Teknik Public Speaking untuk Guru

  • Whatsapp

Keterampilan berbicara di depan umum dan komunikasi sangat penting bagi guru, pelatih, dan staf kependidikan. Postingan berikut ini membahas tips atau teknik public speaking untuk guru.

Teknik Public Speaking untuk Guru

Public Speaking atau berbicara di depan umum adalah proses melakukan presentasi atau pidato kepada audiens langsung dengan cara yang terstruktur dan disengaja untuk menginformasikan, memengaruhi, atau menghibur.

Bagi sebagian –bahkan kebanyakan– orang, public speaking adalah hal sulit. Sebagian orang lagi memiliki bakat alami keterampilan berbicara di depan umum.

Namun, public speaking adalah skill komunikasi yang dapat dipelajari dan ditingkatkan. Hal mendasar dalam public speaking adalah memahami topik pembicaraan. Guru umumnya lancar berbicara karena menguasai topik (materi/mata pelajaran) dengan baik.

Salah satu karakteristik penting menjadi seorang pendidik adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Seseorang mungkin ahli dalam suatu topik tertentu, tetapi jika mereka tidak dapat mengomunikasikannya dengan baik, audiens tidak akan mendapatkan banyak.

Baca Juga

Guru sering merasa lebih mudah untuk berbicara dengan individu atau kelompok kecil. Sebagai bagian dari tuntutan pekerjaan mereka, pendidik disajikan dengan kesempatan berbicara secara teratur.

Hal ini membuat penting bagi seorang pendidik untuk memiliki sikap dan keterampilan yang benar dalam berbicara di depan umum –tepatnya di kelas, di depan para murid.

Sebagai seorang guru, Anda berada dalam posisi untuk transfer ilmu sekaligus memengaruhi siswa Anda dalam banyak cara.

Anda mungkin bertujuan untuk memberikan pengetahuan, menanamkan dalam diri mereka kecintaan untuk belajar, dan membantu mereka tumbuh menjadi pria dan wanita muda yang sukses dan diperlengkapi dengan baik.

Mengapa Public Speaking Penting bagi Guru?

Keterampilan berbicara di depan umum (public speaking skill) akan membantu para guru –juga dosen– dalam menciptakan proses pembelajaran yang interaktif, asyik, dan menyenangkan.

Tanpa ada strategi komunikasi dengan teknik public speaking yang baik, pembelajaran bisa jadi membosankan. Baik itu pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran online.

Guru yang memiliki public speaking yang baik akan lebih dekat dengan siswa. Berdasarkan hasil penelitian Kompas (2008), guru yang disenangi oleh siswa adalah mereka yang mampu mengajar dengan “komunikatif, fun, rileks, dan humoris”.

Dalam suasana belajar-mengajar di kelas atau saat menyampaikan materi, guru perlu memperhatikan tata bahasa, teknik vokal (artikulasi, nada suara, tempo bicara, volume suara), bahasa tubuh (kontak mata, gestur), humor, dan umpan balik (feedback).

Dengan demikian, keterampilan berbicara di depan umum adalah bagian yang sangat penting dari kehidupan guru.

Seorang guru selalu harus berbicara kepada siswanya, memberikan pidato di berbagai kegiatan, berpartisipasi dalam diskusi kelompok sekolah, dll.

Guru yang baik adalah guru yang membuat topiknya menarik bagi siswanya, tidak membuat siswanya merasa bosan saat mengikuti perkuliahannya. Membuat siswa memahami hal yang Anda ajarkan bukanlah tugas yang mudah. Ini membutuhkan seperangkat keterampilan komunikasi dan berbicara di depan umum yang baik untuk membuat topik Anda jelas bagi semua orang.

Berbicara di depan umum menjadi lebih penting jika Anda mengajarkan standar yang lebih tinggi karena topik standar yang lebih tinggi biasanya sulit untuk dipahami, dan jika Anda tidak dapat menjelaskan berbagai hal dengan benar, hal itu akan memperburuk keadaan siswa.

Tetapi jika guru tidak memiliki keterampilan berbicara di depan umum yang baik, maka, tidak peduli seberapa baik dia pada mata pelajaran tertentu, mereka tidak dapat menjelaskan sesuatu kepada siswanya dengan baik.

Jika Anda seorang guru yang membaca artikel ini, maka keterampilan berbicara di depan umum Anda harus lebih baik karena siswa Anda akan mengikuti hal yang sama yang Anda miliki.

Dalam banyak kasus, banyak guru kehilangan pekerjaan mengajar karena mereka tidak dapat menjelaskan sesuatu dengan benar kepada siswa mereka.

Biasanya, guru baru atau orang yang baru mengajar merasa kesulitan berbicara di depan umum karena belum terbiasa.

Berbicara untuk Menginformasikan

Tanggung jawab utama Anda sebagai guru adalah menyajikan materi pelajaran kepada siswa dengan cara yang sederhana dan menarik, sehingga mereka dapat memahaminya secara menyeluruh.

Apakah Anda mengajar matematika atau sastra, teknik atau ilmu sosial, Anda akan secara teratur memperkenalkan konsep-konsep baru kepada Anda. Ide-ide ini mungkin sulit dipahami oleh banyak siswa Anda.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan memperhatikan bakat siswa. Anda mungkin harus menggunakan alat bantu visual (seperti slide powerpoint atau media pembelaran lainnya), contoh praktis, dan kunjungan lapangan untuk membuat konten Anda lebih mudah dipahami. Semua ini hanya dapat dicapai oleh seseorang yang berpengalaman dalam seni berbicara di depan umum.

Jika Anda ingin memberikan pengetahuan kepada siswa Anda, Anda harus memiliki perintah yang kuat atas berbagai aspek berbicara di depan umum. Anda harus dapat mempersiapkan kuliah dan presentasi Anda dengan menggunakan kerangka yang logis dan bahasa yang mudah dipahami.

Anda harus memilih kata yang tepat dan memasukkan argumen, contoh, dan studi kasus yang tepat. Anda harus nyaman menggunakan alat bantu visual, seperti multimedia, handout, dan papan tulis.

Anda harus membuat dan mempertahankan kontak mata (eye contact) dengan siswa Anda dan menggunakan modulasi suara untuk menekankan poin-poin penting.

Singkatnya, Anda harus menjadi pembicara yang berpengetahuan luas jika Anda ingin mengajar dengan sukses.

Menjaga Siswa Terlibat

Melibatkan siswa dan menjaga mereka merupakan tantangan serius bagi para guru. Terlalu banyak gangguan di dalam dan di luar kelas bagi guru dan siswa.

Tetapi sebagai guru, Anda harus meningkatkan keterampilan public speaking untuk menghadapi tantangan itu secara langsung.

Anda dapat mulai dengan membuat materi pelajaran Anda lebih menarik dan relevan bagi siswa Anda. Anda dapat mencoba menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari yang memengaruhi siswa.

Jika Anda menjelaskan pengambilan sampel statistik, Anda dapat membagikan penggunaannya dalam situasi kehidupan nyata, seperti polling pemilu atau survei pemasaran. Hal ini akan membuat materi pelajaran lebih menarik bagi siswa dan mereka akan memperhatikan.

Teknik umum lainnya yang digunakan untuk melibatkan audiens oleh public speaker adalah pertanyaan dan aktivitas.

Dengan mengajukan pertanyaan, Anda bisa membuat siswa memperhatikan mater pelajaran yang Anda sampaikan. Mengajukan pertanyaan juga memberikan umpan balik bagaimana siswa memahami dan menyerap informasi yang disajikan.

Menginspirasi Siswa Anda

Guru dapat menjadi salah satu panutan yang paling berpengaruh bagi siswanya. Misalnya, filsuf besar Yunani Plato terinspirasi oleh gurunya yang tidak lain adalah Filsuf besar, Socrates.

Tetapi untuk menjadi seorang guru yang inspiratif, Anda harus menjadi pembicara publik yang baik. Anda harus selalu siap datang ke kelas dan berbicara dengan kepercayaan diri.

Anda harus memahami siswa Anda dan kebutuhan mereka. Anda harus menyesuaikan materi dan presentasi Anda dengan sifat dan kebutuhan siswa.

Untuk tujuan ini, Anda dapat berbicara dengan masing-masing siswa untuk mengetahui area, bab, atau bagian silabus apa yang mereka butuhkan lebih banyak bantuan.

Tetapi pekerjaan Anda tidak terbatas pada silabus. Anda harus menanamkan kepercayaan diri dan memberdayakan siswa Anda dengan kata-kata dan tindakan Anda.

Anda harus memotivasi mereka untuk bekerja keras dan memberikan yang terbaik untuk ujian mereka. Anda harus menginspirasi mereka untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka.

Komunikasi adalah Kunci

Banyak siswa yang mengalami masalah pribadi, apakah itu masalah keuangan di rumah atau diintimidasi atau di-bully di sekolah.

Sebagai seorang guru, Anda harus dapat berkomunikasi dengan siswa secara pribadi, baik di dalam maupun di luar kelas.

Anda harus membuat diri Anda tersedia dan mudah didekati. Anda harus mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dan mencari bantuan Anda secara pribadi jika mereka perlu.

Di sinilah keterampilan komunikasi yang baik sangat penting. Anda harus berbicara dengan nada ramah dan menjaga senyum di wajah Anda.

Anda tidak boleh terlihat tertutup atau agresif jika tidak, Anda berisiko menolak siswa yang mungkin membutuhkan bantuan Anda.

Anda harus terlihat terbuka melalui bahasa tubuh dan gerakan tangan untuk mendorong partisipasi maksimal dari siswa Anda. Semua teknik ini dapat diterapkan oleh setiap guru yang telah menguasai seni berbicara di depan umum.

Keterampilan yang dibutuhkan untuk kelas

Berikut adalah beberapa keterampilan mengajar di kelas yang efektif yang penting untuk interaksi harian Anda dengan siswa:

  • Interaktif: Siswa bukan pendengar pasif, tetapi peserta aktif. Perkuliahan sekarang digantikan oleh pembelajaran aktif dan keterlibatan siswa.
  • Fleksibel: Seorang guru harus sering belajar beradaptasi, tergantung pada respons siswa.
  • Kreatif: Seorang guru dapat menggunakan cara-cara kreatif untuk menyajikan pelajaran dan mendorong pembelajaran.

Salah satu keuntungan terbesar dari berkomunikasi di dalam kelas adalah Anda mengenal audiens Anda dengan baik.

Mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa Anda dapat membantu Anda mempersiapkan pelajaran Anda dengan cara yang dapat menguntungkan siswa pada tingkat kinerja yang berbeda.

Jika Anda memiliki siswa yang berasal dari budaya yang berbeda, berhati-hatilah saat memberikan contoh, analogi, dan pekerjaan terkait lainnya.

Saran dan Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk penyampaian efektif seorang pendidik:

  • Keterampilan verbal: Ingatlah untuk mengartikulasikan dengan baik dan mempercepat pelajaran Anda tergantung pada usia dan kemampuan di kelas Anda. Pertahankan kosakata dan konten Anda sesuai usia.
  • Keterampilan non-verbal: Siswa Anda dapat menangkap banyak sinyal dari komunikasi nonverbal Anda. Miliki bahasa tubuh yang positif yang mendorong untuk mengajukan pertanyaan, partisipasi, dan umpan balik.
  • Alat Bantu Presentasi: Jaga agar alat bantu presentasi Anda relevan dengan usia, menarik, dan kreatif.
  • Teknok Vokal: Bicaralah perlahan dan artikulasikan dengan baik.
  • Tata Bahasa: Gunakan kata-kata sederhana dan jelaskan arti kosakata baru. Ajukan pertanyaan dan dorong keterlibatan siswa.
  • Senyum: Sering-seringlah tersenyum dan berbicaralah dengan nada yang hangat, lembut dan ramah.
  • Pendengar Aktif: Dengarkan baik-baik apa yang dikatakan siswa Anda. Ini adalah sumber umpan balik yang sangat baik yang akan membantu Anda merenungkan bidang-bidang yang perlu ditangani.
  • Panggil siswa Anda dengan nama dan pertahankan kontak mata.
  • Saat memilih alat peraga, pilihlah satu yang alatt sederhana, misalnya boneka, tanaman, hewan peliharaan, kartu, atau bola.
  • PowerPoint bisa penuh warna dan penuh gambar, tetapi gunakan teks sederhana.
  • Papan dapat digunakan untuk menggambar, permainan dan kegiatan mengajar. Misalnya, Anda dapat mengadakan perlombaan penjumlahan dengan membagi papan menjadi dua dan meminta dua siswa menyelesaikan penjumlahan di kedua sisi.
  • Gunakan video untuk membantu mengajarkan angka, alfabet, fonem, dan keterampilan membaca.

Sebagai seorang pendidik, Anda mengomunikasikan kata-kata penting setiap hari. Kata-kata yang Anda ucapkan mempengaruhi banyak orang.

Namun, komunikasi tidak hanya tentang kata-kata yang digunakan, tetapi cara pesan disampaikan. Apa yang Anda komunikasikan dan cara Anda melakukannya penting.

Cara Meningkatkan Public Speaking Guru

Berikut ini tips bagi guru untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.

1. Pahami Apa yang Ingin Anda Katakan

Untuk komunikasi yang baik, pertama-tama Anda perlu mengklarifikasi apa yang sebenarnya ingin Anda katakan. Anda harus membutuhkan ide bagus yang diteliti dengan baik tentang apa yang ingin Anda komunikasikan di depan umum atau dengan siswa.

Jadi, sebelum berbicara di kelas, Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang topik Anda, yang ingin Anda jelaskan di depan umum.

2. Jangan Terlalu Gugup

Seringkali saat menyampaikan pidato, banyak guru menjadi gugup, sehingga public speaking mereka terganggu, dan mereka tidak dapat menjelaskan suatu topik dengan benar.

Situasi seperti ini kebanyakan muncul di hadapan para guru baru. Hal-hal ini terjadi sebagian besar karena pikiran negatif dan banyak harapan dari diri sendiri.

Daripada membawa banyak harapan, tenanglah! Membawa banyak harapan hanya akan membuat Anda semakin merasa terbebani dan stres.

Jangan hidup di masa depan; hidup di masa sekarang! Jadi, ketika Anda menghadapi skenario seperti itu, berhentilah sejenak, dan minumlah air, dan singkirkan hal-hal negatif dari diri Anda dan mulailah berbicara di depan umum lagi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gugup dalam Public Speaking

3. Rileks!

Sering kali seorang guru yang mengajar beberapa siswa merasa stres ketika mereka harus berpidato di depan banyak orang, seperti pidato tahunan.

Skenario yang sama juga berlaku untuk guru yang memulai karier mengajar mereka baru-baru ini. Guru tipe ini merasa cemas ketika menghadapi situasi seperti itu.

Jadi, sebelum mulai berbicara di depan umum, guru harus melakukan beberapa kegiatan santai. Salah satu aktivitas relaksasi tersebut adalah menarik dan mengembuskan napas!

Dengan melakukan kegiatan tersebut, guru akan merasa kurang cemas dan merasa rileks yang secara otomatis membantu memberikan interaksi publik yang baik.

4. Catat Poin-Poin Utama!

Ketika seorang guru sedang mengajar topik yang besar, cenderung terjadi bahwa mereka lupa untuk menjelaskan beberapa poin, yang menyebabkan munculnya beberapa pertanyaan kepada pendengar.

Untuk memperjelas hal ini, Anda harus membuat catatan poin-poin buletin yang harus Anda katakan. Dengan membuat catatan poin seperti itu, akan dengan mudah membuat pengajaran Anda baik yang secara langsung membuat Anda berbicara di depan umum dengan baik.

5. Jangan Menghafal!

Saat mengajar, jangan menghafal “naskah pidato” atau mateeri pelajaran Anda kata ke kata yang harus Anda berikan selama interaksi dengan pendengar atau dengan siswa Anda.

Jika Anda mencoba untuk mengingat sesuatu, cenderung terjadi bahwa Anda mungkin melupakan sesuatu yang menyebabkan kecemasan Anda meningkat, dan karena itu, ritme komunikasi Anda berubah menjadi keheningan yang aneh.

6. Gunakan Kata-Kata Sederhana

Sebagai seorang guru, Anda mungkin mengetahui berbagai macam kata-kata sulit dan rumit yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Karena mengetahui kata-kata seperti itu, Anda mungkin menggunakan kata itu selama berbicara di depan umum, tetapi tidak sama bagi orang lain untuk mencerna jenis kalimat dan kata-kata ini.

Jadi, saat berbicara di depan umum, Anda tidak boleh menggunakan kata-kata rumit yang sulit dimengerti audiens.

7. Jangan Cepat Saat Berbicara

Selama komunikasi, guru harus menghindari berbicara cepat. Skenario ini muncul ketika ada sedikit waktu, dan Anda telah menjelaskan banyak hal kepada pendengar.

Tapi Anda tidak harus berbicara cepat. Anda mungkin berpikir bahwa Anda telah menjelaskan topik besar kepada mereka dalam waktu singkat, tetapi di sisi lain, mereka tidak akan mengerti apa pun yang telah Anda jelaskan.

Jadi, di tempat seperti itu, Anda seharusnya hanya menyoroti intinya daripada menjelaskannya secara singkat.

8. Gunakan Selera Humor

Ketika Anda terus berbicara selama satu jam, itu membuat siswa merasa lelah. Jadi dalam keadaan seperti itu, Anda harus menggunakan humor dalam berbicara di depan umum; ini akan membuat mereka menyegarkan dan juga membuat topik menarik.

Dengan mengatakan untuk menggunakan humor, bukan berarti Anda harus selalu menggunakan humor setelah 2-3 kalimat.

Jika Anda melakukan ini, itu akan menjadikan Anda stand-up comedian. Gunakan beberapa humor dalam 15-20 menit!

9. Ambil Umpan Balik

Kesalahan hanya dapat diperbaiki oleh Anda ketika Anda mengetahuinya. Jadi, ketika Anda selesai berbicara di depan umum, Anda harus meminta umpan balik dari siswa Anda tentang sesi tersebut.

Dengan mengambil umpan balik, Anda akan tahu tentang hal yang tidak berjalan dengan baik, dan Anda akan tahu tentang kesalahan Anda.

Segera setelah Anda mengetahui tentang kelemahan Anda, Anda sharus membuat catatan dari mereka dan memperbaikinya dalam berbicara di depan umum berikutnya.

10. Ajukan Pertanyaan

Selama Anda berbicara di depan umum, Anda harus mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa Anda di sela-sela percakapan.

Ini akan memberi tahu Anda seberapa banyak hal yang telah Anda katakan benar-benar dipahami oleh mereka dan apa poin yang harus dijelaskan lagi sehingga semua orang mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang Anda bicarakan.

Selain itu, ini juga akan membantu Anda mengetahui seberapa perhatian siswa Anda terhadap topik yang Anda ajarkan.

11. Tonton Video Anda!

Saat Anda menerima umpan balik, Anda akan mengetahui beberapa kesalahan yang harus Anda hindari. Namun terkadang, siswa Anda tidak dapat menunjukkan beberapa kesalahan Anda dalam Umpan Balik.

Mungkin karena mereka pikir Anda akan memarahi mereka atau mereka tidak merasa itu adalah masalah besar dan karena itu sementara Anda berpikir bahwa tidak ada kesalahan lagi.

Anda harus melihat video rekaman Anda sendiri. Ini akan membantu Anda menganalisis diri sendiri saat berbicara di depan umum.

12. Belajar dari Orang Lain

Saat Anda mencari tahu kesalahan Anda dalam berbicara di depan umum, ada banyak hal yang harus ditambahkan ke dalam public speaking agar menjadi lebih menarik.

Jadi, untuk membuat komunikasi Anda lebih baik, Anda harus memperhatikan orang-orang yang sudah menjadi pembicara publik yang ahli dan belajar dari mereka.

Anda akan belajar banyak hal dari presentasi mereka, dan begitu Anda mengamatinya dengan bijak, Anda harus belajar untuk menekankan poin itu dalam berbicara di depan umum.

Setelah Anda melalui semua poin yang disebutkan di atas pasti akan membantu Anda untuk meningkatkan berbicara di depan umum.

Ingatlah selalu, karena Anda adalah seorang guru, Anda berada di tempat di mana Anda dapat mempengaruhi orang lain. Banyak orang akan meniru cara Anda berbicara di depan umum, terutama siswa Anda. Jadi sempurnalah dalam berbicara di depan umum agar orang lain yang meniru Anda juga bisa menjadi sempurna.

Sumber: Speakwellacademy, K12teacherstaff, Galleryteachers.

Artikel Terkait

Leave a Reply