Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google Adsense

Website atau blog bisa menghasilkan uang, terutama melalui Google AdSense. Berikut ini cara daftar dan syarat blog diterima Google Adsense. Pastikan web/blog Anda memenuhi syarat agar diterima dalam program periklanan Google. Konten harus bagus dan jumlah pengunjung harus banyak atau trafik tinggi.

daftar syarat google adsense

 

BAGAIMANA cara daftar Google AdSense? Apa syarat diterima Google Adsense? Berapa jumlah minimal pengunjung blognya? Kapan sebuah blog atau website bisa dimonetisasi dan menghasilkan uang dari AdSense?

Itu pertanyaan yang paling sering dikemukakan oleh blogger pemula terkait iklan Google.

Namun, pertanyaaan paling sulit dijawab adalah berapa jumlah pengunjung (visitor) atau pembaca per hari agar blog bisa pasang iklan Google?

Baca Juga

Seberapa tinggi lalu lintas situs (trafik/traffic) atau jumlah tampilan halaman (page views)?

Sudah banyak blogger yang berbagi tentang syarat daftar dan cara agar diterima Google Adsense. Google sendiri sudah memberikan panduannya secara rinci banget di Support Google – Adsense.

Pengertian Google AdSense

Bagi “newbie” atau belum paham apa itu Google Adsense, berikut ini penjelasan ringkasnya.

Google Adsense adalah program periklanan Google yang melibatkan para pemilik website atau blog untuk menayangkan (memasang) iklan Google di blognya.

Iklan berasal dari para pemasang iklan di program Google Ads atau Google AdWords. Iklan-iklan itulah yang akan muncul di blog kita, sesuai dengan konten atau niche blog.

Iklan berupa link atau gambar tersebut akan disesuaikan dengan isi dari website pemasang secara otomatis oleh Google.

Google nanti akan memberi komisi atau membayar para pemasang (publisher) setiap kali link iklan tersebut diklik (PPC, Paid Per Click) atau tampil per 1000 impresi (tayangan) atau Paid Per Impression.

AdSense tampil dalam bentuk teks, gambar, video, dan iklan interaktif di sekitar konten atau artikel. Biasanya, iklan-iklan yang ada di Google AdSense sudah dipilih, disusun, dan dikelola oleh Google, namun kita juga bisa menyaringnya di akun AdSense.

Menjadi penayang iklan Google adalah cara terpopuler untuk mendapatkan uang dari internet, meskipun banyak juga alternatif Google AdSense.

AdSense adalah iklan kontekstual. Iklan yang ditampilkan Google di blog akan sesuai dengan konten yang ada. Misalnya, jika artikel di blog tentang web hosting, maka kemungkinan besar akan muncul iklan-iklan yang berhubungan dengan hosting, domain, desain web, platform blogging, dan sejenisnya.

AdSense juga akan memilih iklan berdasarkan search history pengunjung web. Metode ini dimaksudkan agar iklan menjadi lebih tepat sasaran.

Untuk memasang iklan Google sangat mudah. Kita hanya perlu menambahkan sebuah kode dan iklan-iklannya akan langsung aktif.

Jika salah satu blog sudah diterima menjadi penayang iklan Google, maka kita bisa memasang AdSense di beberapa website, bisa sampai 500 blog!

Jumlah penghasilan AdSense akan diakumulasi dari beberapa blog dan dikirimkan tiap bulan. Metode pembayaran bisa via Western Union.

Cara Daftar Google AdSense

Cara daftar Google AdSense ada di halaman Bantuan AdSense. Kita harus membuat dulu akun AdSense. Tinggal login dengan menggunakan Gmail.

Jika Anda menggunakan Gmail atau layanan Google lainnya, berarti Anda sudah memilikinya. Jika belum, Anda dapat membuat Akun Google saat membuat akun AdSense.

Untuk membuat akun AdSense, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka https://www.google.com/adsense/start.
  2. Klik Daftar sekarang.
  3. Masukkan URL situs tempat Anda ingin menampilkan iklan. Pelajari lebih lanjut cara memasukkan URL.
    Blogger, YouTube, atau partner host lainnya

Untuk blog Blogger, salah satu tanda blog sudah bisa didaftarkan menjadi penayang iklan Google Adsense adalah munculnya menu Earning (Pendapatan) seperti dalam gambar berikut ini:

 

cara daftar adsense

 

Klik menu Earning, lalu klik Sign up for AdSense. Sangat mudah daftar Google AdSense di Blogger. Namun, untuk bisa diterima, blog harus memenuhi syarat sebagaimana ulasan berikut ini.

Syarat Diterima Google Adsense

1. Konten Menarik, Bekualitas, dan Orisinal

Pastikan blog Anda memiliki konten yang menarik dan orisinal, bukan copy paste alias “plagiat”. Intinya, harus tulisan sendiri, asli, lengkap, bermanfaat, dan dicari/dibutuhkan banyak user. (Baca: Apa Itu Konten Berkualitas).

2. Banyak pengunjung. Berapa?

Nah, ini dia yang sulit dijawab. Google sendiri  tidak menyebutkan angka. Hanya menyebutkan trafik tinggi dan pageview tinggi. Intinya, dikunjungi banyak orang alias banyak pengunjung!

Saya baru menemukan angka minimal jumlah pengunjung di situs John Do. Katanya, minimal blog Anda dikunjungi 250 pengunjung unik per hari! Mungkin juga lebih!

As a result I still hold pretty firmly that you should wait until you have 250 unique visitors per day. In fact, I suggest even more. I suggest to people that they start advertising on their blog around the point that they are averaging at least 250 unique visitors per day. What that looks like over a month’s time is approximately 7,500 unique visitors.

Namun, jika pengunjung per hari cuma 250 visitor, kemungkinan pendapatan adsensenya pun sedikit.

Saya kira, minimal jumlah pengunjung blog untuk AdSense itu 1000 unique visitor atau pengunjung unik. Ini berdasarkan pengalaman aja. Beberapa blog saya yang dikunjungi 1000 lebih user per hari biasanya menghasilkan dolar dari AdSense.

Lanjutkan bacanya ya ke halaman 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

62 comments

  1. Gimana cara buka halaman 2? Saya sudah ada fitur penghasilan, tapi tidak ada sign up. Trus, saya tak bisa memasukkan kode adsense di blog. Tidak ada fitur tag head head yang seperti di google. Saya tempatkan saja seperti yang mirip, tapi tak bisa disimpan. Mohon bantuannya

  2. Sangat bermanfaat kak artikelnya, terima kasih informasinya. Jangan lupa mampir ke blog kami “blog berbagi mengenai wirausaha”. Blog berbagi informasi, ilmu pengetahuan yang bermanfaat mengenai cara dan tips wirausaha dengan mudah dan lengkap agar menambah wawasan pembaca