Tips Public Speaking dari Chat GPT Agar Pidato Menarik dan Efektif

membuka pidato posisi tangan

Tahu ‘kan Chat GPT? Oke. Langsung saja. Saya coba tanya soal Tips Public Speaking. Hasilnya saya terjemahkan dengan bantuan Google Translate. Tentu, saya edit dong! Plus tambahan atau penjelasan.

Tips Public Speaking dari Chat GPT ini layak kita simak, dan amalkan, agar pidato atau ceramah kita menarik dan efektif. Agar penampilan kita, saat berbicara di depan umum, seperti pidato dan presentasi, memukau audiens dan pesan bisa diterima dengan baik (efektif).

Banyak orang berilmu, namun sulit menyampaikannya secara lisan. Ada juga orang pintar yang kalau pidato muter-muter, membosankan, dan lama lagi! Nah, dengan tips berikut ini, semoga public speaking orang-orang cerdas dan berwawasan luas itu bisa menarik dan efektif.

Tips Public Speaking

Berikut ini 20 tips public speaking dari Chat GPT agar pidato kita memumauk, berkesa, menarik, dan efektif.

Berbicara di depan umum bisa menjadi tugas yang menakutkan bagi banyak orang, namun dengan latihan dan beberapa tips berikut ini, Anda bisa menjadi pembicara yang lebih percaya diri dan efektif.

Baca Juga

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum Anda:

1. Kenali audiens Anda

Pahami dengan siapa Anda berbicara, minat, kebutuhan, dan tingkat keahlian mereka. Sesuaikan konten dan gaya Anda agar sesuai dengan audiens Anda.

Jika hadirin di depan kita heterogen, minimal asalnya dari berbagai daerah di Indonesia, maka gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika menggunakan bahasa daerah, sesekali saja. Itu pun diterjemahkan kedalam bahasa nasional.

Mengenali audiens juga membuat kita bisa memilih tema atau topik yang sesuai dengan mereka. Ini jika topiknya belum ditentukan panitia acara ya!

2. Berlatih, berlatih, berlatih

Latih pidato Anda beberapa kali. Ini akan membantu Anda menjadi lebih akrab dengan konten dan mengurangi kecemasan (grogi).

Practice makes perfect. Alah bisa karena biasa. Latihan akan membuat kita terbiasa dan mahir. Improvisasi akan mengalir dengan sendirinya jika kita banyak berlatih.

Poin “latihan” selalu ada dalam semua Tips Public Speaking dari para ahli. Bagaimana caranya? Anda bisa berlatih di depan cermin, kamera, atau di depan kucing!

3. Susun materi pidato Anda

Atur konten Anda dengan pendahuluan, poin utama, dan kesimpulan yang jelas. Gunakan alur yang logis untuk memandu audiens melalui pesan Anda.

Salah satu cara terbaik menyiapkan materi pidato dan agar tidak lupa saat presentasinya adalah menyusun pointers. Jangan ragu bawa catatan atau selembar kertas kecil ke podium/mimbar, juga buka HP, untuk “disontek” saat Anda public speaking.

Menyusun ponters materi pidato akan membuat public speaking Anda fokus, tidak bertele-tele atau melebar ke mana-mana, dan ringkas. Jangan ragu tuliskan kutipan data, pepatah, kalimat, bahkan kata-kata penting, jika Anda belum hapal betul.

4. Mulailah dengan pembukaan yang kuat

Mulailah pidato Anda dengan cerita, kutipan, atau statistik yang menarik untuk menarik perhatian audiens dan menjalin hubungan.

Banyak cara membuka public speaking –setelah basmalah dan salam. Anda bisa cek postingan saya sebelumnya: Cara Membuka Pidato.

Hindari “basa-basi” yang tidak perlu jika waktu pidato Anda singkat. Langsung saja ke pokok materi usai pembukaan salam.

5. Gunakan visual dengan hemat.

Alat bantu visual, seperti slide, dapat menyempurnakan pesan Anda, namun jangan membebani presentasi Anda dengan hal tersebut. Jaga agar tetap sederhana dan relevan.

Hal penting diperhatikan saat menggunakan alat bantu visual slide powerpoint: jangan baca slide, tapi jelaskan dan/atau gunakan redaksional kata-kata yang berbeda dengan yang tampil di screen!

Jangan Baca Slide
Jangan Baca Slide

6. Jelas dan Atur Tempo

Bicaralah dengan jelas dan dengan kecepatan yang baik. Hindari berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Ucapkan kata-kata Anda dan gunakan jeda yang tepat untuk menekankan poin-poin penting.

Jika Anda merasa terlalu cepat dalam bicara, jeda, dan tarik napas. Jika perlu, ulangi kata-kata Anda dengan tempo lambat.

7. Lakukan kontak mata

Berinteraksilah dengan audiens Anda dengan melakukan kontak mata dengan individu yang berbeda sepanjang pidato Anda. Ini membantu menciptakan koneksi dan membangun kepercayaan.

Arahkan pandangan ke SEMUA audiens. Sapukan pandangan Anda ke depan, tengah belakang, kiri, kanan atau samping  secara bergantian. Kontak mata adalah gestur terpenting sekaligus unsur visual utama Anda saat public speaking.

Jika kontak mata membuat Anda gugup, maka cobalah pandang “atas kepala” audiens, bukan memandang matanya.

Baca Juga: 3V dalam Public Speaking.

8. Kelola rasa gugup

Merasa gugup adalah hal yang wajar, tetapi praktikkan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam sebelum dan selama pidato. Visualisasikan hasil yang sukses.

