Tidak Semua Toko Online Buka 24 Jam, Cek Jam Operasionalnya!

toko online

TOKO online, baik yang mandiri (website sendiri) maupun “kios” di marketplace memang buka 24 jam. Namun, tidak benar-benar melayani pembelian selama 24 jam.

Banyak penjual di marketplace (Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dll.) yang menerapkan jam operasional layaknya jam kantor atau toko offline, misalnya jam operasional 10.00-15.00 WIB.

Maka, saat Anda membeli barang di atas jam 15.00 WIB, order Anda akan diproses keesokan harinya. Tidak bisa saat itu juga.

Umumnya hal itu terkait teknis pengiriman.

Baca Juga

Banyak jasa pengiriman barang atau kurir yang hanya menerima order kriman di bawah jam 3 pm. Lewat jam tersebut, maka proses pengiriman dilakukan keesokan harinya.

Pengalaman terbaru. Saya membeli Dispenser ke penjual di Tokopedia. Pilih lokasi Bandung biar dapat dikirim langsung hari itu juga.

Saya chat penjual. Katanya, barang ready dan bisa dikirim hari ini juga dengan kurir instan. Maksudnya melalui GrabXpress. Ongkirnya tentu saja jauh lebih mahal.

Jika melalui pengiriman normal, dengan durasi “same day” (di hari yang sama), kurir AnterAja, ongkirnya cuma Rp13.500.

Saya telanjur order “same day” itu. Setelah chat lagi dengan penjual, AnterAja hanya melayani pengiriman sebelum jam 15.00 WIB. Artinya, pengiriman akan dilakukan besok.

Terus bagaimana dong? Kata sang penjual, barang bisa dikirim sekarang melalu kurir instan. Maka, order harus dibatalkan dulu, dan order lagi.

Oke, saya batalkan dan order ulang. Harga barang tetap, namun ongkir jadi 43.000 rupiah! Nambah sekitar 30 ribu dari ongkir “normal”.

Oke deh, buat pengalaman, lanjut aja ordernya. Penjual pun sigap menanggapi chat. Cek order langsung dalam status siap dikirim, menunggu sopir, dan “sedang dikirim”.

Nah, dari pengalaman itu, maka jelas, toko online atau belanja online sebetulnya tidak benar-benar 24 jam. Artinya tidak bisa “dadakan” kayak tahu bulat 🙂

“Namanya online suka dikira 24 jam buka memang,” kata sang penjual dalam chat dengan saya di Tokopedia. Oke deh… 🙂

Ini terkait kurir atau teknis pengiriman. Jadi, sebaiknya jika belanja online di jam operasional, yaitu jam kerja penjual online 09.00-15.00 WIB.

Bagus juga belanja online-nya malam hari, biar dikirim besoknya.

Nah, saudara-saudara, sebagaimana tidak ada kebebasan mutlak, maka sejatinya tidak ada juga bisa belanja online 24 jam mutlak. Toko online tetap bergantung pada proses offline, yaitu teknis pengiriman.

Saran saya, buat saya sendiri juga, cek jam operasional penjual sebelum order. Jangan ragu juga memanfaatkan fasilitas chat (obrolan) atau WA. Wasalam.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *