10 Fitur yang Wajib Ada dalam Situs Web Berita

bisnis media online

Surat kabar telah menjadi digital dan media digital atau media online telah menjadi bagian penting dari masyarakat modern. Setiap hari jumlah orang yang membaca e-paper dan situs berita online meningkat pesat.

Di era revolusi berita digital, Anda memerlukan situs web yang andal untuk tetap menjadi yang terdepan dalam pasar berita online.

Jika Anda berencana untuk membuat sebuah website berita, Anda perlu memikirkan dengan cermat tentang desain dan template yang akurat untuk situs web Anda.

Tentu saja, WordPress membuat segalanya lebih nyaman, dan Anda dapat memilih tema surat kabar WordPress premium untuk situs web Anda.

Namun, sebelum memilih tema berita WordPress, Anda harus mengetahui semua fitur yang akan disertakan dalam portal berita online atau situs berita Anda.

Baca Juga

Berikut beberapa fitur dan ciri khas desain portal berita online terbaik yang wajib Anda miliki! Periksa

1. Desain berbasis grid

Dalam hal desain, keseluruhan tata letak dan struktur konten adalah yang pertama dalam daftar kami. Situs web surat kabar dan portal berita online adalah situs web yang kaya konten. Jadi, Anda harus mengatur konten Anda dalam sistem yang terorganisir dengan sempurna.

Kisi atau kolom adalah jenis pengaturan konten yang paling berguna. Ini bukan hanya cara paling efektif untuk mengelola konten online tetapi juga desain paling populer.

Tata letak berbasis grid memungkinkan Anda memecah konten menjadi blok-blok yang komprehensif. Dengan demikian, kolom-kolom yang terpisah memberikan tampilan yang tertata rapi dan mengesankan. Hal ini membuat konten mudah dibaca, dan pembaca dapat memilih topik pilihan mereka.

Anda dapat memilih kolom dengan ukuran berbeda untuk konten Anda. Ingatlah bahwa semakin lebar kolomnya, semakin mudah membaca teksnya. Anda juga harus memastikan untuk menjaga jarak kolom yang cukup karena akan terlihat jelek jika kolom terlalu padat.

2. Maksimalisasi ruang putih (white space)

Selain struktur yang tertata rapi, Anda harus menyertakan spasi yang cukup di situs web Anda. Spasi putih memberikan kesan bahwa situs web Anda lugas dan lebih mudah dibaca. Banyaknya ruang putih memungkinkan pembaca memusatkan perhatiannya pada tempat yang tepat.

Mengisi semua ruang kosong dengan konten Anda akan membuat situs web Anda menjadi kurang menarik.

3. Judul (headline)

Pentingnya headline dalam artikel berita diketahui semua orang. Judul membantu pembaca membedakan dan memilih artikel sesuai minat mereka. Tentu saja, judulnya harus menarik dan cukup menarik untuk menarik perhatian.

Selain itu, karena setiap konten dipisahkan dalam format kisi, judul memberi judul pada setiap kolom. Baik itu bagian kecil pada kotak atau kolom setinggi penuh, itu harus memiliki judul.

Sama seperti headline, Anda juga tidak boleh ketinggalan memberikan kutipan untuk setiap artikelnya. Kutipan adalah deskripsi singkat artikel Anda. Kutipan memberikan sedikit gambaran sekilas tentang tulisan Anda, dan kutipan yang bagus sudah cukup untuk membangkitkan minat pembaca.

Apakah Anda memiliki blog, majalah, jurnal online, atau situs berita; judul dan kutipan adalah faktor paling penting untuk situs web Anda.

4. Kategorisasi

Anda dapat memposting artikel dan berita tentang beragam topik dan dari beberapa niche. Bisa berupa berita dunia, atau informasi politik, hiburan, gaya hidup, atau mungkin berita terkini tentang dunia hiburan.

Cara terbaik untuk mengaturnya adalah dengan membuat kategori untuk masing-masing kategori. Sebagian besar tema WordPress berita menawarkan kategori berbeda yang tersedia di tata letak itu sendiri. Anda cukup menyesuaikannya.

Anda dapat menggunakan berbagai kategori untuk membagi konten Anda, dan Anda dapat menampilkannya di bilah menu navigasi, bilah sisi, atau di mana pun Anda inginkan di situs web Anda.

5. Desain yang mudah dinavigasi

Berbicara tentang menu navigasi, cara dan posisi menu navigasi juga berperan penting untuk website berita online Anda. Portal berita harus memiliki menu navigasi yang sederhana. Itu harus ditempatkan pada posisi yang tepat di mana pembaca dapat dengan mudah menavigasi situs web untuk mencari berita yang mereka perlukan.

Posisi paling ideal dan aman adalah penempatannya di bawah header dan di atas konten. Pengunjung tidak perlu mencari tahu di mana letak menu navigasi, dan mereka dapat dengan cepat menelusuri situs web Anda.

Anda juga dapat menggunakan sidebar kiri untuk menu navigasi. Kedua posisi ini menguntungkan dan menarik perhatian para pengunjung.

6. Skema warna

Keterbacaan merupakan fitur paling penting lainnya dalam portal berita. Pengunjung akan menyukai portal Anda jika mudah dibaca.

Kita telah melihat surat kabar tradisional dengan kertas putih atau abu-abu dengan teks hitam di atasnya. Jika Anda melihat-lihat internet, Anda akan menemukan bahwa sebagian besar situs berita online menggunakan teks berwarna gelap dengan latar belakang putih.

Kombinasi warna tersebut paling sesuai dengan mata pembaca. Warna –kontras memudahkan keterbacaan dan karenanya ‘Skema Warna Hitam Putih’ adalah gaya paling populer untuk situs web berita layaknya surat kabar cetak.

Anda dapat menggunakan warna lain selain hitam, seperti biru untuk judul, dan merah untuk tombol ajakan bertindak di situs online Anda.

7. Ruang iklan

Bagaimana Anda akan menghasilkan uang dari portal online Anda merupakan faktor penting. Anda dapat mengintegrasikan iklan di tempat yang tepat dalam rencana tersebut.

Beberapa surat kabar seluler mengintegrasikan iklan dalam tata letaknya yang membantu pemilik situs web memperoleh penghasilan.

Anda harus menghindari ruang iklan yang berlebihan dan berhati-hati untuk tidak mengalihkan pengguna dari situs web Anda. Tempat yang tepat untuk memasang banner iklan adalah sidebar, kiri dan kanan, header atau footer.

8. Integrasi Media Sosial

Di dunia sekarang ini, situs berita online tidak akan ada tanpa integrasi media sosial. Jika Anda ingin dibagikan ke khalayak yang lebih luas, platform seperti Facebook, Instagram, dan X (d/h Twitter) adalah pilihan yang tepat.

Tata letak situs web Anda harus mengintegrasikan media sosial sedemikian rupa sehingga pembaca dapat dengan mudah membagikan artikel Anda atau bahkan membagikan kutipan yang dapat di-tweet dari konten Anda. Semuanya adalah promosi, dan berita Anda lebih banyak tersebar di platform media sosial.

9. Bagian komentar

Saat ini, di setiap situs online, baik itu blog atau portal berita, keterlibatan pembaca atau omentar pembaca merupakan komponen penting.

Sebagian besar pembaca berharap untuk berbagi pendapat, suka dan tidak suka terhadap kejadian dan berita terkini. Jadi mengapa tidak menyediakan platform? Ini tidak hanya akan membuat situs web Anda hidup, tetapi juga membantu pembaca Anda menyuarakan pendapat mereka.

10. Desain responsif

Pembaca saat ini memahami informasi dari berbagai perangkat elektronik seperti laptop, tablet, dan ponsel. Desain responsif membantu pemirsa mengakses konten di semua perangkat.

Situs web responsif terlihat piksel –sempurna di semua perangkat, apa pun ukuran layarnya. Desain responsif adalah sesuatu yang terutama bergantung pada tema WordPress yang Anda pilih. Ada beberapa tema WordPress berbasis blok di pasaran yang dapat dipilih.

Tema WP Berita WordPress Themes adalah tema berita responsif sempurna yang memungkinkan Anda membangun portal online yang luar biasa. Tema ini memiliki tata letak standar yang berisi semua fitur yang harus dimiliki di situs berita online.

Demikian 10 fitur yang wajib ada dalam sebuah situs web berita. Semoga artikel ini membantu Anda dalam membuat sebuah web berita. Good Luck! (Sumber)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *