Kiat Menulis: Just Write!

348 views

menulisMenulis itu menyampaikan ide/gagasan, pendapat, analisis, atau informasi tentang suatu masalah atau peristiwa secara tertulis. Bagaimana caranya? Just write! Tulis sajalah! Apalagi kalau “sekadar” menulis di blog.

Kalau menulis di media massa, seperti suratkabar atau majalah, memang ada “sedikit” aturan main, misalnya harus aktual, mengandung hal baru, minimal dan maksimal sekian karakter, dan sebagainya.

Syarat menjadi penulis pun cuma satu, yaitu niat. Ya, hanya niat! Kerennya, willingness to write! Semua orang bisa menulis sebagaimana semua orang bisa bicara menyampaikan apa pun.

Simak deh tips menulis versi penulis Amerika, Gertrude Stein (1874 –1946): “To write is to write is to write is to write is to write is to write is to write is to write…”

Jadi, untuk menjadi penulis, ya menulis! Masak berenang!

MOTIVASI MENULIS

Baiklah… karena syarat utamanya adalah niat, maka kita perlu motivasi atau stimulus.

Dengan menulis, kita mengikat atau menyimpan ilmu, wawasan, atau pemikiran kita. Jika dipublikasikan, maka tulisan itu menyebar kepada orang banyak. Dengan begitu, kita telah “sedekah ilmu”, berbagi, bahkan berdakwah melalui tulisan (da’wah bil qolam). Siapa tahu, tulisan kita pun menjadi “amal jariah” yang takkan putus pahalanya. Amin!

Mari kita simak sabda Nabi Saw dan seruan Ali bin Abi Thalib di bawah ini.

“Qoyyidul ‘ilma bilkitabi” (  قَيِّدُوا الْعِلْمَ بِالْكِتَابِ ). Ikatlah ilmu dengan tulisan. (HR. Thabrani dan Hakim).

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya” (Ali bin Abi Thalib r.a.)

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, menulis! Jangan biarkan pengetahuan kita, hasil membaca, mendengar, merasa, dan mengamati “menumpuk” tanpa manfaat, bahkan bisa hilang (lupa).

Ungkapan politikus Inggris abad 18, Gordon Smith, berikut ini layak menjadi motivasi menulis:

“Membaca tanpa menulis, ibarat memiliki harta dibiarkan menumpuk tanpa dimanfaatkan. Menulis tanpa membaca, ibarat mengeduk air dari sumur kering. Tidak membaca dan juga tidak menulis, ibarat orang tak berharta jatuh ke dalam sumur penuh air”.

Tunggu apa lagi? Ayo, menulis! Just write and go blogging!

KIAT MENULIS

Oh….. mandeg to? Baru alinea pertama atau baru nulis satu alinea, sudah berhenti? Tak tau lagi yang mau ditulis?

Baiklah, ikuti langkah ini:

(1) Tentukan tema atau topik, simpan,

(2) Kembangkan dengan studi literatur alias baca buku/artikel terkait tema itu (googling juga ok!),

(3) Bikin outline-nya jika perlu, lalu…

(4) Tulis!

Setelah itu,

(5) Edit! Rapikan tata bahasanya, cek akurasi data dan ejaan.

Beres deh!  Bagaimana judulnya? Tuliskan saja intisari atau gambaran umum isi tulisan dalam 3-4 kata! Selamat mencoba. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Cara Menulis Kiat Menulis Menulis Teknik Menulis Tips Menulis

Related Post

Leave a reply