Radio announcer’s skill – kualifikasi penyiar radio

romel siaran radio shinta fm
Penyiar radio ini tidak lagi on air, makanya headphone dilepas. Hanya untuk “narsis”. (Me on duty @ Radio Shinta FM Bandung 2012)

Apa saja Radio Announcer’s Skills atau kualifikasi penyiar radio? Pengetahuan dan keahlian apa saja yang harus dimiliki seorang penyiar radio?

Skills yang harus dimiliki seorang penyiar rado terbagi kedalam tiga hal penting:

  1. Skill –keterampilan, keahlian
  2. Knowledge –pengetahuan, wawasan
  3. Style –gaya komunikasi atau perilaku di ruang siaran.

Skills Penting Penyiar Radio

Ini dia keterampilan penting seorang penyiar radio.

1. Speaking

Berbicara (komunikasi lisan) untuk ngobrol dengan pendengar dan menyampaikan informasi secara efektif. Penyiar radio harus “pintar ngomong”. Suara adalah modal utama penyiar.

2. Active Listening

Baca Juga

Penyiar pro harus bisa menjadi pendengar yang baik dan aktif, memberikan perhatian penuh kepada perkataan pendengar, mampu bertanya efektif, proporsional, dan bijak, dan mampu menahan diri untuk interupsi atau memotong pembicaraan.

3. Reading Comprehension

Penyiar harus memahami naskah siaran (script), naskah berisi informasi, atau kalimat tertulis dan paragraf demi paragraf. Baca naskah, pahami, baru “suarakan” (siarkan).

4. Critical Thinking

Penyiar harus mampu berpikir kritis, logis, argumentatif, mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan solusi alternatif, mampu menyimpulkan atau melakukan pendekatan terhadap suatu masaalah.

5. Social Perceptiveness

Menyadari reaksi orang lain dan memahami mengapa mereka bereaksi seperti itu.

6. Time Management

Penyiar harus mampu mengelola waktu. Mengelola waktu atau jadwal siaran sendiri dan jadwal orang lain.

7. Writing

Penyiar, meski tugas utamanya berbicara, juga harus mampu berkomunikasi secara efektif secara tertulis yang sesuai untuk kebutuhan audiens.

8. Judgment and Decision Making

Mempertimbangkan biaya relatif dan manfaat dari tindakan potensial untuk memilih yang paling tepat. Maksudnya? Ini bahasa Inggrisnya: considering the relative costs and benefits of potential actions to choose the most appropriate one.

9. Coordination

Penyiar harus mampu menyesuaikan tindakan sehubungan dengan tindakan orang lain. Ingat, meski di ruang siaran Anda sendirian “cuap-cuap” dan muter lagu, di ruangan dan tempat lain ada orang lain yang mendukung siaran Anda –teknisi, penulis naskah, editor lagu, music director, program director, juga bagian iklan (marketing).

10. Active Learning

Penyiar harus terus belajar memahami implikasi informasi baru untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan saat ini dan di masa depan.

11. Complex Problem Solving

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan meninjau informasi terkait untuk mengembangkan dan mengevaluasi opsi dan mengimplementasikan solusi.

12. Monitoring

Memantau / Menilai kinerja diri Anda, orang lain, atau organisasi untuk melakukan perbaikan atau mengambil tindakan korektif.

13. Persuasion

Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran atau perilaku mereka.

14. Negotiation

Menyatukan orang lain dan mencoba mendamaikan perbedaan.

15. Service Orientation

Secara aktif mencari cara untuk membantu orang.

Wuih! Banyak banget…!!! Yaaaaa itulah penyiar profesional.

Pengetahuan Penting Penyiar Radio

Berikut ini pengetahuan (knowledge) atau wawasan yang mesti dimiliki penyiar radio.

1. Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang teknik dan metode pembuatan, komunikasi, dan penyebaran media. Ini termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui media tertulis, lisan, dan visual.

2. Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan konten bahasa Inggris termasuk makna dan ejaan kata-kata, aturan komposisi, dan tata bahasa. Ini untuk penyiar yang siaran dalam bahasa Inggris. Untuk bahasa Indonesia, ya sama begitu juga!

3. Telekomunikasi

Pengetahuan tentang transmisi, penyiaran, switching, kontrol, dan pengoperasian sistem telekomunikasi.

4. Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, dan perangkat keras dan lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

5. Layanan Pelanggan dan Pribadi

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan pelanggan dan pribadi. Ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas untuk layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

6. Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip bisnis dan manajemen yang terlibat dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi orang dan sumber daya.

7. Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau layanan. Ini termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

8. Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk kurikulum dan desain pelatihan, pengajaran dan instruksi untuk individu dan kelompok, dan pengukuran efek pelatihan.

9. Psikologi

Pengetahuan tentang perilaku dan kinerja manusia; perbedaan individu dalam kemampuan, kepribadian, dan minat; belajar dan motivasi; metode penelitian psikologis; dan penilaian dan pengobatan gangguan perilaku dan afektif.

10. Clerical

Pengetahuan tentang prosedur administrasi dan administrasi dan sistem seperti pengolah kata, mengelola file dan catatan, stenografi dan transkripsi, merancang formulir, dan prosedur dan terminologi kantor lainnya.

11. Seni Rupa

Pengetahuan tentang teori dan teknik yang diperlukan untuk menyusun, memproduksi, dan melakukan karya-karya musik, tari, seni visual, drama, dan patung.

12. Geografi

Pengetahuan tentang prinsip dan metode untuk menggambarkan fitur-fitur massa daratan, laut, dan udara, termasuk karakteristik fisik, lokasi, hubungan timbal balik, dan distribusi tanaman, hewan, dan kehidupan manusia.

Hadoooh…. banyak banget! Ya, memang penyiar harus berwawasan luas agar siarannya “berisi”. Ucapannya bermakna, informatif, bahkan inspiratif. Tidak cuma bisa ngomong “oke pendengar, oke kita dengarkan, oke, oke…!”

Gaya Penyiar Radio

1. Ketergantungan

Pekerjaan membutuhkan keandalan, tanggung jawab, dan dapat diandalkan, serta memenuhi kewajiban.

2. Integritas

Pekerjaan membutuhkan kejujuran dan etika.

3. Toleransi Stres

Pekerjaan membutuhkan menerima kritik dan berurusan dengan tenang dan efektif dengan situasi stres yang tinggi.

4. Inisiatif

Pekerjaan membutuhkan kemauan untuk mengambil tanggung jawab dan tantangan.

5. Kontrol Diri

Pekerjaan membutuhkan menjaga ketenangan, mengendalikan emosi, mengendalikan amarah, dan menghindari perilaku agresif, bahkan dalam situasi yang sangat sulit.

6. Kerja Sama

Pekerjaan membutuhkan kesenangan dengan orang lain dalam pekerjaan dan menunjukkan sikap kooperatif yang baik hati.

7. Perhatian pada Detail

Pekerjaan membutuhkan kehati-hatian tentang detail dan menyeluruh dalam menyelesaikan tugas pekerjaan.

8. Adaptasi / Fleksibilitas

Pekerjaan membutuhkan sifat terbuka untuk berubah (positif atau negatif) dan beragam di tempat kerja.

9. Kemandirian

Pekerjaan membutuhkan pengembangan cara sendiri dalam melakukan sesuatu, membimbing diri sendiri dengan sedikit atau tanpa pengawasan, dan bergantung pada diri sendiri untuk menyelesaikan sesuatu.

10. Inovasi

Pekerjaan membutuhkan kreativitas dan pemikiran alternatif untuk mengembangkan ide dan jawaban baru untuk masalah yang terkait dengan pekerjaan.

11. Kegigihan

Pekerjaan membutuhkan kegigihan dalam menghadapi rintangan.

12. Prestasi / Upaya

Pekerjaan membutuhkan membangun dan mempertahankan secara pribadi tujuan pencapaian yang menantang dan mengerahkan upaya untuk menguasai tugas.

13. Orientasi Sosial

Pekerjaan penyiar radio menuntut lebih memilih bekerja dengan orang lain daripada sendirian, dan terhubung secara pribadi dengan orang lain di tempat kerja.

14. Kepedulian terhadap Orang Lain

Pekerjaan membutuhkan kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain serta menjadi pengertian dan membantu dalam pekerjaan.

15. Kepemimpinan

Pekerjaan membutuhkan kemauan untuk memimpin, mengambil alih, dan menawarkan pendapat dan arahan.

16. Berpikir Analitis

Penyiar radio profesional membutuhkan analisis informasi dan menggunakan logika untuk mengatasi masalah dan masalah yang terkait dengan pekerjaan.

Itu dia keterampilan, pengetahuan, dan gaya yang harus dimiliki penyiar radio. Ngerti ora, Son?

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.