Simak Yuk! 2 Perlengkapan Penting untuk Konektivitas Internet

205 views

modem koneksi internet

Sekarang ini koneksi internet sangat dibutuhkan oleh banyak orang karena internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang setiap hari wajib ada untuk mencari informasi dan kegiatan komunikasi.

Nah, salah satu alat yang biasa digunakan untuk menyambungkan konektivitas internet di rumah atau kantor adalah modem dan router.

  • Modem adalah salah satu alat untuk menyambungkan sinyal dan bisa juga digunakan untuk menyimpan data-data yang penting. Jika ingin menyimpan data penting dengan mudah agar tidak hilang, kamu bisa menyimpannya di modem.
  • Router adalah alat yang digunakan hanya untuk menyambungkan koneksi internet dan tidak dapat menyimpan data.

Jika ingin internetnya lebih mudah kamu bisa menggunakan router untuk membantu melancarkan koneksinya. Untuk itu, agar kamu lebih tahu perbedaan dan jenis-jenis modem atau router sebaiknya simak artikelnya berikut ini.

Perlengkapan Penting untuk Koneksi Internet

Router

1. Router Hardware

router-hardware

Router hardware merupakan Salah satu alat yang sudah banyak digunakan dan memiliki bentuk yang sama dengan modem.

Kelebihannya yaitu, memiliki kemampuan yang sangat besar dalam proses menghubungkan jaringan dengan baik. Router hardware ini sangat cocok buat kamu yang mencari kecepatan internet di rumah dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Router Software

router-software

Router software yang satu ini merupakan salah satu aplikasi atau program yang bisa menghubungkan koneksi internet yang sangat baik.

Router ini dapat diinstal pada software  komputer, seperti Linux, macOS, dan windows. Kelebihannya yaitu bisa digunakan dengan router lainnya yaitu WinRouter, Soygate, WinGate. Tetapi router ini tidak sehebat seperti router hardware dan harganya pun sangat terjangkau.

3. Router PC

router-pc

Beda dengan router software, router ini merupakan salah satu program yang memang sengaja diinstal untuk mampu menjadi router.

Akan tetapi untuk router software sangat jarang sekali digunakan karena harus mempunyai spesifikasi yang sangat rendah seperti, RAM 64, Pentium 2, Harddisk 10 GB, dan lainnya.

Modem

1. Modem analog

modem analog

Modem analog merupakan salah satu alat yang menerima sinyal melalui jaringan data yang akan dikirimkan kepada komputer atau sebaliknya.

Biasanya modem ini digunakan untuk jaringan komputer melalui telepon yang menggunakan modem. Kelebihannya yaitu, modem ini digunakan di rumah pribadi. Biasanya komputer yang menggunakan modem ini yaitu komputer PC/tunggal yang memiliki kecepatan seperti, 28,8 kbps, 56 kbps, 14,4 kbps.

2. Modem DSL

modem dsl

Modem DSL merupakan alat yang digunakan untuk mengirimkan atau menerima data melalui suatu jaringan atau teknologi digital.

Jika kamu menggunakan modem DSL ini akan lebih cepat daripada modem analog. Menariknya lagi modem ini  memiliki dua jenis, yaitu ASDL dan SSL.

ASDL umumnya digunakan untuk mempercepat download daripada upload. SSL digunakan untuk kecepatan download sama dengan kecepatan upload.

3. Modem Kabel

modem-kabel

Modem Kabel merupakan salah satu alat perangkat keras yang menghubungkan TV kabel dengan PC. Jaringan kabel ini digunakan untuk memperlancarkan koneksi internet dengan kecepatan 2,5 Mbps upstream, dan 27 Mbps.

4. Modem CDMA

modem-cdma

Modem CDMA ini merupakan modem yang menggunakan internet sistem komunikasi melalui CDMA. Sebenarnya modem ini berbentuk seperti flashdisk yang bisa kamu gunakan kapan saja.

Selain itu modem CDMA memiliki kecepatan internet hingga koneksinya tiga kali lipat.

5. Modem GSM

modem-gsm

Modem yang satu ini memiliki fungsi yang sama seperti modem CDMA, modem ini  merupakan modem yang memiliki komunikasi internet nya dengan GSM dan memiliki bentuk yang sama seperti dengan flashdisk.

Kelebihan yang dimiliki modem GSM adalah dapat digunakan dengan PC atau laptop dan memiliki fitur 4GB, HSPA yang membuat transfer akan lebih cepat.

Itulah berbagai macam jenis dari modem dan router yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan konektivitas internet.

Jika ingin menggunakan cara yang simple kamu bisa menggunakan router hardware, modem CDMA atau modem GSM. Jadi, modem mana yang menurutmu cocok? Pilihlah yang menurutmu sesuai dengan kebutuhan, ya!

 

Koneksi Internet Modem Router

Related Post

Leave a reply