Perbedaan Informasi dan Informatika

Informasi dan Informatika

Sebuah lembaga kemasyarakatan meminta saya menjadi Kepala Bidang Media, Informatika, dan Komunikasi. Saya lalu usul agar kata “Informatika” diganti dengan “Informasi“. Saya bilang, informatika dan informasi itu berbeda. Lalu apa Perbedaan Informasi dan Informatika?

Dalam era digital ini, kata-kata “informasi” dan “informatika” sering digunakan secara bergantian. Meskipun terdengar serupa, keduanya memiliki makna yang berbeda dan mencakup konsep yang berbeda pula.

Artikel ini akan membahas perbedaan esensial antara informasi dan informatika. Mirip banget memang, tapi kita coba kaji lebih dalam pengertian informatika dan informasi secara bahasa dan istilah. Sebelumnya saya sudah bahas perbedaan informasi dan berita.

Pengertian Informasi dan Informatika

Secara bahasa, informasi artinya penerangan; pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu; keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat itu. (KBBI)

Dalam bahasa Inggris, information artinya “facts provided or learned about something or someone; what is conveyed or represented by a particular arrangement or sequence of things” (fakta yang diberikan atau dipelajari tentang sesuatu atau seseorang; apa yang disampaikan atau diwakili oleh suatu susunan atau rangkaian benda tertentu).

Baca Juga

Informatika secara bahasa artinya ilmu tentang pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, dan penyebaran pengetahuan yang direkam; hal-hal yang berkaitan dengan informasi; usaha dalam bidang informasi.(KBBI)

Dalam bahasa Inggris, informatics artinya “the science of processing data for storage and retrieval; information science” (ilmu pengolahan data untuk penyimpanan dan pengambilan; ilmu Informasi).

Pengertian lainnya, informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data yang berukuran besar, baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

Nah, mirip banget ya pengertian informasi dan informatika, pun perbedaannya. Dalam pemahaman saya, informasi lebih ke pesan atau pemberitahuan, sedangkan informatika lebih ke proses dan teknologi bidang komunikasi dan informasi.

Perbedaan Informasi dan Informatika

Berikut ini perbedaan informasi dan informatika yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pengertian Informasi

Informasi adalah data yang telah diorganisir dan diproses untuk memberikan makna atau pengetahuan kepada penerima. Informasi bersifat kontekstual dan bergantung pada interpretasi pengguna.

Sumber informasi dapat berupa data, fakta, atau ide yang diolah menjadi bentuk yang dapat dimengerti dan digunakan. Informasi dapat disimpan, ditransmisikan, dan diakses untuk membantu pengambilan keputusan.

2. Pengertian Informatika

Informatika, di sisi lain, adalah disiplin ilmu yang mempelajari pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, dan penyebaran informasi menggunakan teknologi komputer dan sistem informasi.

Informatika mencakup aspek-aspek seperti perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan komputer, dan sistem basis data. Informatika tidak hanya memproses informasi tetapi juga mencakup cara manusia berinteraksi dengan teknologi untuk menciptakan, menyimpan, dan berbagi informasi.

3. Perbedaan dalam Lingkup

Informasi lebih bersifat umum dan mencakup segala sesuatu yang dapat memberikan pemahaman atau pengetahuan.

Informatika, di sisi lain, memiliki fokus yang lebih spesifik pada pengolahan informasi menggunakan teknologi. Ini mencakup pengembangan sistem komputer, analisis data, keamanan informasi, dan topik-topik terkait.

Hubungan Timbal Balik Informasi dan Informatika

Informasi menjadi bahan bakar untuk bidang informatika. Tanpa informasi yang relevan, informatika kehilangan makna dan tujuan.

Sebaliknya, informatika membantu mengoptimalkan proses pengumpulan, penyimpanan, dan distribusi informasi. Keduanya saling melengkapi, membentuk fondasi bagi transformasi digital dan teknologi informasi.

Dalam dunia digital, memahami perbedaan antara informasi dan informatika penting. Konten yang tepat memberikan informasi yang berharga kepada pembaca, sedangkan praktik informatika yang baik membantu mengoptimalkan situs web agar mudah diakses dan dimengerti oleh mesin pencari.

Kesimpulan

Meskipun informasi dan informatika sering digunakan bersama-sama, perbedaan esensial dalam makna dan lingkup keduanya membedakan keduanya.

Dalam dunia akademis, ada jurusan yang namanya Jurusan Informatika. Jurusan Teknik Informatika mempelajari teknologi terkini dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Jurusan Teknik Informatika juga mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Informasi adalah bahan dasar yang diolah oleh informatika untuk menciptakan sistem, teknologi, dan pengalaman digital. Demikian Perbedaan Informasi dan Informatika.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. A social organization asked me to become Head of Media, Informatics and Communications. Who always provides information that is relevant and very accurate. I really like it, and I look forward to your next viral news story. For more detailed information, please visit our website for further information