Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google Adsense

7602 views

Blog yang didaftarkan jadi penayang Google AdSense harus memenuhi syarat. Selain konten berkualitas, program periklanan Google mensyaratkan jumlah pengunjung yang banyak atau trafik tinggi.

daftar syarat google adsense

BAGAIMANA cara daftar Google AdSense? Apa syarat diterima Google Adsense? Berapa jumlah minimal pengunjung blognya?

Itu pertanyaan yang paling sering dikemukakan oleh blogger pemula terkait iklan Google.

Namun, pertanyaaan paling sulit dijawab adalah berapa jumlah pengunjung (visitor) atau pembaca per hari agar blog bisa pasang iklan Google?

Seberapa tinggi lalu lintas situs (trafik/traffic) atau jumlah tampilan halaman (page views)?

Sudah banyak blogger yang berbagi tentang syarat daftar dan cara agar diterima Google Adsense. Google sendiri sudah memberikan panduannya secara rinci banget di Support Google – Adsense.

Pengertian Google AdSense

Bagi “newbie” atau belum paham apa itu Google Adsense, berikut ini penjelasan ringkasnya.

Google Adsense adalah program periklanan Google yang melibatkan para pemilik website atau blog untuk menayangkan (memasang) iklan Google di blognya.

Iklan berasal dari para pemasang iklan di program Google Ads atau Google AdWords. Iklan-iklan itulah yang akan muncul di blog kita, sesuai dengan konten atau niche blog.

Iklan berupa link atau gambar tersebut akan disesuaikan dengan isi dari website pemasang secara otomatis oleh Google.

Google nanti akan memberi komisi atau membayar para pemasang (publisher) setiap kali link iklan tersebut diklik (PPC, Paid Per Click) atau tampil per 1000 impresi (tayangan) atau Paid Per Impression.

AdSense tampil dalam bentuk teks, gambar, video, dan iklan interaktif di sekitar konten atau artikel. Biasanya, iklan-iklan yang ada di Google AdSense sudah dipilih, disusun, dan dikelola oleh Google, namun kita juga bisa menyaringnya di akun AdSense.

Menjadi penayang iklan Google adalah cara terpopuler untuk mendapatkan uang dari internet, meskipun banyak juga alternatif Google AdSense.

AdSense adalah iklan kontekstual. Iklan yang ditampilkan Google di blog akan sesuai dengan konten yang ada. Misalnya, jika artikel di blog tentang web hosting, maka kemungkinan besar akan muncul iklan-iklan yang berhubungan dengan hosting, domain, desain web, platform blogging, dan sejenisnya.

AdSense juga akan memilih iklan berdasarkan search history pengunjung web. Metode ini dimaksudkan agar iklan menjadi lebih tepat sasaran.

Untuk memasang iklan Google sangat mudah. Kita hanya perlu menambahkan sebuah kode dan iklan-iklannya akan langsung aktif.

Jika salah satu blog sudah diterima menjadi penayang iklan Google, maka kita bisa memasang AdSense di beberapa website, bisa sampai 500 blog!

Jumlah penghasilan AdSense akan diakumulasi dari beberapa blog dan dikirimkan tiap bulan. Metode pembayaran bisa via Western Union.

Cara Daftar Google AdSense

Cara daftar Google AdSense ada di halaman Bantuan AdSense. Kita harus membuat dulu akun AdSense. Tinggal login dengan menggunakan Gmail.

Jika Anda menggunakan Gmail atau layanan Google lainnya, berarti Anda sudah memilikinya. Jika belum, Anda dapat membuat Akun Google saat membuat akun AdSense.

Untuk membuat akun AdSense, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka https://www.google.com/adsense/start.
  2. Klik Daftar sekarang.
  3. Masukkan URL situs tempat Anda ingin menampilkan iklan. Pelajari lebih lanjut cara memasukkan URL.
    Blogger, YouTube, atau partner host lainnya

Untuk blog Blogger, salah satu tanda blog sudah bisa didaftarkan menjadi penayang iklan Google Adsense adalah munculnya menu Earning (Pendapatan) seperti dalam gambar berikut ini:

 

cara daftar adsense

 

Klik menu Earning, lalu klik Sign up for AdSense. Sangat mudah daftar Google AdSense di Blogger. Namun, untuk bisa diterima, blog harus memenuhi syarat sebagaimana ulasan berikut ini.

Syarat Diterima Google Adsense

1. Konten Menarik, Bekualitas, dan Orisinal

Pastikan blog Anda memiliki konten yang menarik dan orisinal, bukan copy paste alias “plagiat”. Intinya, harus tulisan sendiri, asli, lengkap, bermanfaat, dan dicari/dibutuhkan banyak user. (Baca: Apa Itu Konten Berkualitas).

2. Banyak pengunjung. Berapa?

Nah, ini dia yang sulit dijawab. Google sendiri  tidak menyebutkan angka. Hanya menyebutkan trafik tinggi dan pageview tinggi. Intinya, dikunjungi banyak orang alias banyak pengunjung!

Saya baru menemukan angka minimal jumlah pengunjung di situs John Do. Katanya, minimal blog Anda dikunjungi 250 pengunjung unik per hari! Mungkin juga lebih!

As a result I still hold pretty firmly that you should wait until you have 250 unique visitors per day. In fact, I suggest even more. I suggest to people that they start advertising on their blog around the point that they are averaging at least 250 unique visitors per day. What that looks like over a month’s time is approximately 7,500 unique visitors.

Namun, jika pengunjung per hari cuma 250 visitor, kemungkinan pendapatan adsensenya pun sedikit.

Saya kira, minimal jumlah pengunjung blog untuk AdSense itu 1000 unique visitor. Ini berdasarkan pengalaman aja. Beberapa blog saya yang dikunjungi 1000 lebih user per hari biasanya menghasilkan dolar dari AdSense.

Baca Juga: Pengertian Pengunjung Unik

3. Usia Blogger minimal 18 tahun.

Umur yang punya blog hars di atas 19 tahun. Di bawah 18 tahun, dianggap masih anak-anak, blom dewasa. Ini juga terkait pencairan dana/komisi AdSense nantinya di bank atau western union.

4. NO Konten Dewasa!

Blog Anda tidak boleg berisi konten pornografi, dewasa, atau vulgar, juga konten kekerasan dan berbau SARA.

Blog Anda juga tidak boleh berisi pelecehan, penindasan, atau konten serupa yang menganjurkan untuk menyakiti seseorang atau suatu kelompok.

5. Konten Telarang

  • Konten obat-obatan terlarang dan peralatannya
  • Penjualan bir atau minuman keras
  • Penjualan rokok atau produk turunan rokok
  • Penjualan obat resep
  • Penjualan senjata atau amunisi (mis., senapan, komponen senapan, pisau tempur, pistol listrik)
  • Penjualan produk tiruan atau imitasi barang bermerek atau barang lainnya
  • Penjualan atau penyebaran tugas atau makalah kuliah
  • Konten seputar program yang mengompensasi pengguna untuk mengeklik iklan atau penawaran, melakukan penelusuran, menjelajah situs web, atau membaca email
  • Konten lainnya yang ilegal, mempromosikan aktivitas ilegal, atau melanggar hak hukum orang lain

Masih banyak ketentuan lainnya. Silakan simak di link-link sumber di bawah posting ini.

Syarat diterima Google Adsense memang lumayan “berat”.

Namun, begitu Anda diterima, maka dolar akan mengalir –menjadi passive income. Blogging pun menjadi “bisnis online” Anda. Make money with blogging alias menjadi Blogpreneur.

Saya sudah menulis buku saku tentang BLOGPRENEUR. Ini dia.

blogpreneur-buku

Dapatkan buku panduan bisnis online melalui blog di atas di www.nuansa.co

Alternatif Google AdSense

Tidak harus Google AdSense untuk menghasilkan uang dari blog. Banyak sekali alternatif Google AdSense, seperti Chitika dan InfoLink.

Saya pernah mencoba Chitika dan alternatif AdSense lainnya. Namun, hasilnya tidak memuaskan alias penghasilannya minim pake banget.

Saya fokus ke AdSense saja. Google AdSense sejauh ini masih merupakan andalan utama para blogger yang memonetisasi blognya alias make mone blogging.

Bahkan, saya kira, situs-situs berita (media online) pun mengandalkan Google AdSense dalam bisnisnya. Simak saja iklan-iklan yang muncul di situs berita. Dari Google ‘kan?

Google AdSense adalah program kerja sama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google.

Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem Pay Per Click (PPC) atau Bayar Per Klik. (Wikipedia)

Iklan PPC adalah jenis iklan yang akan membayar publishernya setiap kali ada iklan yang diklik ataupun terklik oleh pengunjung.

Jenis iklan lainnya adalah Cost per Millions (CPM), yaitu jenis iklan yang akan membayar publishernya setiap 1000 kali iklan muncul di hadapan visitor.

Jumlah Penghasilan Google AdSense

Berapa jumlah uang yang didapat jika blog kita memasang iklan Google? Relatif, bisa di bawah 1 juta, bisa juga di atas 100 juta, tergantung trafik, jumlah pengunjung, dan jumlah visitor yang klik iklan yang muncul di blog kita.

Dugaan saya, rata-rata blogger Indonesia mendapatkan uang dari AdSense sekitar Rp500 ribu hingga satu juta per bulan.

Untuk blog berbahasa Inggris, pendapatan iklan bisa lebih besar dari blog bahasa Indonesia.

Blogger Shout Me Loud misalnya, mengaku bisa menghasilkan uang hingga 47 ribu dolar AS per bulan!

“From January 2009 – February 2017, I have earned $47,402 from AdSense on all of my blogs,” tulisnya.

Wuih! Mantap Jiwa! Jadi pengen… 🙂

“I think you’re lucky if you make $100 with adsense, unless if your blog has hundreds of thousands of visitors,” komentar seorang blogger di Digital Point.

Saya kira Anda beruntung jika bisa menghasilkan US100 dolar dengan AdSense, kecuali jika blog Anda memiliki ratusan ribu pengunjung.

Nah, kuncinya adalah “ratusan ribu pengunjung” per hari! Berat ya?

Pastinya, situs berita populer yang dikunjungi jutaan pengunjung per hari akan mendapatkan ribuan bahkan puluhan dan ratusan ribu dolar per bulan.

Kesimpulan

Syarat utama blog diterima jadi penayang iklan Google (AdSense) adalah banyak pengunjung. Perkiraan saya, jumlah minimal pengunjung 300 hingga 1000 orang per hari.

Untuk mendapatkan pembaca yang banyak, maka blog harus berisi konten berkualitas. Google tidak akan menerima blog yang menggunakan konten duplikasi (hasil copy paste) apalagi plagiarisme (konten curian).

Salah satu kriteria konten berkualitas adalah postingan yang berguna dan memberikan informasi baru kepada pembaca.

Demikian ulasan ringkas tentang cara daftar dan syarat diterima Google Adsense. Wasalam (www.romeltea.com).*

Sumber:
https://support.google.com/adsense/answer/10162?hl=id
https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=id&ref;_topic=2864301
http://buzz.blogger.com/search/label/adsense
http://john.do/adsense-traffic/



Bisnis Online Blogging daftar adsense Google Adsense syarat adsense

Related Post

  1. author
    azraeeg2 weeks agoReply

    kalo wordpress itu bisa berpenghasilan atau tidak? kan ada tuh yang bayar di wordpress nya? aatau saama aja harus pake google adsenss?

  2. author

    saya punya blog lain mengenai contoh-contoh makalah (original, bukan copas), dan saya sebenarnya rencana mau ajukan ke adsense. tapi setelah baca artikel ini. Saya jadi ragu. Mas, ada ga blog makalah, tapi ada adsensenya juga terpasang (selain scribd, academia, dll)?

  3. author
    yudi1 month agoReply

    apa alamat email untuk daftar harus nama manusia?

    • author
      romeltea (Author)1 month agoReply

      Tidak, nama asli (sesuai KTP) hanya untuk nama & alamat pengiriman pembayaran.

  4. author
    ytn2 months agoReply

    gan.. kira kira konten lirik dan chord lagu bisa diterima tidak ya ? dan untuk menyertakan foto penyanyinya boleh tidak ya ? terimakasih sebelumnya

1 2

Leave a reply