Online Marketing: Empat Kunci Sukses Bisnis Online

  • Whatsapp

pemasaran online

Online Marketing adalah upaya pemasaran produk atau jasa  melalui atau menggunakan media elektronik atau internet.

Huruf ‘e’ dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan internet.

Online Marketing disebut juga Pemasaran Online, Pemasaran Internet, dan Pemasaran Elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing)

Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll. (Wikipedi).

Baca Juga

Marketing Online menjadi aktivitas utama bisnis online (online business).

Kunci Sukses Marketing Online – Bisnis Online

Ada empat kunci sukses bisnis online, dalam hal ini online marketing (pemasaran daring, pemasaran via internet).

Empat kunci sukses bisnis online itu adalah kualitas produk, pelayanan, strategi promosi, dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau klien (the-marketeers.com).

1. Product

Menyangkut kualitas, keunikannya, harga yang pantas (tidak mahal juga tidka terkesan murahan), dan stok yang memadai sehingga barang seger dikirim begitu ada pemesanan. Sebaiknya sebutkan jika stok habis.

2. Service

Pelayanan cepat, tidak mengecewakan, terpercaya, cara pembayaran mudah dan tidak “ribet”, dan garansi.

3. Maintaining Relationships

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan/klien, responsif, menjawab segera setiap pertanyaan, menerima kritik, saran, dan menanggapi keluhan.

4. Promotion Strategy

Strategi promosi ini meliputi pembuatan dan pengelolaan website, teknik pengoptimalan mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization), manajemen media sosial (facebook, twitter, flickr/foto, dan youtube/video) untuk membangun komunitas dan fans, dan Affiliate Program kerja sama dengan pihak lain untuk menyebarkan link website dengan imbalan tertentu.

Strategi Promosi juga bisa dilakukan dengan beriklan di website lain, misalnya melalui Google AdWords, memanfaatkan Local Directory seperti Yahoo Local Directory, Toko Bagus, dan Berniaga, Email Marketing (promosi/penawaran via email).

Dilansir Liputan6 dari foxbusiness.com, terdapat empat tips bagi Anda yang akan menjalankan bisnis dengan benar sehingga cepat meraih kesuksesan:

1. Efisien kata

Gunakan bahasa jurnalistik untuk mencapai efisiensi kata. Anda harus menggunakan sedikit mungkin kata untuk menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan.

Anda juga harus bisa menjelaskan manfaat dari produk dan jasa yang Anda tawarkan secara singkat kepada investor dan pelanggan dengan sederhana.

2. Membuat hal yang mudah

Anda harus membuat produk atau jasa yang mudah digunakan. Hal ini berlaku kepada pembisnis toko offline atau online.

Sebagai langkah awal, Anda harus menjelaskan produk dengan sederhana dan jelas dan kemudian menerangkan bahwa untuk memanfaatkan produk atau saja tersebut sangatlah mudah.

3. Bermanfaat

Dalam berbisnis pasti akan ada kesulitan. Untuk bisa menyelesaikan kesulitan tersebut, Anda harus mempunyai pemikiran bahwa bisnis harus memiliki prospek yang dilakukan dan menguntungkan.

Sama halnya dalam menjual produk atau jasa ke pelanggan, Anda harus menjelaskan kepada investor dan pelanggan bahwa produk atau jasa tersebut bermanfaat.

4. Analis

Anda harus memiliki analisis yang baik, analisis tersebut menunjukan apa bekerja dengan baik atau tidak. Setelah melakukan analisis, hasilnya dapat meningkatkan bisnis Anda secara signifikan.

Saat menjadi wartawan aktif, saya sering diingatkan pemimpin redaksi soal sukses bisnis media. Saya kira, kunci sukses bisnis media ini juga berlaku di semua jenis bisnis, termasuk bisnis online.

Kunci sukses bisnis ini terangkum dalam 4P:

  1. Produk
  2. Price
  3. Please
  4. People/Power.

Produk harus berkualitas. Price harga harus terjangkau. Please artinya barang mudah didapatkan, ada di mana-mana, gak sulit dicari. People artinya masyarakat. Power artinya kekuasaan atau pemerintah.

Posting ini sekadar menyimpan hasil Googling tentang bisnis online dan/atau online marketing. Wasalam. (www.romeltea.com).*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *