajukan fokus ke topik dan berhasil mengeksporasi pengalaman atau wawasan narasumber (interviewee).

Jelas ya, podcasting itu siaran radio gaya PT Style. Podcaster mengandalkan suara, gaya bicara, keterampilan berbicara (speaking skills), atau keterampilan komunikasi lisan, serta wawasan pengetahuannya.

Karena podcasting hakikatnya sama dengan siaran radio, maka keterampilan utama podcasting adalah kelancaran berbicara (speaking skills), memiliki suara yang enak didengar atau “layak siar” (audible), menguasai teknik vokal, dan berwawasan luas.

Contoh Format Podcast Solo/Monolog (PT Style Broadcasting)

Contoh Video Podcast

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *