Teknik Menulis Artikel Ilmiah Populer

  • Whatsapp

artikel ilmiah populer

Artikel Ilmiah Populer adalah tulisan ilmiah yang disajikan di media massa untuk dikonsumsi pembaca non-ilmiah (non-akademis) alias orang awam. Berikut ini cara atau Teknik Menulis Artikel Ilmiah Populer.

Artikel ilmiah populer –disebut juga karya ilmiah populer– merupakan karya tulis dengan menggunakan bahasa populer yang mudah dipahami oleh masyarakat awam berisi hasil kajian, penelitian, atau studi.

Prinsipnya, teknik menulis artikel ilmiah populer sama dengan menulis artikel populer biasa –proses kerja intelektual yang membutuhkan keahlian khusus (writing technique), latihan, kejelian, daya nalar, wawasan, referensi, etika, waktu, dan… kesabaran.

Artikel ilmiah populer yaitu tulisan yang berisi hasil kajian, pandangan, atau opini penulis disertai argumentasi ilmiah dan disajikan dalam bahasa populer sehingga mudah dipahami orang awam.

Pengertian Artikel Ilmiah Populer

Istilah artikel ilmiah populer terdiri dari tiga kata: artikel, ilmiah, populer. Berikut ini pengertiannya secara bahasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI):

  • Artikel –karya tulis seperti misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dsb.
  • Ilmiah –bersifat ilmu; secara ilmu pengetahuan; memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan.
  • Populer –dikenal dan disukai orang banyak (umum); sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya; mudah dipahami orang banyak; disukai orang banyak.
  • Ilmiah Populer –bersifat ilmu, tetapi menggunakan bahasa umum sehingga mudah dipahami oleh masyarakat awam (tentang artikel, gaya penulisan karya ilmiah).
  • Karya Ilmiah –tulisan yang memuat dan mengkaji suatu masalah dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan, seperti objektif, logis, empiris (berdasarkan fakta), sistematis, lugas, jelas, dan konsisten.
  • Ilmiah murni –skripsi, tesis, desertasi– ditampilkan dalam bahasa baku dan sangat terikat dengan kaidah bahasa Indonesia resmi. Topik: bidang keilmuan spesifik.
  • Ilmiah populer –ditampilkan dengan bahasa yang lebih luwes sehingga dapat dipahami masyarakat awam. Topik: permasalahan aktual masyarakat.

Jadi, secara bahasa, artikel ilmiah populer adalah tulisan berisi pendapat subjektif penulis tentang suatu masalah atau peristiwa berdasarkan kajian, analisis, penelitian, dan memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan yang disajikan dalam bahasa populer sehingga mudah dipahami masyarakat luas.

Bahasa populer adalah bahasa yang mudah dicerna orang awam. Di media massa, bahasa populer yang dimaksud adalah bahasa jurnalistik atau bahasa pers.

Karakteristik Artikel Ilmiah Populer

  1. Opini tentang suatu masalah atau peristiwa disertai fakta empiris dan teori pendukung.
  2. Sarana komunikasi antara ilmuwan dan masyarakat (orang awam).
  3. Gaya bahasa populer atau bahasa media (bahasa jurnalistik) –sederhana, mudah dipahami orang awam, singkat, dan efektif (hemat kata).
  4. Ringkasan hasil penelitian –fakta terpenting & penting (model piramida terbalik).
  5. Menerjemahkan bahasa iptek yang njelimet ke dalam bahasa yang dimengerti secara umum.
  6. Mudah dicerna karena berkaitan erat dengan kejadian sehari-hari.
  7. Memperkenalkan ilmu atau temuan baru serta mengaitkan dengan kebutuhan masyarakat.

Cara Menulis Artikel Ilmiah Populer

Secara praktis, artikel ilmiah populer adalah karya ilmiah yang ditulis dengan gaya bahasa populer (bahasa media/bahasa jurnalistik) untuk dimuat di media massa (surat kabar, majalah, tabloid, media online).

Berbeda dengan artikel ilmiah atau karya ilmiah (scientific writing), artikel ilmiah popular tidak terikat secara ketat dengan aturan penulisan ilmiah.

Artikel ilmiah ditulis lebih bersifat umum, untuk konsumsi publik. Dinamakan ilmiah populer karena ditulis bukan untuk keperluan akademik, tetapi untuk “dikomunikasikan” kepada publik melalui media massa. Artikel ilmiah populer bisa hasil penelitian ilmiah, namun disajikan dengan lebih ringkas dan lugas.

Paragraf disajikan dengan kalimat-kalimat pendek. Penggunaan kata sederhana dan hindari kata sulit dimengerti. Penggunaan istilah yang mudah digambarkan pembaca.

Struktur Tulisan Ilmiah Populer

  1. Head – judul.
  2. By Line – nama penulis.
  3. Intro – pendahuluan (lead).
  4. Bridging – penghubung intro dengan isi tulisan, berupa identifikasi masalah atau pertanyaan.
  5. Body – isi tulisan atau uraian yang biasanya terdiri atas sub-subjudul,
  6. Closing – penutup; biasanya berupa kesimpulan, ajakan berbuat sesuatu, atau pertanyaan tanpa jawaban

Tahapan Menulis Artikel Ilmiah Populer

  1. Ide, Tema/Topik
  2. Pengembangan Tema (Referensi, Observasi, Riset)
  3. Outlining
  4. First Draft/Free Writing
  5. Editing

Memilih Topik

  1. Isu Aktual.
  2. Aktivitas Sehari-hari.
  3. Perkenalkan Ilmu atau Temuan Baru

Sistematikan Penulisan: Bahasan

  1. Kronologis –satuan waktu –jam, hari, bulan, atau tahun.
  2. Proses –tahapan berurutan seperti tutorial.
  3. Deduksi –umum ke khusus, teori ke empiri, rumus ke penerapan, dalil ke fakta.
  4. Induksi –kebalikan dari deduksi.
  5. Reportase –menceritakan peristiwa seperti laporan observasi atau eksperimen ilmuah. (www.romeltea.com).*

Artikel Terkait

Leave a Reply

1 comment