Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Guru TK

Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Guru TK

Syarat menjadi guru Taman Kanak-Kanak (TK) bukan sekadar menyukai anak-anak. Ada beberapa skill yang harus dimiliki dan ditonjolkan, khususnya ketika Anda sedang mencari pekerjaan.

Skill atau keterampilan ini harus masuk ke dalam daftar kompetensi yang Anda buat di CV dan resume. Anda bisa mengecek apa saja kompetensi yang perlu dituliskan dalam CV dan resume agar tampak menonjol.

Bagaimana cara menuliskannya dengan benar, bisa langsung cek di situs ini. Anda pastinya akan dengan mudah menarik perhatian HRD untuk merekrut.

Soal apa saja kompetensi yang bisa dimasukan, Anda bisa mencari tahunya di sini.

Empat Skills yang Harus Dimiliki oleh Guru TK

Peran utama guru Taman Kanak-Kanak cukup berbeda dengan guru Sekolah Dasar apalagi Sekolah Menengah Pertama. Pasalnya, tugas utama dari guru TK adalah membentuk karakter anak di bawah usia 7 tahun.

Apabila karakter anak tidak terbentuk dengan baik, maka mereka akan kesulitan dalam mengikuti pelajaran di tingkat pendidikan selanjutnya. Jadi fokus yang diperhatikan oleh guru TK bukan soal mata pelajaran saja.

Oleh karena itulah, ada beberapa skill yang dibutuhkan bagi seorang guru TK. Skill ini sebaiknya dimiliki sehingga anak didik pun bisa memiliki karakter lebih baik. Apa saja kompetensi yang dibutuhkan, cek daftarnya di bawah ini!

1. Kompetensi Pedagogik

Kemampuan yang pertama ini berhubungan dengan wawasan ilmu pendidikan yang nantinya bisa ditularkan untuk mengembangkan potensi anak. Ada banyak teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik harus dikuasai.

Guru juga harus bisa mengembangkan kurikulum yang berhubungan sesuai bidangnya. Pada praktiknya, guru perlu mempersiapkan kegiatan pengembangkan kemampuan anak yang mendidik. Tidak ada salahnya juga memanfaatkan teknologi informasi demi kepentingan kegiatan pembelajaran.

Selama mengajar skill seperti kemampuan berkomunikasi secara efektif, santun dan empatik sangat dibutuhkan. Penting juga memiliki kemampuan evaluasi baik dari murid atau metode pembelajaran yang sudah diterapkan.

2. Kompetensi Kepribadian

Skill selanjutnya ini akan menjadi contoh atau cerminan para murid karena berhubungan dengan kepribadian. Seorang guru TK harus berkepribadian luhur yang mengacu pada nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa.

Penting juga untuk memiliki integritas diri tinggi sebagai tenaga pendidikan anak TK. Perlu adanya dedikasi, kemandirian sekaligus kreativitas yang menyesuaikan perkembangan zaman. Pribadi yang semangat dalam mengajar dan terus belajar demi mengembangkan diri pun dibutuhkan.

Apabila Anda memiliki banyak minat dalam dunia pendidikan maka ada begitu banyak ilmu yang tidak akan pernah habis untuk dipelajari. Keinginan untuk terus belajar ini juga dibutuhkan.

Tidak kalah penting, kemampuan manajemen pendidikan juga diperlukan bagi guru TK. Kemampuan manajemen ini mempermudah aktivitas mengajar dalam mengatur jadwal sampai dengan menghadapi anak didik secara langsung. Ada banyak prinsip yang harus dipahami.

3. Kompetensi Profesional

Profesionalisme dari guru TK juga akan jadi penilaian yang dilihat dari CV serta resume. Pada bagian keterampilan Anda bisa menambahkan beberapa kemampuan seperti praktik dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran.

Skill profesional lainnya seperti penguasaan terhadap pengembangan potensi anak, teknik untuk memotivasi anak agar belajar serta strategi bimbingan belajar. Tidak hanya soal bagaimana cara mengajar, tetapi kemampuan evaluasi anak pun dibutuhkan.

Contohnya saja bagaimana seorang guru bisa melakukan analisis kebutuhan anak. Ada teknik tertentu yang harus diterapkan. Begitu juga teknik modifikasi perilaku anak dan teknik untuk menganalisis masalah pendidikan anak.

Meskipun murid di TK masih termasuk usia kecil namun ada banyak analisis dan evaluasi yang justru perlu dilakukan. Guru harus menguasai teknik-teknik ini sehingga mampu menjelaskan kepada orang tua murid mengenali potensi yang dimiliki anak.

4. Kompetensi Sosial

Skill terakhir yang dibutuhkan guru TK ini berhubungan dengan bagaimana cara guru bisa bersosialisasi dengan anak.

Ada keterampilan khusus dalam berkomunikasi dengan anak didik yang masih berusia di bawah 7 tahun.
Memang tidak mudah memahami pemikiran anak usia tersebut, apalagi usia tersebut sangatlah sensitif.

Perlu adanya keterampilan seperti peka dan peduli terhadap sosial untuk bisa dengan cepat mengetahui permasalahan yang dihadapi anak didik.

Guru juga harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi lebih tinggi dan terbuka dari semua jenis pembaruan. Kompetensi sosial lain yang dibutuhkan adalah toleransi dengan nilai-nilai serta kebudayaan.

Memahami betul mengenai kompetensi sosial ini akan mempermudah Anda untuk mencetak murid yang bisa menjunjung nilai sosial dengan lebih baik. Pasalnya saat ini tidak banyak guru TK yang masih memperhatikan kompetensi ini.

Itulah skills yang dibutuhkan oleh seorang guru TK dan penting untuk memasukkannya ke dalam resume dan CV. Semakin banyak keterampilan yang Anda tulis ditambah dengan melampirkan sertifikasi pelatihan dan sejenisnya bisa membuat profil Anda jauh lebih menarik.

Sekarang cobalah untuk menuliskan keempat kompetensi ini, mana saja yang sudah Anda kuasai? Catat dan buat HRD terkesima dengan kemampuan Anda!

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.