Cara Investasi Reksadana Milenial Lewat Aplikasi

187 views

Cara Investasi Reksadana

Generasi milenial memang dikenal sebagai generasi yang lebih mementingkan gaya hidup daripada kebutuhan hidup. Namun, itu statement lama.

Saat ini, generasi milineal sudah mulai memunculkan tren bahwa mempersiapkan masa depan itu suatu kewajiban. Tren tersebut di-support oleh banyaknya perusahaan yang memudahkan dalam berinvestasi melalui reksadana.

Keuntungan Investasi Reksadana

1. Modal minim

Keuntungan dari berinvestasi dengan memakai reksadana antara lain modal yang harus kamu keluarkan terbilang minim.

Tidak seperti investasi lainnya yang mengharuskanmu untuk merogoh modal yang besar, dengan reksadana kamu bisa hanya mengeluarkan minimal sepuluh ribu saja. Maka dari itu baik mahasiswa maupun karyawan bisa berinvestasi dengan mudah.

2. Risiko minimal

Keuntungan yang kedua jika melakukan cara investasi reksadana milineal ialah minimnya risiko yang akan kamu dapatkan dibandingkan dengan investasi-investasi lainnya.

Saat kamu melakukan investasi di reksadana, artinya kamu sudah menaruh saham di berbagai perusahaan. Jumlah sahamnya pun mulai dari satuan sampai dengan ribuan.  Karena pada investasi di reksadana salah satu dari bentuknya ialah saham.

3. Duit aman

Keuntungan ketiga, apabila kamu berinvestasi dengan reksadana kamu akan merasa lebih aman dibandingkan dengan berinvestasi yang lainnya.

Penyebabnya adalah dana yang kamu investasikan pada reksadana dipegang langsung oleh MI, yang kemudian akan dititipkan pada bank khusus bukan pada perseorangan.

Karena jika pada perseorangan, bisa saja dana yang kamu investasikan dibawa kabur oleh orang lain (dikutip dari sumber Duwitmu.com).

4. Likuiditas tinggi

Cara investasi reksadana milineal bisa menguntungkanmu karena likuiditas yang tinggi. Maksudnya adalah perusahaan dapat membayar kewajibannya dalam jangka pendek.

Maka apabila likuiditasnya tinggi, kemampuan perusahaan untuk membayar pun juga ikut tinggi. Kamu akan dengan mudah mencairkan dana.

Untuk kamu yang pemula dalam berinvestasi jangan khawatir apabila tidak bisa membaca pergerakan pasar saham, karena pada reksadana terdapat manajer yang mengelola dan bisa membantumu dalam membaca pergerakan saham tersebut.

Manajer pun akan merekomendasikanmu saham-saham yang potensial, dan memberitahu langkah apa saja agar investasimu cepat berkembang.

Cara investasi reksadana 

Cara investasi reksadana milineal saat ini bisa kamu lakukan juga melalui aplikasi, lho!

Aplikasi reksadana ini bisa kamu unduh melalui platform-platform tertentu. Dengan adanya aplikasi ini, calon-calon nasabah akan lebih dimudahkan saat hendak melakukan registrasi juga saat bertransaksi.

Yang diharapkan ketika aplikasi ini diluncurkan adalah ialah terjadinya perluasan akses mengenai informasi keuangan. Khususnya bagi masyarakat dan generasi milineal agar dapat mengikuti program keuangan. Contohnya seperti Literasi dan Inklusi Keuangan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Namun, sebelum kamu melakukan investasi reksadana, ada baiknya kamu memahami beberapa karakteristik antara lain kamu harus melakukan investasi ini sesuai dengan kebutuhanmu sendiri.

Maksudnya adalah kamu tidak perlu memaksakan diri mengambil investasi yang besar apabila penghasilanmu belum mencukupi. Bisa saja kamu hanya mengambil investasi yang paling terjangkau.

Lalu cara investasi reksadana milineal juga harus rutin. Layaknya menabung, kamu pun harus melakukan investasi secara rutin agar semakin lama dana yang kamu miliki pun semakin tinggi.

Kemampuan finansial yang akan kamu miliki di masa depan akan semakin matang. Maka dari itu setiap bulannya kamu perlu menyisihkan sedikit pendapatanmu untuk melakukan investasi, itulah salah satu cara mengatur finansial dengan bijak.

Data yang bersumber dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sampai 8 Agustus 2019 kemarin, jumlah investor yang berada di pasar modal telah sampai 2 juta investor.

Berdasar pada jumlah tersebut, investor dari reksadana mencapai 1.39 juta. Sedangkan untuk sahamnya sendiri telah mencapai 995 ribu. Jika dilihat dari data tersebut, investor reksadana sejak 2014 sudah meningkat sampai 335,67 persen.

Itulah ulasan mengenai cara investasi reksadana milineal yang bisa kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.*

 

Bisnis Online Investasi Reksadana

Related Post

Leave a reply