Pengertian Traffic Blog: Unique Visitors, Visit, dan Pageviews

571 views

pengunjung web blogJumlah dan kualitas pengunjung sangat penting bagi sebuah wesbite atau blog.

Pengunjung (visitor) adalah sebutan bagi pembaca (reader) dan pengguna (user) website/blog.

Jumlah orang yang mengunjungi blog, berapa banyak halaman yang mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau membaca halaman-halaman tersebut dikenal dengan sebutan traffic atau lalu lintas blog (blog traffic).

Traffic inilah yang menentukan populeritas blog, sekaligus menentukan penghasilan iklan seperti Google AdSense dan penjualan online.

Traffic blog terdiri dari kunjungan (visit), pengunjung (visitor), pengunjung unik (unique visitor), dan tampilan halaman (pageviews).

Pengertian Traffic Blog: Unique Visitors, Visit, dan Pageviews

1. Visit, Kunjungan

Kunjungan (Visit) adalah satu sesi kunjungan. Jika pengunjung melihat halaman lain di situs Anda dalam waktu 30 menit dari tampilan halaman terakhir, itu dihitung sebagai kunjungan yang sama.

Jika pengunjung kembali ke situs Anda setelah 30 menit berlalu sejak tampilan halaman terakhir, maka itu dihitung sebagai kunjungan terpisah.

Istilah kunjungan (visit) merujuk pada orang (pengguna, pembaca) yang membuka sebuah situs web, tinggal sebentar, lalu pergi.

2. Visitor, Pengunjung

Visitor adalah orang yang membuka atau mengakses konten blog. Setiap satu visitor menghasilkan minimal satu pageview (halaman yang dilihat).

Jika satu visitor tertarik dengan artikel-artikel lain yang ada di blog kita, maka visitor tersebut akan menghasilkan lebih dari satu pageviews.

3. Unique Visitor, Pengunjung Unik

Pengunjung Unik (Unique Visior) adalah orang yang mengunjungi blog untuk pertama kalinya. Pembaca setia blog, yang berkunjung setiap hari, bukan pengunjung unik, tapi pengunjung biasa.

Unique Visitor merupakan pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu. Robot pelacak mengidentifikasi pengunjung unik ini berdasarkan alamat IP yang berbeda.

Pengunjung unik menjadi salah satu faktor SEO. Makin banyak pengunjung unik, akan kian baik blog kita di mata mesin pencari.

Untuk meningkatkan pengunjung unik diperlukan kerja keras dalam pengoptimalan mesin pencari, baik SEO On-Page maupun SEO Off-Page. SEO blog terpenting adalah konten dan backlink berkualitas.

Pengunjung website setia atau pengunjung yang berulang-ulang membuka sebuah website tidak masuk kategori pengunjung unik. Pembaca setia akan meningkatkan jumlah halaman yang dikunjungi (pageviews) dan pengunjung biasa.

4. Pageviews, Tampilan Halaman

Tampilan Halaman (Pageviews) adalah jumlah halaman blog yang dilihat atau dibuka. Satu pengunjung yang semula menghasilkan satu pageviews, akan menghasilkan lebih dari sekali tampilan halaman jika ia membuka postingan lainnya.

Kita bisa tahu traffic, visitor, unique visitors, dan pageviews blog kita dengan cara membuka akun Google Analytic dan provider webstats/counter visitor lainnya, seperti histats.com.

Software yang menjejak dan menghitung trafik blog bisa membedakan antara visitor yang hanya berkunjung sekali dan unique visitors yang berkunjung kembali ke blog itu.

Referensi: Alexa, Webopedia, Market First.

 

Pageviews Pembaca Blog Pengunjung Setia Blog Pengunjung Unik Traffic Blog Unique Visitors

Related Post

  1. author
    aneh6 years agoReply

    When someone writes an piece of writing he/she retains the
    idea of a user in his/her mind that how a user can know it.

    Thus that’s why this article is great. Thanks!

Leave a reply