Grogi atau gugup bisa terjadi pada siapa saja, bahkan public speaker profesional sekalipun! Salah satu penyebab gugup adalah tidak siap atau tidak menguasa materi. Cara tercepat

9. Kontrol bahasa tubuh

Berdiri tegak, gunakan gerakan terbuka dan percaya diri, dan hindari gerakan yang mengganggu. Bahasa tubuh Anda harus melengkapi pesan Anda.

Body language memainkan peran penting dalam public speaking. Bahasa tubuh dalam pidato meliputi postur atau cara Anda berdiri dan gestur atau gerakan anggota badan –gerakan tangan, kepala, dll. Ini termasuk juga komunikasi nonverbal yang selalu mengiringi komunikasi verbal.

 

10. Terhubung dengan audiens

Bagikan anekdot pribadi atau cerita terkait untuk membuat pesan Anda lebih menarik dan berkesan.

Teks anekdot biasanya mengangkat cerita perihal orang terkenal atau penting (tokoh masyarakat) sesuai apa yang terjadi. Teks anekdot diartikan sebagai cerita singkat yang didalamnya mengandung unsur kelucuan dan digunakan untuk menyampaikan kritikan.

11. Bersemangat

Tunjukkan antusiasme terhadap topik Anda. Gairah Anda bisa menular dan membuat audiens Anda lebih terlibat.

Sampaikan pidato Anda dengan penuh semangat. Jika Anda terkesan tidak bergairah dalam public speaking, maka audiens pun akan malas menyimak atau mendengarkan presentasi Anda.

12. Gunakan variasi vokal

Variasikan nada dan volume Anda agar pidato Anda tetap dinamis dan menarik. Hindari penyampaian yang monoton.

Variasi vokal sebenarnya akan terjadi spontan, sesuai dengan pesan atau kata-kata yang Anda sampaikan. Teknik vokal seperti intonasi dan aksentuasi akan membuat nada pembicaraan Anda variatif.

13. Minimalkan kata-kata pengisi

Kurangi kata-kata “um”, “uh”, dan kata-kata pengisi lainnya. Melatih pidato Anda dapat membantu menguranginya.

Kata-kata pengisi (filler words) adalah suara yang mengisi kekosongan kata-kata saat Anda membuka mulut, seperti “hmm”, “euh”, “apa namanya”. Simak video berikut ini untuk mengatasi filler words dalam pidato, bahkan saat berbicara dengan teman.

14. Tangani pertanyaan dengan anggun

Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan dan mengatasi potensi masalah. Jika Anda tidak tahu jawabannya, tidak apa-apa untuk mengatakan Anda akan menindaklanjutinya nanti.

Katakan dengan jujur jika Anda tidak memiliki jawaban. Itu akan lebih baik daripada Anda “sok tahu” atau menduga-duga.

15. Manajemen waktu

Berlatihlah menyampaikan pidato Anda dalam waktu yang ditentukan. Hindari melampaui batas waktu karena dapat membuat penonton frustasi.

Public speaking yang baik biasanya ringkas atau sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan. Jangan berusaha menyampaikan “semua hal” dalam satu kesempatan pidato.

16. Carilah umpan balik

Setelah pidato Anda, mintalah umpan balik yang membangun dari orang-orang tepercaya. Gunakan masukan ini untuk menyempurnakan presentasi Anda di masa mendatang.

Feedback sangat bagus bagi pengembangan dan perbaikan gaya public speaking Anda di masa depan. Kritik dan saran dari audiens atau teman akan membuat Anda memperbaiki performance berikutnya.

17. Rekam diri Anda

Gunakan rekaman video atau audio untuk menganalisis kinerja Anda. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Anda bisa manfaatkan fitur “audio recording” atau rekaman audio di ponsel pintar saat public speaking, lalu simak kembali pidato Anda. Jika memungkinkan, Anda lakukan rekaman video juga untuk menganalisis utuh public speaking Anda.

18. Bergabunglah dengan grup berbicara di depan umum

Organisasi seperti Toastmasters dapat menyediakan lingkungan yang mendukung untuk meningkatkan keterampilan berbicara Anda.

Di Indonesia masih langka grup public speaking. Yang banyak adalah pelatihan public speaking. Sangat bagus jika Anda dan kawan-kawan menginisiasi kelompok public speaking.

19. Jadilah otentik

Jadilah diri sendiri. Keaslian dapat membuat Anda lebih diterima dan dipercaya sebagai pembicara.

Jangan berusaha menjadi orang lain atau meniru gaya bicara orang lain. Tampilkan aslinya Anda. Public speaking hakikatnya “ngobrol” dengan audiens, dengan gaya bicara dan pesan yang terstruktur, sistematis, dan sedikit “formal”.

20. Belajar dari orang lain

Saksikan dan dengarkan pembicara publik yang terampil, baik secara langsung maupun online. Anda dapat mengambil tip dan teknik berharga dari presentasi mereka.

Banyak video berisi pidato yang menarik. Anda bisa belajar dari public speaker hebat. Mulai dari gaya, cara, pembukaan, penyampaian, penutupan, bahasa tubuh, hingga pilihan katanya.

Ingatlah, berbicara di depan umum adalah keterampilan yang dapat diasah atau dilatih. Semakin banyak Anda berlatih dan menerapkan Tips Public Speaking dari Chat GPT Agar Pidato Menarik dan Efektif ini, Anda akan semakin percaya diri dan efektif sebagai pembicara.

Good Luck! Wasalam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *