Tips Mengoptimalkan Gambar untuk SEO

90 views

Gambar, image, atau foto merupakan salah satu elemen SEO dalam postingan atau artikel di website/blog. Karenanya, gambar harus dioptimalkan lebih dahulu sebelum disisipkan, dimasukkan, atau diunggah kedalam postingan.

SEO Gambar Postingan

SEO Gambar (Image Source & Tips)

Pengoptimalan gambar bukan hanya terkait SEO, tapi juga kecepatan loading website –yang juga menjadi salah satu faktor seo.

Selain itu, optimalisasi gambar juga terkait kapasitas hosting biar tidak cepat penuh jika hostingnya tidak unlimited.

Pentingnya pengoptimalan gambar antara lain dikemukakan Search Engine Land. “Pencarian gambar mungkin lebih penting daripada yang Anda pikirkan,” tulisnya.

Menurut data dari Jumpshot dan Moz, Gambar Google menyumbang sejumlah besar pencarian, mengerdilkan yang dilakukan di YouTube, Google Maps, Amazon, dan Facebook. Pencarian di Google Gambar dilakukan lebih dari 10 kali lebih sering daripada pencarian di Bing atau Yahoo, dan mereka mewakili lebih dari 40 kali jumlah pencarian di Facebook.

Cara Mengoptimalkan Gambar untuk SEO

Mengoptimalkan Gambar untuk SEO

Berikut ini cara mengoptimalkan gambar untuk SEO. Saya akan menguraikan per elemen SEO gambar yang meliputi:

  1. Nama file
  2. Ukuran gambar (image size)
  3. Ukuran file gambar (file size)
  4. Title text
  5. Alternatif text (alt text)
  6. Caption (Keterangan Gambar) (Optional)
  7. Deskripsi (description)

Di blog atau website berbasis WordPress, saat kita masukkan gambar, akan ada penampakan seperti ini. Pastikan semua kolom terisi –kecuali caption (optional). Perhatikan juga nama file gambar dan ukurannya.

 

Elemen SEO Gambar

Elemen SEO Gambar

1. Nama File Gambar

Menurut para pakar SEO, mesin pencari seperti Google tidak bisa “tebak gambar”. Yang diindeks atau diidentifikasi oleh Google adalah nama file-nya (file name). Nama file adalah deskripsi paling dasar dari gambar Anda yang dapat dicari.

Karenanya, pastikan nama file gambar atau foto sesuai dengan gambarnya. Misalnya, jika gambar “kucing”, maka file-nya harus dinamai “kucing.jpg” atau “kucing.png”.

Era WhatsAppa (WA) banyak gambar diunduh dari WA. Hasilnya adalah nama file gambar akan seperti ini:

WhatsApp-Image-2020-03-13-at-08.49.28-e1591884311254.jpeg

Ubah nama file tersebut menjadi nama yang deskriptif. Misalnya menjadi:

pelantikan-pengurus-hima.jpeg

Ya, benar. Jika nama file lebih dari satu kata, pisahkan dengan tanda pengubung (strip, -) seperti contoh di atas. Gunakan pula “huruf kecil semua”.

Dalam mengubah nama ini, kita bisa memasukkan kata kunci, sesuai dengan kata kunci di judul tulisan, sehingga postingan menjadi lebih SEO.

Contoh lain, foto/gambar yang diambil dari kamera, baik kamera digital maupun kamera ponsel (HP) biasanya bernama file seperti ini:

IMG-20191106-WA0020.jpg

Ubah nama filenya menjadi nama deskriptif, misalnya menjadi:

penyerahan-bansos-jabar.jpg

Bagaimana cara mengubah nama file gambar? Gampang. Anda bisa gunakan CorelDraw atau PhotoShop. Bisa sekalian cropping atau lakukan editing dan penambahan watermark.

Anda juga bisa mengedit gambar dan mengubah nama file foto menggunakan Microsoft Office Picture Manager.

  1. Buka folder penyimpa gambar di komputer Anda
  2. Klik kanan gambar yang akan diedit
  3. Pilih Open with
  4. Pilih Microsoft Office Picture Manager

edit gambar

Setelah itu gambar akan terbuka. Untuk mengubah nama file:

  1. Klik kanan gambar
  2. Pilih rename
  3. Isi kolom di kanan atas.

edit nama file gambar

edit nama file gambar

Anda bisa sekalian mengedit elemen gambar lainnya, seperti ukuran gambar dan kontras. Klik aja Edit Pictures.

edit nama file gambar

2. Ukuran gambar (image size)

Pastikan ukuran gambar/foto yang Anda upload ke postingan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran idealnya sesuai dengan “content area” postingan.

Biasanya, ukuran gambar untuk website 640 pixel (lebar/width) dan tinggi 480 pixel (height). Yang proporsional biasanya 640×320 Pixel.

ukuran gambar web

3. Ukuran file gambar (file size)

Gunakan gambar dengan ukuran file sekecil mungkin. Anda juga bisa sekalian compress ukuran file di Microsoft Picture Manager dengan klik menu Compress pictures (di bawah resize).

Mengoptimalkan gambar untuk SEO dari sisi ukuran file juga bisa dilakukan di Dynamic Image Optimizer.

Online Image Optimizer

Masukkan link gambar atau upload gambar, klik show all results, lalu klik optimize. Pilih gambar yang ukurannya paling kecil namun gambarnya bagus (tidak buram/blur).

4. Title text

Title text adalah judul atau nama gambar. Di WordPress oomatis muncul. Di Blogger harus diisi manual di bagian Image Properties.

5. Alternative text (alt text)

Ini elemen terpenting dalam optimasi gambar untuk SEO. Alt text dimaksudkan agar gambar dikenali Google. Selain itu, jika gambar tidak tampil, maka akan digantikan oleh teks yang dibuat –sebagaimana namanya “teks alternatif”.

Alt Text Gambar SEO

Di Blogger (Blogspot), klik gambar yang sudah diupload, lalu klik gambar sekali, klik Properties. 

Image Properties

Isi kolom yang tersedia. Ini bagus untuk SEO.

Image Properties

Image Properties Blogger

6. Caption (Keterangan Gambar) (Optional)

Caption adalah adalah penjelasan yang disisipkan pada sebuah gambar atau keterangan gambar/foto. Jika gambar sudah jelas, gak usah lagi diterangkan. Namun, baiknya diisi untuk menyisipkan kata kunci biar postingan lebih SEO lagi.

7. Deskripsi (description)

Deskripsi gambar di Blogger tidak ada. Di WordPress ada. Silakan isi sebagaimana caption. Deskripsi gambar menyediakan deskripsi tekstual dari gambar yang disajikan.

Cara Mengedit Gambar

Bagaimana dengan gambar atau foto yang sudah telanjur diunggah? Gampang!

  • Klik “Edit Post”
  • Klik gambar yang akan diedit
  • Klik icon pensil

edit gambar

Akan muncul detail gambar seperti ini. Silakan isi kolom yang tersedia, kecuali caption yang sifatnya opsional.

Kesimpulan

Gambar atau foto yang kita sisipkan atau masukkan dalam postingan, artikel, atau berita harus dioptimalkan, terutama dari segi nama file, ukuran file, dan altenative text.

Jangan asal masukkan foto ya! Hal ini agar mendukung postingan lebih SEO, mudah dan cepat diindeks Google dan mesin pencari lainnya. Wasalam. (https://romeltea.com).*

 

Foto Image Optimalisasi Gambar seo SEO Gambar

Author: 
author
Asep Syamsul M. Romli aka Romeltea --akrab disapa Kang Romel-- adalah praktisi media, trainer komunikasi praktis, konsultan media, blogger. Profil lengkap: "My Profile". Karya tulis (buku): "My Books". Kontak email: romeltea@yahoo.com. Follow @romel_tea untuk update tulisan terbaru!

Related Post

Leave a reply